Apa Yang Akan Terjadi Jika Telat Bayar Tagihan Akulaku? Ini Resikonya!

0

Akulaku adalah layanan keuangan berbasis aplikasi yang menawarkan beragam pinjaman dalam bentuk kredit virtual, pengguna yang disetujui bisa menggunakan limit kredit untuk belanja atau pembayaran produk fisik maupun non fisik yang tersedia di dasbor aplikasi. Selain berguna untuk belanja dan bayar tagihan, limit akulaku Akulaku juga digunakan untuk mengambil KTA dan dana cicil bagi pengguna yang memenuhi syarat. Kemudahan yang ditawarkan tersebut pasti memiliki resiko juga, yaitu resiko “Telat Bayar”.

Lalu apa saja resiko jika pengguna telat bayar tagihan Akulaku? Simak informasi lengkapnya!

Apa yang terjadi jika Telat Bayar tagihan Akulaku?

1. Kehilangan limit kredit

Pengguna yang telat membayar tagihan akan kehilangan sebagian limit kredit yang telah lama dibangun atau bahkan bisa hilang total. Pengguna yang aktif dalam waktu lama memiliki kesempatan lebih besar untuk memulihkan limit lagi, namun hal ini memerlukan waktu yang cukup panjang. Nah, agar tidak sampai kehilangan limit yang telah lama dibangun, pastikan Anda membayar tagihan tepat pada waktunya.

2. Tidak Bisa Mengajukan KTA Kilat

Jika biasanya Anda menggunakan limit kredit akulaku untuk mengambil KTA kilat atau dana cicil, maka fitur ini dipastikan tidak akan bisa digunakan jika pengguna telat membayar tagihan sehari saja. Hal ini bedasarkan laporan pengguna akulaku yang mengeluh karena KTA kilat tidak bisa cair setelah melunasi tagihan dan akan meminjam lagi.

Hal tersebut memang benar karene jika pengguna telat membayar tagihan maka pihak akulaku akan membekukan fitur KTA hingga batas waktu yang tidak ditentukan. Beberapa pengguna bisa mendapat limit lagi namun kebanyakan tidak. Hal itu tergantung dari tingkat loyalitas dan pemakaian aplikasi.

Bagaimana cara mendapat limit kredit setelah telat bayar?

Pada kenyataannya hal tersebut sangat sulit, namun tidak menutup kemungkinan Anda akan mendapatkannya lagi. Dalam hal ini kami telah mengumpulkan beberapa pengalaman pengguna yang juga pernah telat bayar hingga berhasil mendapat limit kredit lagi. Informasinya dapat anda baca dibawah ini.

3. Denda berjalan yang sangat memberatkan

Sudah bukan rahasia lagi jika denda pinjaman online jauh berbeda dengan denda telat bayar di bank pada umunya. Pengguna yang telat bayar tagihan akan dibebani bunga harian berjalan dengan denda maksimal tidak melebihi jumlah kredit.

Jika merasa keberatan dengan denda tersebut, pengguna dapat meminta keringanan ke pihak akulaku dengan menghubungi Layanan CS mereka. Beberapa pengguna berhadil menegosiasikan jumlah pembayaran tagihan mereka.

Namun yang perlu diingat Anda harus berhati-hati jika ada pihak lain yang mengaku dari Akulaku, apalagi sampai memberi nomor whatsapp. Pihak Akulaku sendiri di fanspage resminya mengaku tidak pernah memiliki layanan via whatsapp. Pengguna akulaku harus waspada sebab akhir-akhir ini terdapat banyak korban penipuan yang mengatasnamakan Akulaku.

Berikut nomor dan Email CS resmi akulaku.

#NB. Akulaku tidak punya nomor whatsapp. Jadi berhati-hatilah jika menerima pesan via whatsapp atau ada orang meminta Anda menghubungi no whatsapp atas nama akulaku.

4. Bisa mempengaruhi kredibilitas nasabah

Akulaku adalah aplikasi pinjaman yang tergabung dalam asosiasi fintech indonesia dan telah resmi terdaftar dan diawasi OJK. Menunggak tagihan dalam jangka panjang di akulaku mungkin saja dapat mempengaruhi riwayat kredit nasabah di Slik OJK.

SLIK adalah singkatan dari sistem layanan informasi keuangan yang menggantikan layanan dari BI checking. System ini memungkinkan pertukaran data debitur individu historis yang dulu bisa diakses melalui SID.

Jika riwayat kredit nasabah tergolong buruk di SLIK OJK, maka nasabah tersebut akan kesulitan untuk mendapat kepercayaan di plartform pendanaan manapun. Namun jika Anda baru saja telat jangan khawatir, karena biasanya tunggakan yang mempengaruhi SLIK adalah tagihan yang tidak dibayar hingga berbulan-bulan.

5. Telepon teror dari penagih akulaku

Saat telat membayar tagihan, Pengguna akan menerima telepon yang cukup mengagetkan dari penagih akulaku. Umumnya penelepon tadi menggunakan gaya bahasa yang terkesan kasar dan penuh tekanan.

Nah jika Anda saat ini telat bayar dan mengangkat telepon dari mereka, jangan terlalu diambil hati karena mereka digaji untuk menekan nasabah yang macet membayar tagihan.

Bagaimana solusinya?

  • Opsi pertama: Jangan angkat telepon dari akulaku dan jernihkan pikiran Anda. Selanjutnya Anda bisa mencari langkah alternatif untuk segera membayar tagihan.
  • Opsi kedua: Angkat telepon dan rekam seluruh pembicaraan Anda. Jika penagih berkata kasar atau menekan Anda secara tidak wajar. Laporkan ke OJK.

6. Mendapat surat dari Akulaku

Jika pengguna telat membayar tagihan melebihi 14 hari kerja. Biasanya pihak akulaku akan mengirimkan surat ke alamat yang terdaftar di aplikasi. Surat yang dikirimkan tersebut berisi pemberitahuan untuk segera melunasi tagihan di aplikasi beserta bunganya.

7. Didatangi oleh collector Akulaku

Banyak pengguna yang mengaku didatangi oleh collector akulaku setelah telat membayar tagihan 6 bulan. Rata-rata mereka terlihat cukup ramah berbeda dengan orang yabg menagih melalui sambungan telepon.

Mereka juga membantu nasabah untuk menegosiasi penghapusan bunga ke pihak akulaku sehingga nasabah hanya diwajibkan membayar pokok tagihannya saja. Pada tahap ini biasanya collector tersebut akan meminta Anda untuk mengangsur tagihan sesuai dengan kemampuan nasabah.

Nah itulah yang akan terjadi jika nasabah telat bayar tagihan akulaku. Untuk menghindari semua resiko diatas pastikan untuk selalu bayar tagihan tepat waktu.

APA PENDAPAT ANDA

Silahkan masukan komentar
Masukan nama Anda disini