Apa Penyebab Limit Kredit Akulaku Tidak Bisa Digunakan? Berikut Penjelasannya!

2

Pengguna akulaku sering bertanya soal pembatasan limit kredit yang telah dibangunnya sejak lama. Beberapa pengguna tidak bisa menggunakan limit kreditnya secara total tanpa ada penjelasan apapun dari pihak akulaku.

Menjawab permasalahan tersebut, kami coba mengambil kesimpulan dari beberapa pengalaman pengguna akulaku yang juga mengalami masalah serupa. Berikut penyebab limit kredit Akulaku tidak bisa Digunakan:

1. Gangguan atau sedang ada perbaikan sistem

Saat server akulaku mengalami gangguan, pengguna tidak akan bisa menggunakan limit kredit untuk KTA kilat dan bayar dengan saldo. Hal serupa juga sama jika server akulaku sedang maintenance/ peningkatan sistem. Tidak ada yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini, kecuali menunggu hingga gangguan atau proses peningkatan sistem selesai.

Masalah gangguan bisa datang kapan saja, sedangkan peningkatan sistem biasanya terjadi dimalam hari atau dihari libur. Jika Anda tidak bisa menggunakan limit kredit di hari libur atau dimalam hari, maka cobalah kembali pada jam dan hari kerja.

2. Pengguna telat membayar tagihan

Sekali saja pengguna telat membayar tagihan, maka bisa dipastikan fiturĀ KTA kilat tidak akan bisa digunakan dan pada kasus yang parah limit kredit akan turun drastis bahkan bisa hilang total. Oleh karena itu pastikan Anda selalu membayar tagihan tepat pada waktunya.

Bagi Anda yang terlanjur kehilangan limit karena telat bayar, kami telah mengumpulkan pengalaman pengguna untuk memulihkan limit akulaku. Informasinya dapat Anda baca disini.

3. Akses menggunakan jaringan umum/ Wifi, HotspotĀ 

Jika biasanya Anda sering membuka akulaku di jaringan umum seperti wifi kantor, kafe dan tempat umum lainnya. Maka mulai sekarang hindari hal tersebut untuk mencegah kesamaan IP dengan pengguna lain.

Sebab jika ada pengguna lain yang tercatat memiliki kredit macet pada jaringan tersebut, bukan tidak mungkin akun Anda juga akan di golongkan akun beresiko karena diakses dari jaringan yang sama.

Hal ini didasarkan dari pengalaman pengguna akulaku yang mengaku limitnya dibekukan setelah membuka aplikasi dijaringan umum. Di jaringan yang sama ternyata ada pengguna lain memiliki tunggakan di akulaku yang belum dibayar selama beberapa bulan.

4. Mengakses akulaku dengan VPN

VPN adalah Virtual Private Network yang sering digunakan untuk menyembunyikan alamat IP jaringan dengan lokasi tertentu. Pengguna internet biasanya menggunakan vpn untuk membuka situs yang di batasi atau mengakses situs dengan layanan terbatas lokasi.

Nah, Jika Anda memasang aplikasi VPN di perangkat smartphone, pastikan Anda telah mematikannya sebelum masuk atau mengakses akulaku. Sebab membuka akulaku dengan VPN dapat menyebabkan akun Anda di suspend karena terdeteksi login yang tidak wajar.

5. Membuka beberapa akun lain dari perangkat yang sama

Aktifitas login dari beberapa akun melalui perangkat yang sama juga bisa menyebabkan akun akulaku Anda banned. Masalah ini sering dialami oleh pasangan suami istri, keluarga dan teman dekat yang sama-sama menggunakan akulaku di satu perangkat smartphone secara bergantian.

Hal ini juga berlaku bagi Anda yang suka membeli HP bekas pengguna akulaku. Jika bekas pemiliknya memiliki tunggakan yang belum dibayar, bisa-bisa akun Anda juga akan kena imbasnya.

6. Masalah bug atau kesalahan sistem

Masalah ini pernah menimpa salah satu teman saya saat membayar tagihan akulaku 3 hari sebelum jatuh tempo. Setelah berhasil membayar tagihan melalui virtual akun dimalam hari. Masalah mulai muncul saat tagihan tidak hilang hingga lewat jatuh tempo pembayaran.

Benar saja, setelah masa jatuh tempo terlewati teman saya akhirnya di telepon oleh pihak penagih akulaku yang marah dengan alasan telat membayar tagihan. Teman saya pun menjelaskan bahwa tagihan tersebut telah dibayar sebelum jatuh tempo namun di aplikasi tagihan tidak bisa hilang. Mereka pun meminta teman saya untuk mengirimkan penjelasan dan bukti pembayaran melalui email.

Namun masalah ini tidak berhenti begitu saja. Setelah mengirim email teman saya masih terus diteror oleh penagih akulaku dan baru mendapat kejelasan mengenai masalah tersebut 2 minggu kemudian. Sayangnya setelah masalah tersebut terselesaikan limit kreditnya pun juga ikut hilang.

7. Hindari metode pembayaran akulaku di marketplace

Ada banyak kasus dimana seseorang membeli barang di bukalapak dengan metode pembayaran kredit akulaku. Awalnya transaksi terlihat baik-baik saja sampai order mereka terdeteksi sebagai transaksi mencurigakan sehingga dan dibatalkan oleh bukalapak.

Setelah pengguna komplain ke pihak akulaku mengenai masalah tersebut limit kredit di akun mereka malah di suspend. Hingga artikel ini diterbitkan masih belum ada kejelasan mengenai pengembalian uang muka mulai dari hitungan minggu hingga berbulan-bulan.

Kasus tersebut telah merugikan banyak orang dan belum jelas bagaimana kelanjutannya. Anda dapat mengikuti perkembangan kasus tersebut di berbagai forum yang bertebaran di internet.

Nah Itulah penjelasan kami mengenai penyebab limit akulaku tidak bisa digunakan. Jika Anda memiliki pertanyaan atau punya pengalaman lain, jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar.

2 KOMENTAR

    • Hai. Untuk pemulihan limit Anda bisa membaca solusi lengkapnya pada postingan kami yang berjudul “Cara memulihkan limit kredit akulaku”. Trimakasih semoga masalah Anda segera teratasi!

APA PENDAPAT ANDA

Silahkan masukan komentar
Masukan nama Anda disini