Apa Saja Penyebab Baterai Smartphone Boros? Ini Jawabannya!

0

Warnabiru.com Tekno – Walaupun sudah ada power bank yang bisa dibawa kemana saja, namun masalah baterai smartphone boros akan tetap membuat penggunanya merasa tidak nyaman. Apalagi jika penggunanya sedang berada diposisi yang tidak memungkinkan untuk mencarge smartphone.

Nah, Jika Anda mengalami masalah ini, Anda harus mencari tahu apa saja penyebab penyebab baterai smartphone menjadi boros. Simak penjelasannya!

Apa Penyebab Baterai Smartphone Boros?

Baterai usang atau umurnya sudah lamaApa Saja Penyebab Baterai Smartphone Boros? Ini Jawabannya!

Jika Anda sudah tahu bahwa smartphone Anda berusia lanjut maka yang Anda harus pahami adalah hal tersebut akan sejalan dengan kemampuan baterainya yang juga pasti termakan usia. Mengingat hal tersebut, Anda harus peka dengan kondisi HP dan baterainya.

Jika memang Anda merasa bahwa baterai lebih boros, segeralah Anda ganti baterai lama dengan baterai baru. Baterai baru tentu akan memberikan performa yang lebih baik terhadap ponsel Anda.

Akan tetapi yang jadi masalah adalah ketika HP Anda adalah HP masa kini dengan konsep baterai tanam. Anda akan kesulitan mengganti baterainya. Sebagai solusi, Anda tentu harus membeli HP yang baru jika masalah ini terjadi.

Charger bermasalah atau mengalami kerusakan

Charger yang bermasalah atau rusak merupakan penyebab baterai menjadi boros. Indikasi baterai boros memang tak selalu disebabkan oleh performa smartphone dan baterai itu sendiri sebenarnya.

Anda juga harus memahami bahwa charger yang sudah rusak tidak berfungsi dengan baik dan hal tersebut menjadikan baterai ikut tidak berfungsi sebagaimana seharusnya. Jika masalah ini Anda alami, solusinya Anda beli charger yang baru.

Sistem android yang bermasalahApa Saja Penyebab Baterai Smartphone Boros? Ini Jawabannya!

Sistem android merupakan suatu komponen sistem yang menjadikan aplikasi dan fitur smartphone tetap bisa berjalan sebagaimana mestinya. Nyatanya sistem android yang menjadikan aplikasi dan fitur smartphone tetap berjalan tersebut juga memberikan impact memakan daya baterai yang cukup besar.

Dalam banyak kasus yang terjadi, sistem android bisa menguras daya baterai sebesar 25%. Jika hal tersebut terjadi pada smartphone maka bisa dipastikan bahwa baterai Anda akan sangat boros. Nah, salah satu cara tepat menanggulanginya adalah dengan Anda melakukan downgrade pada sistem operasi berbasis android yang Anda miliki.

Jadi semisal android Anda menggunakan sistem operasi berbasis marshmallow, Anda bisa turunkan sistem operasinya menggunakan sistem operasi android berbasis lollipop. Cara ini diyakini ampuh menyembuhkan baterai yang boros akibat sistem android.

Awasi widgets dan background apps Anda

Kumpulan aplikasi background yang senantiasa berjalan memang sering berguna namun bisa sangat menguras baterai smartphone Anda juga. Nah, sebagai solusi Anda bisa mengatasi masalah tersebut dengan mengatur waktu update menjadi lebih jarang. Semisal aplikasi cuaca yang sebelumnya update setiap 1 jam sekali bisa Anda ubah menjadi tiga atau empat jam sekali.

Penggunaan auto brightnessApa Saja Penyebab Baterai Smartphone Boros? Ini Jawabannya!

Hal yang satu ini kesannya memang sangat sepeleh. Namun nyatanya dapat berpengaruh besar terhadap usia baterai android Anda. Pengguna yang merasa malas untuk menyesuaikan tingkat kecerahan layar secara manual pasti mengaktifkan modus auto brightness.

Padahal di sisi yang lain, penggunaan modus auto brightness tersebut berimbas menguras baterai lebih cepat. Karena itu jika memang Anda ingin baterai smartphone tidak boros, baiknya Anda mengatur tingkat kecerahan layar secara manual.

Perpendek waktu sleep

Semakin sering layar Anda menyala, maka semakin banyak daya baterai yang terpakai. Nah, salah satu trik menghemat penggunaan baterai yaitu dengan menyingkat waktu sleep atau screen timeout. Dianjurkan Anda memilih waktu paling singkat sehingga layar smartphone yang sedang tidak Anda gunakan bisa segera redup.

Itulah beberapa hal yang menjadi penyebab baterai smartphone boros dan solusinya. Semoga ulasan yang kami berikan diatas menjadi informasi yang bermanfaat bagi Anda.

 

APA PENDAPAT ANDA

Silahkan masukan komentar
Masukan nama Anda disini