Tips Agar Baterai Smartphone Awet

0

Tekno warnabiru.com - Jika selama ini Anda merasa tidak nyaman karena baterai smartphone Anda boros atau tidak awet, maka Anda harus mulai cari tahu bagaimana tips agar baterai smartphone awet. Ada beberapa cara yang Anda bisa lakukan untuk mengatasi masalah baterai smartphone yang boros.

Selain Anda harus menghindari semua penyebab baterai smartphone menjadi boros, Anda juga harus tahu cara perawatan baterai smartphone yang tepat agar masalah baterai yang boros segera teratasi. Berikut tips agar baterai smartphone awet dan tahan lama yang Anda bisa terapkan. Lets check these out!

Tips Agar Baterai Smartphone Awet

1. Atur tingkat kecerahan layar ponsel AndaTips Agar Baterai Smartphone Awet

Tips agar baterai smartphone awet yang pertama bisa Anda lakukan adalah dengan mengatur tingkat kecerahan layar ponselnya. Anda bisa mengatur tingkat kecerahan dengan memanfaatkan fitur auto brightness.

Fitur auto brightness pada ponsel fungsinya adalah digunakan dalam menyesuaikan kondisi tingkat kecerahan layar sesuai dengan lingkungan yang ada di sekitarnya. Jadi ketika Anda sedang berada di tempat yang terang, sensor layar akan menyesuaikan menjadi lebih terang sehingga ponsel jelas terlihat.

Namun sebaliknya, ketika Anda berada di tempat yang sedikit gelap maka sensor layarnya akan menurunkan tingkat kecerahan. Jika ponsel Anda termasuk ponsel yang masih belum memiliki fitur autobrightness maka solusinya Anda harus mengatur secara manual.

2. Atur waktu tidur ponsel Anda

Smartphone android memiliki pengaturan waktu tidur tersendiri. Jadi maksudnya adalah ketika ponsel selesai digunakan, kemudian dalam waktu tertentu layar akan secara otomatis mati sesegera mungkin. Anda perlu mengatur waktu tidur tersebut secepat mungkin agar tidak ada pemborosan baterai tak terpakai.

3. Matikan getaran dan suara pada papan tombolTips Agar Baterai Smartphone Awet

Fitur getaran pada ponsel menjadi penyebab paling besar selanjutnya mengapa baterai smartphone cepat habis atau bisa dikatakan boros. Ada kalanya memang fitur getaran pada ponsel diperlukan.

Anda hanya perlu mengaktifkan pada mode silent atau mode sunyi saja. Kemudian suara pada papan tombol baiknya dimatikan. Cara ini sangat efektif membantu menghemat baterai smartphone Anda.

4. Matikan fitur auto sync pada smartphone Anda

Fitur auto sync atau sinkronisasi otomatis pada HP android bisa Anda matikan. Fitur tersebut bekerja secara berkala di latar belakang HP sehingga akan cukup menguras baterai. Ketika fitur tersebut dinyalakan, android akan menyinkronisasikan dan mengunduh berbagai macam informasi otomatis jika memang diperlukan.

Caranya juga cukup mudah. Langkah – langkahnya sebagai berikut :

  • Pertama – tama masuk ke menu pengaturan pada smartphone android Anda
  • Cari fitur auto sync
  • Pilih off

5. Kurangi aplikasi yang berjalan di bagian latar belakangTips Agar Baterai Smartphone Awet

Ketika Anda merasa bahwa ponsel Anda terasa berat dan boros baterai, bisa jadi hal tersebut penyebabnya adalah karena terdapat banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang atau berjalan di background HP Anda.

Baiknya Anda berusaha bijak dalam penggunaan aplikasi. Jika Anda suka sosial media maka pilih saja aplikasi sosial media yang penting dan jangan Anda gunakan semua aplikasi sosial media. Hal tersebut cukup menguras baterai HP Anda.

6. Hindari menggunakan antivirus

Tanpa menggunakan antivirus sebenarnya android sudah aman dan tidak perlu adanya aplikasi antivirus. Hal ini berbeda jika Anda menggunakan PC Windows. Android tidak sama dengan windows jadi Anda tidak perlu ragu jika masih memiliki aplikasi antivirus, Anda bisa melepasnya untuk menghemat space dan baterai.

Itulah beberapa tips agar baterai smartphone awet yang Anda harus tahu. Selamat mencoba dan semoga sukses.

 

APA PENDAPAT ANDA

Silahkan masukan komentar
Masukan nama Anda disini