Spesifikasi Lengkap dan Harga Samsung Galaxy M31

0
Spesifikasi Lengkap dan Harga Samsung Galaxy M31
Tampilan depan samsung galaxy M31

Warnabiru.com - Spesifikasi Lengkap dan Harga Samsung Galaxy M31 - Sepertinya ini merupakan ponsel Samsung yang dibidik untuk kelas menengah kebawah dengan spesifikasi tinggi.

Samsung Galaxy M31 yang diluncukan pada bulan Maret 2020 memberikan gebrakan yang fantastis dan mendapatkan trending topic melalui Google trends di bulan Maret.

Sekilas memang tampak seperti pendahulunya A51, bahkan spesifikasinya juga hampir mirip. Sedikit yang membuat beda ada pada kapasitas baterai yang lebih tinggi milik M31 mencapai hingga 6000 mAh. Perbedaan yang lain terletak pada kamera utama bagian belakang yang dimiliki M31 lebih besar dibandingkan A51.

Secara, memang Samsung selalu membuat perbandingan kecil pada produknya. Ini adalah strategi marketing mereka. Paling penting dalam pemilihan ponsel adalah spesifikasinya dan harganya.

Ulasan berikut ini akan memberikan paparan secara detail mengenai Samsung Galaxy M31 yang dibandrol dengan harga 4-5 jutaan.

Tampilan dan Desain

Spesifikasi Lengkap dan Harga Samsung Galaxy M31
Foto: Tampilan depan samsung galaxy M31

Kesan pertama yang diberikan sangat bagus dibagian depan. Pada bagian sisi-sisi pojok dibuat melengkung untuk menciptakan arsitektur minimalis. Jika dibandingkan dengan seri Note yang selalu memiliki sisi pojok runcing, M31 memberikan tampilan yang berbeda.

Dibagian depan kamu akan melihat satu buah kamera yang tepat berada ditengah dengan mengusung desain tetesan air. Padahal jika menggunakan tampilan Infinity-O M31 akan nampak lebih elegan.

Layar yang mengusung Super AMOLED dengan ukuran 6.4 inci pada dimensi 159.2 x 75.1 x 8.9 mm rasanya ketika dipegang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Nyaman sekali bagi pengguna orang dewasa ataupun anak-anak. Dari segi berat Samsung Galaxy M31 ada pada titik 191 gram, ini sih ringan banget.

Jika kamu melihat dibagian sisi samping kanan, akan menemukan tombol volume dan power. Samping kiri terdapat slot card memory dan slot untuk sim card. Bagian bawah kamu akan menemukan jack audio, speaker, microphone, dan USB type-C.

Untuk membuat tampilan lebih menarik Samsung Galaxy M31 menggunakan bodi plastic frame. Ini akan meredam panas yang dihasilkan dari ponsel, meskipun dalam proses pendinginan juga cukup membutuhkan waktu.

Supaya aman dari hal yang tidak kita inginkan seperti terjatuh layar M31 sudah dilapisi dengan Corning Gorilla Glass 3. Jadi ketika layar pecah bukan benar-benar layarnya tetapi proteksinya yang pecah.

Dan untuk mengatasi keamanan terdapat sensor sidik jari dibagian belakang tepat ditengah. Sensornya cukup tajam (sensitif) dan memiliki respon yang bagus.

Spesifikasi Lengkap dan Harga Samsung Galaxy M31
foto: tampilan belakang samsung M31

Bisa dikatakan masalah tampilan dan desain pada Samsung Galaxy M31 sangat bagus dan tidak terlalu monoton.

Chipset dan Software

Menggunakan SoC Exynos 9611 dengan fabrikasi 10nm yang memberikan kinerja pada pemrosesan unit 64bit octa-core yang terdiri dari 4 Cortex-A73 yang bekerja pada clock 2.3 GHz & 4 Cortex-A53 pada clock speed 1.7 GHz membuat ponsel ini patut untuk dimiliki.

Exynos 9611 merupakan chipset yang dibuat untuk memungkinkan user melakukan kegiatan bermain game lebih berkelas dibagian grafis tanpa harus terjadi lag. Pada urusan kamera chipset ini sudah dibekali dengan teknologi AI salah satunya sensor kedalam (dept-sensor) mampu memberikan potret yang indah dengan efek bokeh hanya dengan satu kamera.

Urusan grafis bermain game pada M31 akan diatasi oleh GPU Mali-G72 MP3 dengan peforma yang memukau. Dan disandingkan dengan RAM 6GB hasilnya ketika digunakan bermain PUBG pada level settingan grafis HD, M31 tidak mengalami masalah yang serius.

Dan diperjelas ulasannya oleh Beebom Youtube Channel bahwa smartphone yang satu ini dalam urusan gaming sangat luar biasa.

Dalam menunjang pengoperasian sistem kamu akan mendapatkan OS Android 10.0 pada sistem One UI 2.0 milik Samsung sendiri. One UI 2.0 hadir dengan sistem yang menawarkan kinerja AI. Dengan bantuan OS tersebut membuat kamera AI dapat terintegrasi menjadi lebih baik.

Oke, dari sisi SoC tidak ada masalah karena ini masih bisa dimaklumi meskipun tidak menggunakan mesin dari Qualcomm.

Kamera

Entah kenapa dalam pembahasan review ponsel tidak bisa kita lepas dari ulasan mengenai kamera.

Pada Samsung Galaxy M31 kamu akan mendapatkan 4 buah kamera belakang dengan spesifikasi yang sangat tingggi, terdiri dari 64 MP lensa utama, 8 MP lensa sudut lebar, 5 MP kamera makro, dan yang terakhir 5MP untuk kamera kedalaman.

Hasil ulasan yang diberikan pada kamera belakang sangat bagus. Entah kenapa kamera ini memberikan hasil natural pada bidikan dengan sedikit pencahayaan. Jika dibandingan dengan Xiaomi Note 8 hasilnya masih lebih ciamik yang dimiliki Samsung Galaxy M31.

Urasan selfie kamu akan dimanjakan dengan single kamera yang berukuran 32MP. Tentu saja hasilnya tetap maksimal. Potret ketajaman warna tanpa harus menggunakan efek lebih terlihat halus dibandingkan jika harus memakai efek. Tentunya dalam sebuah pencahayaan yang sesuai kamu akan mendapatkan hasil yang optimal.

Hasil video tidak kalah ciamiknya dengan kualitas resolusi 2160p kamu bisa menikmati rekaman layaknya DSLR. Namun, pada pengaturan 1080p saja sudah sangat layak untuk dijadikan setting video, misalnya pada proyek Youtube. Karena jika menggunakan resolusi yang tinggi akan memakan penyimpanan yang banyak pula.

Konektivitas dan Jaringan

Memiliki dukungan jaringan LTE sehingga dalam urusan internet kamu tidak perlu kawatir lagi. Selain itu sudah mendukung NFC yang memang harus ada pada ponsel dengan harga 4 jutaan. Untuk konektivitas yang lainnya seperti biasa ada WLAN, Bluetooth, GPS, Radio. Namun disini tidak ada dukungan OTG dan Infrared.

Beterai

Dibekali dengan kapasitas baterai yang sangat besar mencapai 6000 mAh membuat ponsel ini adalah ponsel pertama yang menawarkan peforma baterai dengan kapasitas besar. Ini akan mengatasi semua kegiatan multitasking dan gaming dalam penggunaan smartphone.

Dukungan yang lain pada M31 ialah sudah terdapat fitur fast charging 15W. Dengan kapasitas 6000 mAh kemungkinan membutuhkan waktu 1 jam 45 menit untuk baterai terisi penuh.

BACA JUGA: Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy Z Flip

Kelebihan dan Kekurang Samsung Galaxy M31

Kelebihan

  • Kamera yang dihasilkan sangat bagus baik dibagian depan dan belakang
  • Dukungan NFC dan fast charging sudah tersedia
  • Chispet super power dari Samsung
  • Mendapatkan dukung OS Android terbaru
  • Baterainya besar

Kekurangan

  • Tidak mendapatkan Wireless charging
  • Tidak ada dukungan USB OTG
  • Tidak tahan air

Kesimpulan

Meskipun terdapat beberapa kekurang pada ponsel Samsung Galaxy M31 namun beberapa hal tersebut tidak menjadi sebuah masalah. Dibandrol dengan harga 4-5 jutaan, ini merupakan ponsel yang patut untuk diadopsi setelah seri Samsung A51.

 

APA PENDAPAT ANDA

Silahkan masukan komentar
Masukan nama Anda disini