Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy Z Flip

Baca juga

Keuntungan menjadi anggota VIP danarupiah

Warnabiru.com – Pengguna aplikasi danarupiah pasti tidak asing lagi dengan istilah anggota VIP danarupiah yang bisa dimukan didasbor aplikasi...

10 Penyedia Pinjaman Online Dan KTA Tanpa Kartu Kredit Dengan Proses Termudah

Warnabiru.com - Pusing dengan rumitnya syarat pengajuan KTA ke bank? Jangan khawatir karena masih banyak pilihan alternatif yang bisa...

Pengenalan Marketplace Dan Toko Online Bagi Pemula

Toko Online adalah media yang memudahkan orang untuk membeli dan menjual barang tanpa harus bertemu atau bertemu muka karena...
Tim Redaksi
Mengulas berbagai informasi seputar bisnis, finansial dan teknologi.

Warnabiru.com - Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy Z Flip. Setelah peluncuran Android ponsel lipat tidak pernah lagi ditemukan. Desain ponsel Android yang rata-rata besar memang membuat sebagian orang merasa tidak nyaman ketika membawanya. Baru-baru ini tepat bulan Februari Samsung meluncurkan pertama kalinya desain ponsel Android lipat yang diberi nama Samsung Galaxy Z Flip.

Samsung Galaxy Z Flip yang jika kamu ingin memilikinya harus menyiapkan mahar lebih dari 20 jutaan. Ini merupakan angka yang sangat fantastis mengingat bahwa ponsel yang rata-rata dijual dengan harga 5 jutaan saja sudah bisa digunakan dalam memenuhi keperluan komunikasi.

Lantas apa yang membuat Samsung memberikan harga tinggi untuk ponsel lipat barunya?

Ulasan ini akan memberikan gambaran yang membuat kamu tahu seberapa layak ponsel ini untuk dimiliki.

Chipset dan Software Peforma

Menggunakan SoC terbaru dari Qualcomm Snapdragon 855+ dengan fabrikasi 7nm Galaxy Z Flip merupakan ponsel yang mendapatkan chipset terupdate dari Qualcomm di tahun 2020. Banyak sekali keunggulan yang ditawarkan chipset ini tetapi Samsung sedikit menyabotasenya. Ya, karena Snapdragon 855+ sudah mendukung 5G tetapi pada penawaran di Z Flip entah kenapa Samsung tidak membekalinya dengan jaringan 5G.

Ya mungkin itu hanyalah strategi marketing saja. Supaya tidak terlalu rugi.

Sebenarnya chipset ini diperuntukkan untuk kemampuan mobile gaming. Dengan fitur AI Engine kamu bisa mendapatkan kualitas gaming yang cepat, halus, dan hemat daya.

Platform ini dibangun untuk kecepatan dan kinerja yang disempurnakan, yang mampu menghadirkan redering grafis 15% lebih cepat dan peningkatan kinerja CPU dibandingkan dengan Snapdragon 855.

Untuk mengatasi dalam bermain game tentu saja membutuhkan sebuah perangkat yang sesuai dalam urusan grafis. Pada SoC ini kamu akan mendapatkan GPU Adreno 640 yang berjalan pada spektrum frekuensi 700 MHz. Ini sungguh mengagumkan sekali.

Tentunya untuk menunjang semua itu juga butuh alat pemrosesan yang bagus.

CPU pada Qualcomm Snapdragon 855+ menggunakan 8 inti (core) yang terdiri dari 1 Kryo 485 yang berjalan 2.95 GHz, 3 Kryo 485 yang berjalan pada clock 2.41 GHz dan 4 Kryo 485 di kecepatan 1.78 GHz.

Bisa dikatakan dari sisi chipset sangat memuaskan karena mendapatkan sebuah chipset generasi tebaru dari Qualcomm.

Untuk memenuhi kebutuhan pengguna antarmuka tentusaja memerlukan sebuah sistem operasi yang bagus dan terupdate.

Dibekali dengan Android 10.0 yang berkerja di sistem One UI 2 kamu bisa menikmati pengalaman menggunakan aplikasi-aplikasi dengan icon keren, tampilan yang halus, dan kecepatan beralih pada antarmuka. Desain yang diberikan juga sangat bagus dengan One UI 2, panel dalam pengaturan cukup jelas untuk dioperasikan.

Pada Samsung Galaxy Z Flip hanya memiliki satu varian RAM dan penyimpanan, 256 GB 8GB RAM.

Desain dan TampilanSpesifikasi dan Harga Samsung Galaxy Z Flip

Desainnya memang berbeda dengan ponsel android yang lain karena fitur lipat (flip). Menariknya, kamu tidak perlu saku yang besar ketika ingin menyimpan Galaxy Z Flip. Diletakkan di saku baju tidak akan keluar bagian ponselnya, ini dapat meminimalisir dari kejahatan disekitar kita.

Mengusung desain ukuran 6.7 inci membuat ponsel ini terlihat panjang dibandingkan dengan Samsung S10+ atau Note 10+. Untuk urusan lebar Z Flip masih kalah dengan S10+ ataupun Note 10+ sebab desainnya dibuat seramping mungkin agar ketika posisi dilipat masih terlihat simpel.

Bagian layar sudah dilengkapi dengan fitur Dynamic AMOLED yang mana diklaim bahw kualitas sensitifitas layar lebih cepat dan warna yang dihasilkan sangat halus.

Dibagian depan kamu akan melihat satu kamera tepat ditengah dengan mengusung desain Infinity-O. Desain tersebut membuat tampilan layar lebih optimal dibandingan dengan desain waterdrop notch.

Pada bagian belakang kamu akan menemukan 2 lensa kamera dan desain jam virtual, jadi kamu tidak perlu lagi harus membuka lipatan Z flip untuk sekedar melihat jam.

Untuk bagian kiri tersedia slot sim card saja. Dibagian kanan ada tombol volume tepat dilipatan atas yang dibawahnya ada sensor sidik jari sekaligus menjadi tombol powernya.

Secara keseluruhan tampilannya oke, kamu tidak perlu kawatir dengan masalah itu. Hanya saja varian warna yang diberikan sedikit kurang bagus.

Kamera

Kamera belakang mengusung 2 lensa yang terdiri dari 12MP kamera utama standart dan 12MP kamera ultrawide yang mampu mengambil sudut gambar lebih lebar, jadi objek yang dimasukkan makin banyak.

Hasil dari kamera Z Flip bisa dikatakan lumayan bagus. Jika dibandingkan dengan brand yang lain kamera 12MP Z Flip sedikit lebih natural. Selain menjadi kamera belakang ternyata kedua kamera tersebut juga bisa menjadi kamera selfie ketika dalam kondisi terlipat.

Dalam kondisi pencahayaan yang cukup, Galaxy Z Flip mengambil gambar yang luar biasa penuh detail dan menampilkan tingkat ketajaman yang luar biasa. Seperti halnya semua ponsel Samsung, pemrosesan gambar lebih condong ke saturasi yang lebih tinggi dan gambar yang lebih menarik secara visual, berbeda dengan profil yang lebih netral dan alami yang ditemukan pada iPhone dan Pixel.

Bagian depan kamu akan melihat kamera selfie dengan kekuatan lensa sebesar 10MP yang hanya membuat fitur HDR. Entah kenap fitur Panaroma tidak disisipkan pada ponsel ini, padahal itu akan lebih bagus jika Z Flip dibekali fitur tersebut.

Overall untuk bagian kamera hasil testi sangat bagus.

Konektivitas dan Jaringan

Seperti yang sudah dibahas pada peforma Chipset bahwa Samsung Z Flip hanya mendukung jaringan LTE (4G) saja. Tetapi untuk saat ini masih bisa dimaklumi, sebab di negeri ini belum tersedia jaringan 5G.

Bagain konektivitas seperti WLAN, Bluetooth, GPS dan USB hampir sama dengan Samsung Galaxy Note 10 Lite. Hanya saja pada Z Flip menggunakan USB 3.1, Type-C 1.0 reversible connector, dan juga mendukung USB On-The-Go yang tidak ada pada fitur Galaxy Note 10 Lite

Baterai

Menggunakan baterai Li-Po dengan kapasitas 3300 mAh yang tertanam pada ponsel. Dukungan yang menarik dari ponsel ini ialah sudah tersedia fastcharging15W dengan menggunakan Wireless charging. Jadi kamu bisa menggunakan ponsel tanpa harus berada tepat didepan stop kontak (colokan).

Fitur lain

Pada ponsel ini sudah dibekali dengan sebuah fasilitas yang memungkinkan kamu untuk bertransaksi secara aman dengan menggunakan Credit Card. Samsung Pay yang sudah diverifikasi oleh Visa dan MasterCard membuat ponsel ini lebih unggul dari yang lainnya.

Disamping itu tentu saja sudah mendukung NFC untuk kebutuhan e-Money.

Jadi ada dua fasilitas dukungan pembayaran yang bisa kamu dapatkan dari Samsung Galaxy Z Flip.

Kelebihan dan Kekurang

Kelebihan

Dari sisi desain dan tampilan sangat bagus dan ini merupakan ponsel lipat android yang laku di Korea Selatan 800 unit dalam 8 jam.

Sudah mendukung Wireless charging yang dapat memudahkan penggunanya.

Kekurangan

Entah kenapa ponsel ini tidak dilengkapi dengan memori eksternal.

Tidak ada dukungan 5G padahal chipsetnya sudah tersedia akan fitur tersebut.

Hanya dibekali dengan kamera 12MP, meskipun hasilnya lumayan sih.

BACA JUGA: Spesifikasi Lengkap dan Harga Samsung Galaxy M31

Kesimpulan

Dengan harga yang diatas 20 jutaan kamu bisa mempertimbangkan untuk benar-benar mengadopsi ponsel ini. Karena kamu bisa mendapatkan barang yang lebih bagus dibandingkan dengan Z Flip.

 

Pos Terkait

Melirik Keunggulan dan Spesifikasi Realme C3

Warnabiru.com - Realme kembali meluncurkan smartphone dengan harga 1 jutaan pada bulan februari 2020 kemarin. Hadir dengan seri nama Realme C3, mengusung banyak sekali...

Spesifikasi Lengkap dan Harga Mi 10 5G Kamera 108MP

Spesifikasi Lengkap dan Harga Mi 10 5G Kamera 108MP - Xiaomi selalu menjadi primadona masyarakat Indonesia dengan mengeluarkan produk terbaru dan terbaiknya. Selalu memberikan...

Apa Saja Penyebab Baterai Smartphone Boros? Ini Jawabannya!

Warnabiru.com Tekno - Walaupun sudah ada power bank yang bisa dibawa kemana saja, namun masalah baterai smartphone boros akan tetap membuat penggunanya merasa tidak...

Spesifikasi Lengkap dan Harga Samsung Galaxy M31

Warnabiru.com - Spesifikasi Lengkap dan Harga Samsung Galaxy M31 - Sepertinya ini merupakan ponsel Samsung yang dibidik untuk kelas menengah kebawah dengan spesifikasi tinggi. Samsung...

APA PENDAPAT ANDA

Silahkan masukan komentar
Masukan nama Anda disini

Berita Terbaru

Sri Mulyani: Masalah Administrasi Hambat Pengeluaran Anggaran COVID-19

Warnabiru.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa beberapa masalah administrasi telah menghambat upaya pemerintah untuk mengucurkan dana...

RUU Pemberantasan Kekerasan Seksual Akan Ditunda Lagi #SahkanRUUPKS

Warnabiru.com - Aktivis dan korban yang mendukung RUU Pemberantasan Kekerasan Seksual (RUU PKS) telah meningkatkan kampanye online mereka untuk mendorong pengesahan RUU tersebut setelah...

Kunjungi Rusia, Prabowo Bicarakan Soal Jet Tempur Sukhoi

Warnabiru.com - Kunjungan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto baru-baru ini ke Rusia adalah untuk menghadiri parade militer Hari Kemenangan dan menyoroti kedalaman kerja sama di...

HAM Desak Perlindungan Privasi Saat Lakukan Tracing COVID-19

Warnabiru.com - Komisi Antarpemerintah ASEAN untuk Hak Asasi Manusia (AICHR) dan berbagai organisasi hak asasi manusia telah mengirim surat terbuka kepada pemerintah Indonesia, menuntut...

Alasan Mengapa Jawa Timur Menjadi Episentrum COVID-19

Warnabiru.com - Jawa Timur, provinsi terpadat kedua di Indonesia, melampaui Jakarta sebagai pusat COVID-19 pada 26 Juni dengan rekor tertinggi dari kasus dan kematian...

Pilihan Editor