Perlukah Asuransi? Berikut Penjelasan Pentingnya Asuransi

0

Seberapa perlukah asuransi? Apakah masih membutuhkannya jika sudah punya BPJS? Simak berbagai keuntungan mengikuti asuransi di sini.

Dalam hidup, selalu ada fase seseorang sakit, mengalami penuaan, dan kehilangan kemampuan finansial. Sebagian orang sudah mempersiapkan hal tersebut dengan memanfaatkan asuransi yang nantinya dapat menjadi penopang di masa sulit. Namun, tidak sedikit pula yang belum menyadari betapa pentingnya asuransi.

Sebagian orang masih merasa enggan menggunakan asuransi karena merasa uangnya “hilang”, padahal nilai proteksi yang didapat sangat bermanfaat untuk membantu di masa-masa kritis. Sebenarnya seberapa perlukah asuransi? Berikut ulasan pentingnya asuransi dari WarnaBiru:

1. Asuransi dapat Membantu Anda di Masa Depan

Di masa depan, setiap orang pasti akan mengalami penuaan dan pensiun. Selain itu, dalam hidup bisa saja seseorang mengalami sakit secara tiba-tiba. Kondisi tersebut tentu akan dapat mengurangi atau menghilangkan kemampuan seseorang dalam memperoleh finansial.

Di sinilah asuransi berperan untuk membantu Anda di masa depan. Asuransi dapat membantu memberikan proteksi kesehatan dan proteksi jiwa. Jadi, ketika Anda sakit, maka asuransi akan menanggung biaya perawatan Anda sesuai ketentuan polis yang ter;ah disepakati.

Demikian juga jika Anda meninggal dunia, asuransi dapat membayar biaya hidup ahli waris Anda, atau keluarga Anda akan mendapat dana yang dapat digunakan untuk menunjang kehidupan sepeninggal Anda.

Beberapa asuransi, menawarkan whole life insurance yaitu asuransi yang menawarkan proteksi bagi nasabahnya selama hidup.

Anda bisa bayangkan jika saja Anda tidak memiliki asuransi dan tiba-tiba sakit di saat kondisi finansial Anda belum mapan dan berlebih. Lalu dari mana Anda akan membayar biaya rumah sakit? Apakah keluarga Anda tidak kebingungan? Jika menggunakan asuransi, Anda tidak akan mengalami masalah tersebut.

2. Asuransi dapat Membantu Anda Berinvestasi

Jika dulunya asuransi dikenal hanya sebagai instrumen proteksi kesehatan dan jiwa saja, kini sudah banyak asuransi yang menawarkan keuntungan ganda sekaligus sebagai instrumen investasi.

Asuransi dengan keuntungan ganda ini biasa disebut juga dengan unit link. Jadi Anda tidak perlu repot memisahkan dana proteksi kesehatan dengan dana investasi, karena produk ini dapat memberikan dua keuntungan tersebut sekaligus kepada Anda.

Uang yang Anda bayar sebagai premi tidak akan “hilang” melainkan akan menghasilkan imbal balik investasi yang menguntungkan di masa depan. Sangat menarik bukan?.

3. Asuransi dapat Membantu Pengelolaan Uang yang Lebih Baik

Tagihan pembayaran premi asuransi setiap bulan, akan membuat Anda berlatih disiplin untuk menyisihkan sebagian uang Anda untuk hal yang bermanfaat. Awalnya hal ini akan terasa berat, namun seiring dengan berjalannya waktu Anda akan terbiasa.

Pembayaran premi ini nantinya dapat memberikan manfaat yang besar saat Anda membutuhkan dana perawatan kesehatan atau hal lain yang tercantum di dalam polis yang telah disepakati.

Sayangnya kesadaran orang terhadap manfaat asuransi masih kurang. Padahal selain mendapat keuntungan di masa depan, asuransi juga membantu mengelola keuangan dengan lebih baik.

Anda juga dapat memilih jenis asuransi unit link yang dapat memberikan imbal balik investasi di masa depan. Jadi, selain untuk proteksi, dana premi yang Anda bayarkan akan digunakan untuk investasi, dan Andapun akan mendapat keuntungan dari investasi ini.

4. Asuransi dapat Mengurangi Kerugian

Setiap orang tentu berpotensi mengalami kejadian tidak terduga yang dapat mengancam kondisi finansial, misalnya kecelakaan kerja atau sakit secara tiba-tiba. Sering kali kondisi ini juga mengancam stabilitas keuangan keluarga, bahkan bisa jadi kita tidak dapat menanggungnya sendiri.

Asuransi dapat membantu Anda melewati masa sulit ini dan mengurangi kerugian yang terjadi akibat musibah tersebut. Asuransi akan membantu biaya perawatan Anda, dan Anda pun dapat melewati masa perawatan dan penyembuhan dengan tenang.

5. Asuransi dapat Melindungi Pendapatan Anda

Asuransi dapat membantu Anda mendapatkan keamanan finansial di masa depan, di saat Anda tidak lagi bekerja. Hal ini tentu akan sangat membantu stabilitas ekonomi keluarga di masa yang akan datang, bahkan ketika Anda menua.

6. Asuransi dapat Membantu Pendidikan Anak

Selain asuransi kesehatan jiwa, juga terdapat asuransi pendidikan anak. Asuransi pendidikan anak jelas akan membantu Anda merencanakan pendidikan anak dengan lebih baik. Benefitnya dapat dirasakan saat anak memasuki jenjang pendidikan yang baru.

Tidak bisa dimungkiri, biaya pendidikan anak saat ini sangatlah besar. Jangankan di jenjang universitas, jenjang TK dan SD saja kini mengharuskan Anda merogoh kocek yang cukup dalam.

Dengan mengikutsertakan putra-putri Anda ke dalam asuransi pendidikan, Anda akan terbantu saat membiayai sekolah mereka. Anda pun dapat memberikan dukungan pendidikan terbaik bagi masa depan anak.

7. Asuransi dapat Menjadi Jaminan di Hari Tua

Di saat Anda pensiun atau tidak lagi dapat bekerja, asuransi dapat memberikan sokongan finansial dan kemudahan membayar biaya perawatan kesehatan. Asuransi akan membantu Anda melewati masa tua dengan bahagia.

Demikian ulasan mengenai pentingnya asuransi dari WarnaBiru. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan