Penawaran Asuransi Terbaik

0

Asuransi merupakan salah satu cara untuk memproteksi diri dan keluarga dari hal-hal yang dapat mengancam kehidupan. Ada beragam jenis asuransi yang ditawarkan perusahaan asuransi kepada kita, mulai dari asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi kendaraan, asuransi pendidikan, asuransi unit link, dan beragam asuransi lainnya. Namun, yang paling sering dibutuhkan adalah asuransi kesehatan.

Dari beragam penawaran asuransi kesehatan yang ditawarkan oleh beragam perusahaan asuransi, manakah yang terbaik? Berikut beberapa hal menurut WarnaBiru yang perlu Anda pertimbangkan dalam memilih asuransi kesehatan terbaik:

Cashless

Salah satu indikator asuransi kesehatan yang bagus yaitu menggunakan sistem cashless. Sistem ini akan mempermudah Anda dalam melakukan klaim. Jadi, saat Anda dirawat inap di rumah sakit, maka Anda tidak perlu mencairkan dana terlebih dulu, tinggal gesek kartu asuransi Anda.

Namun, dalam penggunaan sistem cashless, rumah sakit tempat Anda dirawat harus memiliki kerja sama dengan asuransi yang Anda miliki. Rumah sakit juga harus memiliki mesin khusus untuk menggesek kartu asuransi Anda.

Jika ternyata rumah sakitnya belum bekerja sama dengan asuransi Anda, maka Anda harus membayar biaya rumah sakit terlebih dulu. Selanjutnya, setelah keluar dari rumah sakit Anda baru dapat melakukan klaim pengembalian dana kepada asuransi.

Memiliki Jangkauan Rumah Sakit yang Luas

Pilih asuransi yang memiliki jangkauan kerja sama yang luas dengan berbagai rumah sakit. Hal ini akan memudahkan Anda ketika harus menjalani rawat inap di rumah sakit. Anda dapat menggunakan pembiayaan rawat inap dengan asuransi secara cashless.

Jika coverage asuransi Anda hanya di beberapa rumah sakit saja, sementara rumah sakit yang Anda inginkan tidak berada di dalam coverage-nya, maka Anda harus mengeluarkan dana pribadi terlebih dulu. Oleh karena itu, saat memilih asuransi pastikan rumah sakit langganan Anda bekerja sama dengan asuransi yang Anda pilih.

Premi dan Proteksi Sebanding

Pilih asuransi yang memberikan keuntungan proteksi sebanding dengan premi yang Anda bayar. Idealnya, semakin mahal premi yang dibayar, maka fasilitas proteksi yang didapat juga semakin banyak dan bagus. Namun, Anda harus menyesuaikan premi yang Anda pilih dengan kemampuan finansial, jangan sampai merasa berat dan terbebani.

Asuransi Kesehatan Murni

Sebaiknya Anda memilih asuransi kesehatan murni daripada unit link yang sering ditawarkan agen asuransi. Kenapa? Karena biaya premi yang harus dibayar pada asuransi kesehatan murni lebih murah daripada unit link.

Di dalam unit link, premi yang Anda bayar akan dibagi menjadi asuransi kesehatan, asuransi jiwa, dan investasi. Jadi porsi asuransi kesehatannya menjadi lebih sedikit, sehingga benefit proteksi yang didapat ketika sakit juga sedikit. Hal ini terkadang membuat Anda harus mengeluarkan dana tambahan untuk mendapatkan fasilitas rumah sakit yang Anda inginkan karena nilai proteksi asuransi kesehatan yang rendah.

Meng-cover Rawat Inap

Saat memilih asuransi, pilih yang mencakup biaya rawat inap. Karena beban biaya sakit yang cukup besar adalah biaya rawat inap. Jika memiliki dana berlebih, Anda bisa menambah asuransi yang mencakup biaya rawat jalan.

Tanpa Limit Tiap Perawatan

Setiap perusahaan asuransi memiliki ketentuan layanan masing-masing, bisa jadi antara asuransi yang satu dengan yang lainnya memiliki ketentuan yang berbeda. Ada yang menggunakan limit per tahun, ada juga yang menggunakan limit per perawatan.

Contohnya, limit per tahun 200 juta, sedangkan ada juga asuransi yang menerapkan limit per perawatan misal 10 juta per perawatan. Sebaiknya Anda memilih asuransi yang menggunakan limit per tahun, sehingga tidak ada batasan per perawatan dan lebih fleksibel dalam memilih pengobatan selama biayanya belum mencapai limit tahunan.

Hindari Pembayaran Menggunakan Auto Debit Kartu Kredit

Menggunakan auto debit kartu kredit memang terasa mudah dan praktis. Namun, untuk membayar premi asuransi sebaiknya Anda tidak memilih cara ini. Karena jika terjadi keterlambatan pembayaran kartu kredit, bunganya cukup besar. Anda pun harus tahu batas maksimal pembayaran premi dan batas jatuh tempo pembayaran kartu kredit.

Jangan Pernah Mengambil Asuransi via Telepon

Penawaran asuransi via telepon memang kian marak. Jangan mudah tergiur atau langsung menyatakan setuju mengambil asuransi dengan penjelasan singkat yang telah diberikan oleh pihak telemarketing. Sebaiknya pikir dahulu secara matang, mintalah nomor yang bisa dihubungi jika Anda sudah siap untuk mengambil asuransi yang ditawarkan.

Perhatikan Masa Tunggu Penyakit

Pada beberapa asuransi ada yang mensyaratkan masa tunggu penyakit. Jadi ada beberapa penyakit seperti TBC, asma, batu ginjal, batu kandung kemih, hipertensi, dan beberapa penyakit lainnya baru bisa diklaim setelah 12 bulan dari masa berlaku asuransi. Jadi, pastikan Anda membaca polis dengan saksama, atau tanyakan kejelasan mengenai waktu tunggu ini ke agen asuransi Anda

Demikian beberapa cara memilih asuransi kesehatan terbaik versi warna biru. Semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan