Cara Menghasilkan Uang Dari Facebook

0

Menghasilkan uang dari Facebook? bisa ini caranya!

Selain sebagai sarana komunikasi dan edukasi, Facebook ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang. Begini caranya!

Meski berbagai jenis media sosial silih berganti hadir, nyatanya Facebook tetap menarik di hati para penggunanya. Umumnya, Facebook masih menjadi pilihan utama untuk update status dan men-share artikel atau postingan menarik. Sebagian yang lain, sudah jeli bahwa media sosial ini bisa dimanfaatkan sebagai tempat untuk menghasilkan uang.

Nah, bagi Anda yang belum mengetahuinya, berikut cara menghasilkan uang dari Facebook yang bisa dicoba.

1. Pemasaran Produk Online

Cara paling klasik untuk bisa mendapatkan uang dari media sosial adalah dengan menggunakannya sebagai tempat berjualan. Bagi Anda yang mempunyai bisnis offline, akun pribadi bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan produk usaha. Anda bisa memposting berbagai produk yang dijual atau membagikan link website usaha yang dirintis.

Sedangkan bagi Anda yang baru hendak berkecimpung tapi minim modal, bisnis online via Facebook juga bisa menjadi pilihan. Anda bisa menjadi reseller atau dropshipper, dan cukup berpromosi melalui akun Facebook. Tak hanya melalui beranda, Anda pun bisa mempromosikannnya di grup-grup yang diikuti. Tentu, pastikan terlebih dulu bahwa grup tersebut sesuai dengan kategori produk yang dipasarkan. Misal, jika Anda berjualan buku anak, maka postinglah jualan di grup pecinta literasi, ibu-ibu muda, atau yang sejenis.

2. Menjual Jasa

Selain bisa menjadi wadah pemasaran berbagai produk, Facebook juga bisa menjadi tempat untuk menjual atau menawarkan jasa. Apalagi, bagi Anda yang paham tentang online marketing, affiliate marketing, dan Facebook marketing. Karena seperti yang diketahui, tidak semua pengguna paham tentang bagaimana menjalankan bisnis online dengan FB Ads, FanPage, atau yang lainnya.

  • Jasa Mengelola FanPage Bisnis

Ketika sebuah perusahaan sudah membuat fanpage, bukan berarti itu sudah cukup. Bagaimanapun, pemasaran harus dilakukan secara berkesinambungan dan terus-menerus. Di sinilah, Anda yang punya keahlian di bidang Facebook marketing bisa menawarkan jasa mengelola fanpage.

Setidaknya, ada beberapa tugas utama yang harus dikerjakan, seperti; memposting produk, informasi atau berita terkait, mempromosikan ke pengguna FB, dan menanggapi komentar yang masuk.

  • Menambah Like atau Fans Base

Selain mengelola fanpage, jasa menambah like juga menjadi hal yang paling banyak dicari. Hal ini tak lepas dari fakta bahwa jumlah like sebuah postingan juga berpengaruh terhadap popularitasnya di timeline. Karenanya, bagi Anda yang paham tentang tools untuk mengoptimalkan Facebook marketing, jasa menambah like atau fans base ini juga bisa dilakukan.

3. Buat FanPage dengan Kategori Tertentu dan Monetisasi

Selain untuk kepentingan bisnis, fanpage juga bisa dikelola untuk berbagai topik lain, seperti hobi, layanan, pendidikan, komunitas, atau yang lainnya. Anda bisa memilih salah satu dan lakukan monetisasi.

Dalam artian, buatlah fanpage dengan topik tertentu yang sekiranya akan disukai atau dibutuhkan oleh pengguna Facebook. Update secara berkala untuk menarik semakin banyak atensi, dan jika memungkinkan juga bisa Anda promosikan melalui Facebook Ads. Jika tertarik, Anda bisa mencontoh kesuksesan Dingo Indonesia, Viral Thread, dan Happy Cats, yang telah berhasil menarik atensi jutaan pengguna meski tanpa memiliki website resmi.

4. Pay Per Click (PPC)

Cara menghasilkan uang dari Facebook yang juga bisa dicoba adalah Pay Per Click (PPC). Meski memang, untuk menggunakan cara ini Anda harus terlebih dulu memiliki blog atau website komersil. Anda bisa membagikan tautan atau apa pun dari website ke akun Facebook, dengan harapan orang lain tertarik dan mengeklik link tersebut. Dari setiap klik inilah, traffic blog/website bisa meningkat, begitupun dengan pendapatan Anda darinya.

Bayaran dari setiap klik ini sebenarnya juga menjadi dasar dari program affiliate marketing. Hanya saja, affiliate marketing lebih berfokus pada tautan toko online. Jadi, Anda hanya cukup membagikan tautan toko online, situs penyedia kupon diskon, atau lainnya, dan ketika ada orang yang mengakses Anda bisa mendapatkan bayaran.

5. Jadi Influencer

Tak hanya Instagram dan YouTube, sebenarnya Facebook juga bisa melahirkan selebriti media sosial (influencer). Kuncinya pun sama, yakni adanya konten kreatif dan berkala. Jadi, bagi yang ingin terkenal dan meraup untung dari media sosial ini, tak ada salahnya jika Anda mengintip jejak para influencer Facebook, seperti; Xandria Ooi dengan konten motivasinya atau Ms Yeah dengan konten masak-memasaknya.

Intinya, Anda harus berani menonjolkan diri untuk menarik atensi pengguna lain. Ketika pengikut sudah ribuan atau bahkan jutaan, bukan tidak mungkin jika nantinya Anda ditawari kerjasama oleh brandbrand tertentu untuk mempromosikan produk mereka. Tentu, semakin banyak pengikut yang dimiliki, bayaran endorse ini pun bisa semakin mahal.

6. Jadi Buzzer Politik

Selain menjadi Influencer, akun dengan pengikut berjumlah ribuan juga berpotensi untuk menjadi Buzzer politik. Anda bisa jadi akan ditawari masuk dalam sebuah tim kampanye, baik untuk mempromosikan salah satu calon ataupun mengedukasi sebuah program pemerintah. Yang jelas, jangan sampai menjadi Buzzer politik yang hobi menyebar hoax dan black campaign, ya.

Itulah beberapa cara menghasilkan uang dari Facebook yang bisa dicoba. Jangan lupa sesuaikan dengan kemampuan dan keahlian Anda, agar usaha tersebut bisa optimal.

Tinggalkan Balasan