Kira-Kira Apa Saja Perbedaan Gojek Dan Grab? Berikut Ulasan Lengkapnya

0

Apa Perbedaan Gojek dan Grab? Bagi kalian yang pengen jadi driver online untuk nambah penghasilan wajib tau apa saja perbedaan diantara keduanya. Temukan perbedaan antara gojek dan grab dan apa saja keunggulan serta kekurangan dari dua brand tersebut disini!…

Dengan semakin berkembangnya dunia digital sekarang ini banyak e-commerce dalam bidang transportasi massal atau yang lebih dikenal dengan nama ojek online banyak bermunculan. Ojek online sendiri berbeda dengan ojek konvensional ataupun ojek pangkalan.

Pasalnya proses pemesanan ojek pangkalan terbilang masih manual sehingga masyarakat harus datang langsung ke pangkalan ojek terdekat.Tentu dengan proses pemesanan yang seperti itu tidak sedikit orang yang merasa kesulitan dalam memesan ojek.

Jika prose pemesanan ojek pangkalan terkesan tidak efektif, hal itu berbeda dengan proses pemesanan ojek online yang dilakukan secara online tanpa perlu datang ke pangkalan ojek sehingga menjadi lebih efektif dan efisien.

Dimana dengan menggunakan ojek online, masyarakat hanya perlu memesan ojek lewat aplikasi saja lalu pengemudi ojek online akan menjemputnya di lokasi yang sudah ditentukan.

Di Indonesia sendiri ada beberapa ojek online yang banyak diminati masyarakat diantaranya adalah Gojek dan Grab. Antara Grab dan Gojek keduanya sama-sama menawarkan bebagai layanan yang menarik untuk pelanggannya.

Dari mulai layanan antar jemput penumpang sampai pesan antar makanan semua juga tersedia di Grab dan Gojek. Mungkin tidak sedikit orang yang bertanya kira-kira apa perbedaan antara Gojek dan Grab. Bagi kalian yang sudah mencoba pernah mencoba Grab dan Gojek, mungkin kalian sudah mengetahui sedikit banyak perbedaan keduanya.

Tapi bagi kalian yang masih belum tahu dan pensaran mengenai apa saja perbedaan antara Grab dan Gojek langsung saja simak informasi dibawah ini.

Pendapatan Diver Gojek Dan GrabPerbedaan Gojek Dan Grab

Setiap perusahaan tentu memiliki sistem gaji ataupun pendapatan yang berbeda satu sama lain. Hal itu juga yang terjadi pada Gojek dan Grab. Dimana sistem gaji ataupun pendapatan kedua perusahaan ojek online ini berbeda satu sama lain.

Gojek sendiri memberikan gaji kepada drivernya dengan perbandingan 80:20. Dimana 80 untuk driver sedangkan 20 untuk Gojek. Jadi misalkan driver Gojek mendapatkan pesanan dengan tarif 10.000 maka 8.000 menjadi milik driver Gojek sedangkan 2.000 menjadi milik Gojek.

Pendapatan yang diterima driver Gojek tentu berbeda dengan pendapatan yang diterima oleh driver Grab. Dimana sistem gaji atau pendapatan yang diberikan Grab kepada drivernya adalah 90:10. Dengan begitu setiap mendapatkan pesanan, driver Grab akan mendapatkan bagian sebesar 90% sedangkan 10% akan diterima pihak Grab.

Jadi misalkan driver Grab mendapatkan pesanan dengan tarif 10.000 maka 9.000 menjadi miliki driver Grab sedangkan yang 1.000 masuk ke Grab.

Bonus Driver Gojek Dan GrabPerbedaan Gojek Dan Grab

Selain memperoleh pendapatan yang cukup besar, driver ojek online juga akan mendapatkan bonus. Bagi driver Gojek dan driver Grab tentu akan mendapatkan bonus yang berebeda hal itu dikarenakn sistem bonus yang diterapkan Gojek dan Grab berbeda satu sama lain.

Sistem bonus yang diterapkan Gojek kepada semua drivernya menggunakan sistem poin. Dimana semakin banyak poin yang berhasil dikumpulkan driver Gojek, maka akan semakin besar pula bonus yang akan diperoleh driver Gojek.

Jika Gojek dalam memberikan bonus menggunakan sistem bonus, hal itu berbeda halnya dengan sistem bonus yang dilakukan oleh Grab. Dimana sistem bonus yang diterapkan Grab berdasarkan perhitungan jumlah perjalanan ataupun pesanan. Semakin banyak jumlah perjalanan ataupun pesanan yang diperoleh driver Grab, maka bonus yang diperoleh juga akan semakin besar.

Syarat Menjadi Driver Gojek dan GrabPerbedaan Gojek Dan Grab

Gojek dan Grab tentu memiliki persyaratan khusus yang harus dilengkapi bagi calon driver Gojek maupun Grab. Adapun syarat yang harus dipenuhi calon driver Gojek adalah menyiapkan berkas berupa KTP, SIM, STNK, SKCK tanpa perlu melakukan tes.

Sedangkan bagi calon driver Grab, selain harus mengumpulkan berkas berupa KTP, SIM, SKCK serta dokumen penting lainnya. Calon driver Grab juga akan dites berkendara terlebih dahulu. Dimana setiap calon driver Grab akan diberikan kesempatan sebanyak 3 kali dalam melakukan tes berkendara.

Jika dalam 3 kali kesempatan gagal menyelesaikan tes berkendara maka orang tersebut tidak bisa diterima menjadi driver Grab. Hal itu tentu berbeda dengan Gojek, dimana orang yang akan diterima menjadi driver Gojek tidak akan diminta untuk melaksanakan tes berkendara.

Layanan Gojek Dan Grab

Selain memiliki persyartan hingga pendapatan driver dan bonus driver yang berbeda, ternyata jenis layanan yang dimiliki oleh Gojek dan Grab juga berbeda. Bagi kalian yang sudah pernah mencoba menggunakan Gojek dan Grab tentu kalian paham ataupun mengetahui perbedaan layanan yang dimiliki Gojek dan Grab.

Seperti yang sudah kalian ketahui bahwa Gojek memiliki layanan yang beragam dan menarik. Dari mulai layanan Go-Ride untuk mengantarkan pelanggan ke tempat tujuan dengan menggunakan sepeda motor, Go-Car yang dapat mengantarkan pelanggan ke lokasi tujuan dengan menggunakan mobil.

Bahkan ada juga layanan Go-Send yang dapat memudahkan pelanggan dalam mengantar barang ke lokasi tujuan dengan menggunakan sepeda motor. Kemudian layanan Go-Shop, dimana dengan layanan ini pelanggan dapat membeli barang atau makakan di sebuah toko tertentu yang tidak terdaftar di layanan Go-Food.

Selain itu ada juga layanan Go-Food yang merupakan layanan pesan antar makanan dari restoran-restoran yang sudah terdaftar di Go-Food. Selain itu Gojek juga memiliki layanan Go-Clean yang berguna untuk membersihkan rumah. Berikutnya ada layanan Go-Tix yang disediakan oleh Gojek yang berguna untuk memudahkan proses pemesanan tiket.

Jika dijumlahkan, layanan yang dimiliki Gojek bisa mencapai 17 layanan. Dengan berbagai layanan yang disediakan oleh Gojek tentu pelanggan akan lebih dimudahkan lagi dalam berbelanja, memesan makanan, membersihkan rumah bahkan sampai memesan tiket.

Namun sayangnya tidak semua wilayah operasional Gojek, pelanggan dapat menikmati semua layanan yang dimiliki Gojek. Pasalnya hanya beberapa wilayah saja yang sudah bisa menikmati semua layanan Gojek.

Jika Gojek memiliki layanan yang begitu beragam dengan jumlah layanan mencapai 17 layanan, hal itu berbeda dengan jumlah layanan yang dimiliki oleh Grab. Dimana jumlah layanan yang dimiliki Grab belum sebayak jumlah layanan yang sudah dimiliki Gojek.

Adapun layanan yang dimiliki Grab sendiri meiputi layanan GrabBike untuk mengantar pelanggan menuju lokasi tujuan dengan menggunakan sepeda motor, ada juga layanan GrabTaxi yang dapat digunakan sebagai wadah bertemunya pencari taxi dengan penyedia taxi dengan mudah.

Selain itu Grab juga memiliki layanan lainnnya seperti GrabHitch, Grab Food, GrabFresh, GrabCar hingga GrabExpress juga ada. Apun layan terbaru yang diluncurkan Grab adalah Layanan GrabCar Airport. Dengan menggunakan GrabCar Airport kalian dapat dengan mudah memesan GrabCar ketika sedang berada di bandara.

Walaupun layanan yang dimiliki oleh Gojek dan Grab berbeda-beda tetapi Gojek dan Grab sama-sama bermanfaat dalam membantu aktifitas masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu dengan adanya Gojek dan Grab tentu memberikan warna tersendiri khususnya dalam bidang transportasi, bidang digital hingga bidang bisnis. Dengan adanya Gojek dan Grab layanan transportasi menjadi lebih efektif, canggih, efisien dan juga ekonomis.

 

APA PENDAPAT ANDA

Silahkan masukan komentar
Masukan nama Anda disini