Kartu ATM hilang? Berikut Cara Mengajukan Kartu ATM baru

0

Apa yang harus dilakukan jika kartu ATM hilang? Bagaimana cara membuat kartu ATM yang baru? Artikel ini menjelaskan cara mengajukan Kartu ATM baru ke bank jika Anda kehilangan kartu pintar tersebut.

Kartu ATM merupakan alat canggih yang dikeluarkan perbankan guna memudahkan transaksi nasabah. Alat ini dapat digunakan untuk mengcover segala macam aktifitas perbankan mulai dari transfer, tarik dan setor tunai hingga melakukan pembayaran dan pembelian.

Mengingat kegunaanya sangat banyak, maka pantas jika benda ini selalu ditaruh dalam dompet oleh pemiliknya. Namun yang namanya manusia pasti kadang juga menemui masalah. Kartu ATM yang selalu dijaga dengan hati-hati akhirnya harus hilang bersama dompetnya.

Jika sudah begitu, aktifitas dari pemiliknya tentu terganggu. Apalagi jika nasabah tersebut sering bolak-balik ke ATM untuk menarik uang. Hilangnya kartu ATM akan semakin terasa berat baginya. Bagaimana solusinya? solusinya adalah nasabah harus mengajukan kartu yang baru.

Apa yang harus dilakukan jika kartu ATM hilang?

Saat mengalami kejadian tersebut, coba ingat-ingat kembali barangkali Anda telah lupa menaruh kartu ATM atau dompet. Jika Anda telah yakin bahwa kartu Anda tidak dapat ditemukan, silahkan lakukan beberapa tahapan dibawah ini untuk mengajukan kartu ATM baru di bank.

1. Blokir kartu ATM

hubungi bank untuk memblokir kartu ATM tersebut untuk menghindari penyalagunaan. Jika kejadiannya pada hari libur atau diluar jam kerja, Anda bisa memblokir kartu ATM dengan menghubungi bank melalui sambungan telepon.

2. Buat surat kehilangan di kepolisian

Selanjutnya, silahkan luangkan waktu Anda untuk membuat surat laporan kehilangan di kepolisian. Laporan ini adalah syarat yang diminta oleh pihak bank saat Anda mengurus Kartu baru. Jika Anda awam dalam hal ini, berikut step yang harus Anda lalui untuk membuat surat kepolisian:

  • Datangi kantor polisi terdekat dan utarakan maksud kedatangan Anda untuk membuat surat kehilangan kartu ATM/ dompet yang berisi KTP/ATM.
  • Biasanya pak polisi akan meminta Anda untuk menceritakan kronologi dan tempat dimana Anda kehilangan dompet / kartu ATM sebagai syarat pembuatan laporan.
  • Selanjutnya pihak kepolian akan segera menerbitkan surat kehilangan yang dapat Anda gunakan untuk membuat ATM baru.

Dari sini Anda sudah memiliki surat laporan kehilangan dari kepolisian, dan silahkan lanjut ke langkah berikutnya.

3. Mengajukan Kartu ATM baru

Silahkan datang ke bank untuk mengajukan kartu ATM baru. Dalam hal ini dokumen yang harus Anda bawa adalah:

  • KTP (kartu tanda penduduk).
  • Buku tabungan.
  • Surat kehilangan kepolisian.

Temui customer service dan beritahukan apa maksud dari kedatangan Anda. Dari sini pihak bank akan memproses laporan Anda dan segera menerbitkan kartu ATM baru untuk Anda. Sampai disini Anda telah mendapatkan ATM baru namun belum dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Agar bisa berfungsi dengan baik, Anda harus membuat pin ATM dengan kombinasi 6 angka melalui teller.

Step Tambahan: Cara Merubah detail E-commerce

Jika sebelumnya kartu ATM lama Anda terhubung dengan E-commerce atau VBV (verified by visa), maka mintalah ke CS bank agar mengalihkan fungsi dan detail pembayaran dari kartu lama ke kartu yang baru. Karena dari pengalaman yang pernah di alami penulis, settingan ini tidak berubah secara otomatis. Jika Anda tidak merubahnya saat itu juga, maka dipastikan Anda akan bolak-balik lagi untuk mengurus perubahan detail E-commerce.

Itulah cara mengajukan kartu ATM baru jika kartu Anda hilang. Ada banyak masalah yang bisa muncul saat menggunakannya  seperti ATM tertelan, salah transfer dan gagal transfer. Jika Anda mempunyai pertanyaan terkait hal tersebut atau sekedar ingin berbagi pengalaman, jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar. Kami akan senang menjawab semua pertanyaan Anda secepat mungkin.

Apakah Artikel ini bermanfaat? Jika “Ya” bagikan agar orang lain juga merasakan manfaatnya!!!

Tinggalkan Balasan