Kartu Atm Tertelan Mesin? Begini solusinya

0

Terdapat aneka ragam masalah yang muncul dari penggunaan mesin ATM yang bisa menimpa siapapun tanpa terkecuali, salah satunya adalah kartu ATM terlelan mesin. Kejadian ini tentu sangat menyebalkan apalagi saat kita sedang membutuhkan uang dalam rekening tersebut. Pada artikel ini kami akan membahas apa saja penyebab kartu ATM Tertelan mesin, dan bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab Kartu ATM tertelan Mesin

Kenapa kartu atm saya tertelan? berikut 3 penyebab atm tertelan yang paling sering terjadi:

  1. Anda salah memasukan pin 3 kali berturut-turut.
  2. Telat mengambil kartu ATM dari bibir mesin melebihi 10 detik saat transaksi selesai.
  3. Listrik padam saat transaksi di ATM belum selesai.

Lalu bagaimana kalau saat ini kartu ATM terlanjur ditelan mesin? Jika sudah terlanjur jangan risau, Anda hanya perlu mengikuti intruksi dibawah ini.

Lakukan 3 Langkah Ini Jika Kartu Atm Tertelan Mesin

1. Jangan Panik, Cemas Tidak Akan Membantu Apapun

Jika Anda baru saja mengalami masalah kartu ATM tertelan mesin, usahakan agar diri Anda tetap dalam kondisi tenang, karena cemas tidak akan memperbaiki keadaan. Jangan sekali kali melampiaskan kekesalan Anda pada mesin ATM atau sekedar memaksa mesin mengeluarkan kartu Anda dengan cara yang sedikit keras.

Perlu diketahui bahwa mesin ATM telah dilengkapi dengan system keamanan berupa alarm peringatan, yang dapat berbunyi sangat keras jika terdapat tindakan tidak wajar. Jika Anda memicu alarm berbunyi, tentunya Anda akan merasa malu atau bahkan dicurigai melakukan sesuatu yang buruk.

2. Kunjungi Bank Anda Untuk Membuat Kartu Baru

Luangkan sedikit waktu untuk mengunjungi kantor cabang pembantu terdekat dari lokasi Anda. Sebelum berangkat ke bank, siapkan dulu beberapa dokumen yang nantinya akan dibutuhkan, agar Anda tidak repot untuk kembali ke bank karena ada persyaratan yang kurang. Berikut persyaratan yang dibutuhkan:

  • KTP
  • Buku Tabungan
  • Laporan Kronologi (Pembuatan akan dipandu oleh CS bank)

3. Ceritakan Kronologi Dan Kejadian Tersebut Kepada CS Bank

Ceritakan kronologi dan tempat dimana kartu ATM Anda tertelan, dan jika mungkin mintalah kartu ATM baru. Setelah pihak bank mendengar semua cerita dari Anda, umumnya Anda akan diberi 2 opsi lanjutan, yaitu mengurus kartu lama yang atau mengajukan kartu baru.

Saran saya sebaiknya Anda pilih opsi kedua yaitu penggantian kartu baru. Sebab jika memilih opsi pertama, Anda harus menunggu hasil investigasi dan konfirmasi dari pihak bank. Tentunya Anda harus bolak-balik lagi ketemu sama CS bank lagi.

Lalu bagaimana jika Anda memilih cara kedua? Umumnya pihak bank akan meminta Anda untuk menandatangi surat bermatrai yang berisi pernyataan pengajuan kartu ATM baru karena kartu lama tertelan mesin. Nah sampai disini Anda akan dipandu oleh CS untuk mendapatkan kartu baru. Agar masalah tersebut tidak terulang lagi, sebaiknya Anda membaca tips berikut ini.

Tips Agar Kartu ATM Tidak Tertelan Kedalam Mesin

1. Masukan Pin ATM dengan hati-hati. Jika Anda memasukan pin yang salah sebanyak 3 kali berturut turut, dapat dipastikan kartu Anda akan ditahan oleh mesin.

2. Segera ambil kartu ATM dari mesin setelah transaksi selesai. Kartu ATM yang tertahan di bibir mesin lebih dari 10 detik akan secara otomatis ditelan oleh mesin.

3. Hindari bertransaksi melalui ATM saat Cuaca sedang buruk. Kondisi ini berpotensi membuat listrik padam. Jika transaksi Anda belum selesai saat mesin padam maka kartu ATM akan tertahan dalam mesin.

Penutup

Itulah penjelasan kami seputar ATM tertelan mesin. Kejadian tersebut tentu menjadi pengalaman tidak menyenangkan yang seharusnya membuat kita lebih hati-hati di kemudian hari. Namun jika Anda belum pernah mengalaminya, penting juga untuk mengetahui apa saja faktor dan penyebabnya, serta bagaimana cara mengatasinya untuk jaga-jaga.

Selain itu, berhati-hatilah terhadap segala tawaran bantuan saat Anda mengalami kejadian Kartu ATM tertelan mesin agar terhindar dari tindakan dan modus penipuan. Jika di rasa Anda perlu bantuan, sebaiknya segera hubungi Call Service bank Anda.

APA PENDAPAT ANDA

Silahkan masukan komentar
Masukan nama Anda disini