Langkah-Langkah Cara Beriklan di Google AdWords

0

Google AdWords merupakan platform iklan yang disediakan Google untuk keperluan pemasaran online. Dengan biaya yang jauh di bawah iklan konvensional, Google AdWords jauh lebih efisien untuk menjangkau calon konsumen yang sesuai dengan target pasar Anda. Hal ini karena Google Advertising memiliki algoritma yang akan membaca kata kunci, lokasi, hingga topik yang paling disukai oleh para penggunanya. Oleh sebab itu, besar peluang iklan atau kampanye online Anda akan dilihat oleh orang yang tepat.

Dengan beriklan di Google AdWords, iklan akan otomatis muncul di halaman utama Google ketika ada yang melakukan pencarian menggunakan kata kunci Anda. Selain itu, keuntungan lain yang akan Anda dapatkan antara lain web traffic yang lebih mudah terukur, peningkatan jumlah pengunjung, hingga kemungkinan peningkatan jumlah omset penjualan. Beriklan besama Google AdWords juga cocok untuk perusahaan kecil karena biayanya juga dapat diatur sesuai bujet.

Tertarik untuk beriklan di Google AdWords? Berikut ini cara beriklan di Google AdWords yang dapat Anda ikuti.

Membuat Akun Google

Sebelum beriklan di Google AdWords, pastikan Anda telah memiliki akun Google. Cara membuatnya mudah, Anda cukup masuk ke web Google dan klik “daftar”. Saran kami, sebaiknya Anda memisahkan akun Google pribadi dengan bisnis. Hindari menggunakan akun pribadi untuk transaksi bisnis agar data Anda dapat tersimpan dengan lebih teratur.

Mendaftarkan Akun di Google AdWords

Setelah berhasil membuat akun Google, selanjutnya Anda bisa langsung mendaftarkannya ke Google AdWords. Terdapat formulir yang harus Anda isi sesuai pentunjuk. Beberapa informasi yang perlu Anda isi antara lain alamat email, data diri, dan kata sandi. Setelah terisi lengkap, Anda akan diminta untuk melakukan verifikasi akun dengan mengklik tautan yang akan dikirimkan ke kotak masuk e-mail Anda.

Memilih Target Pencapaian

Setelah berhasil mendaftar dan masuk ke akun Google AdWords, Anda dapat mulai mengatur target pencapaian iklan yang Anda harapkan. Anda bisa memilihnya sesuai dengan cara transaksi bisnis Anda, apakah via telepon, toko fisik, atau toko online/website. Pilihlah yang cocok untuk usaha Anda, sebelum melangkah ke langkah selanjutnya.

Memilih Jangkauan Lokasi dan Kategori Bisnis Anda

Tidak hanya skala nasional, Anda juga dapat memilih jangkauan iklan hingga skala intenasional. Akan tetapi, jika Anda memiliki bisnis dalam skala kecil, kami lebih menyarankan Anda untuk mempersempit jangkauan menjadi skala kota atau provinsi tertentu saja. Selanjutnya, jangan lupa untuk mengisi kolom kategori bisnis sesuai jenis bisnis Anda agar Google dapat lebih mudah menentukan target pembaca iklan Anda.

Membuat Copy Iklan

Jumlah karakter yang terbatas membuat Anda harus membuat copy iklan yang singkat, padat, dan jelas. Headline iklan dibatasi hingga 30 karakter. Sementara itu, isi iklan dibatasi hingga maksimal 80 karakter. Buatlah kalimat promosi yang menarik dan persuasif agar konsumen tertarik membacanya. Selain berupa kalimat, Anda juga bisa menambahkan gambar sebagai ilustrasi bisnis Anda.

  • Memilih Metode Pembayaran

Selanjutnya, Anda perlu memilih metode pembayaran. Tedapat dua metode yang bisa Anda pilih, yakni otomatis dan manual. Kami menyarankan Anda untuk memilih manual payments, yakni dengan memasukkan sejumlah deposit terlebih dahulu. Biaya iklan Anda selanjutnya akan dipotong dari deposit tersebut. Cara ini lebih aman daripada metode otomatis yang akan memberikan Anda tagihan setelah iklan selesai ditayangkan.

Cara Kerja Google AdWorks

Keyword yang Anda gunakan bisa jadi digunakan juga oleh perusahaan lain. Oleh sebab itu, Google akan menilai terlebih dahulu secara adil masing-masing competitor sebelum akhirnya memutuskan iklan mana yang akan dimunculkan. Iklan perusahaan yang memenangkan persaingan kemudian akan muncul setiap ada yang mencari keywordnya di Google.

Itulah beberapa cara beriklan di Google AdWorks yang dapat Anda coba ikuti. Sebelumnya, Anda juga perlu memahami terlebih dahulu kriteria Google Quality Score sebelum membuat copy iklan. Hal ini karena jika keyword yang Anda gunakan ternyata juga digunakan oleh perusahaan kompetitor, Google akan menampilkan iklan yang memenuhi kriteria Google Quality Score. Adapun kriterianya adalah sebagai berikut,

  • Relevansi Landing Page Anda dengan isi iklan.

Semakin relevan isi iklan dengan landing page Anda, semakin tinggi potensi iklan Anda dimunculkan.

  • Perkiraan Click Through Rate (CTR)

Semakin menarik iklan Anda, semakin besar potensinya untuk dikunjungi pelanggan, dan semakin tinggi pula potensi iklan Anda untuk dipilih Google.

  • Relevansi Kata Kunci (Keyword)

Semakin relevan isi iklan dengan keyword, maka lebih besar peluang iklan Anda untuk dimunculkan oleh Google.

Google akan memberikan skor 1—10 untuk setiap iklan yang diajukan. Semakin tinggi skor iklan Anda, semakin besar pula peluangnya untuk terpilih. Cipkatakan iklan yang menarik, singkat, padat, dan jelas. Dengan memaksimalkan Google AdWords, strategi pemasaran online Anda pun dapat meningkat dengan lebih mudah dan murah.

 

Tinggalkan Balasan