Terapkan 5 Strategi Pemasaran Online Agar Brand Dikenal Luas

0

Strategi pemasaran online – Seorang pelaku bisnis pasti ingin merek yang diciptakannya dikenal oleh banyak kalangan, namun tentu saja hal itu tidaklah mudah! Ada banyak faktor yang harus dilakukan untuk merealisasikan keinginan tersebut.

Pada tahap awal, sangat direkomendasikan untuk belajar dan memahami strategi pemasaran yang tepat. Sebab dengan formula inilah kita bisa menghemat anggaran dan meraih audiens yang lebih tepat sasaran.

Adanya internet membantu para pebisnis untuk menekan biaya promosi dengan memanfaatkan media sosial dan berbagai platform gratis lainnya. Tidak heran, pada era serba digital ini, banyak perusahaan berlomba-lomba menciptakan strategi pemasaran melalui berbagai media online, mulai dari laman hingga media sosial.

Biaya memasang iklan di situs-situs populer jauh lebih murah daripada televisi. Oleh sebab itu, banyak perusahaan pada akhirnya muli meninggalkan cara lama dan lebih memilih meningkatkan strategi pemasaran online. Tertarik? Berikut ini beberapa strategi pemasaran online yang bisa Anda coba.

1. Tentukan Target Pasar Anda

Pertimbangkan usia, jenis kelamin, hingga kelas sosial target pasar Anda sebelum mulai menyusun strategi pemasaran. Hal ini karena jenis konsumen Anda akan mempengaruhi metode dan media promosi yang akan Anda gunakan nanti. Cara yang Anda gunakan untuk mendekati konsumen usia remaja dan dewasa muda pastinya akan berbeda.

Selalu ingat bahwa masing-masing platform memiliki jenis pengguna yang berbeda-beda sehingga bentuk konten yang Anda tampilkan pun harus disesuaikan. Untuk itu, sebelum menentukan platform mana yang hendak Anda gunakan, pastikan Anda telah mengetahui rentang usia pengguna hingga gaya penyampaian yang mereka sukai.

2. Membangun Website yang Ramah Pengguna

Beberapa brand memilih untuk membangun website atau blog karena biayanya jauh lebih murah daripada membangun toko fisik. Bahkan, sekarang Anda dapat dengan mudah menemukan platform gratis untuk membangun toko online Anda. Desainlah website Anda secantik mungkin agar pengguna merasa tertarik untuk berkunjung.

Selain itu, pastikan juga website bisnis Anda ramah pengguna sehingga mudah diakses, baik melalui desktop maupun ponsel. Sering kali perusahaan mengabaikan aspek ini sehingga konsumen terbatas dalam mengakses website mereka. Ibarat toko fisik, website yang nyaman akan membuat konsumen lebih senang berkunjung.

3. Bekerja Sama dengan Jasa Digital Marketing

Beberapa perusahaan besar seperti Google, Facebook, YouTube, Twitter, dan Instagram menyediakan jasa periklanan berbayar yang bisa Anda manfaatkan. Algoritma yang mereka ciptakan akan memungkinkan iklan produk Anda muncul di beranda media sosial konsumen yang Anda targetkan. Cara ini tentunya lebih efektif meningkatkan brand awareness daripada memasang iklan konvensional.

Lebih lanjut, biaya untuk memasang iklan berbayar pada platform atau situs online juga tidak setinggi iklan di televisi. Oleh sebab itu, cara ini sangat membantu perusahaan kecil yang baru merintis bisnis. Agar lebih efektif, pastikan Anda memasang iklan di platform yang penggunanya sesuai dengan target pasar Anda.

4. Memaksimalkan Konten Marketing

Ciptakanlah konten-konten menarik secara konsisten agar strategi pemasaran online Anda berhasil. Jika media yang Anda gunakan adalah blog, salah satu caranya adalah dengan menerapkan prinsip-prinsip Search Engine Optimisation (SEO) dalam artikel blog bisnis Anda. Dengan demikian, peluang website/blog bisnis Anda untuk muncul di halaman muka mesin pencarian akan semakin besar.

Pastikan Anda menggunakan kalimat-kalimat yang lugas dalam menulis artikel atau deskripsi produk. Tambahkan juga detail gambar agar konsumen tahu bahwa bisnis Anda jujur dan produk yang Anda jual memang berkualitas baik. Agar lebih menarik, Anda juga bisa menambahkan slogan-slogan persuasif yang mampu menarik lebih banyak konsumen.

5. Bangun Koneksi dan Interaksi dengan Konsumen Melalui Sosial Media

Sosial media dapat menjadi sarana untuk menunjukkan brand voice perusahaan Anda. Dalam hal ini, Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk berinteraksi dan menjalin hubungan dengan konsumen. Segala kritik dan saran bisa Anda dapatkan secara langsung. Perhatikan pemilihan kata yang Anda gunakan karena itu akan membentuk karakter perusahaan Anda di mata konsumen.

Sebagai contoh, Grab dan Go-Jek yang selalu menanggapi konsumen mereka lewat media sosial. Cara menjawab dan interaksi mereka telah menciptakan kesan bahwa perusahaan tersebut ramah dan menaruh perhatian lebih terhadap para konsumennya. Dengan demikian, secara tidak langsung mereka telah menjalin koneksi secara personal dengan para konsumen.

Itulah beberapa strategi pemasaran online yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan brand awareness masyarakat terhadap produk Anda. Dengan adanya internet dan media sosial, kini promosi dapat dilakukan dengan lebih mudah dan murah. Selain itu, peluang iklan Anda akan sampai ke audiens yang tepat juga lebih tinggi. Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya besar hanya untuk memasang iklan demi menarik konsumen.

Tantangan yang Anda hadapi ketika melakukan pemasaran secara online adalah adanya tuntutan untuk selalu siap sedia sepanjang hari. Tanggapan dan pertanyaan konsumen bisa datang kapan saja. Tidak hanya respons positif, Anda juga bisa mendapat respons negatif yang bisa menghancurkan citra perusahaan. Oleh sebab itu, perencanaan yang baik dan target pasar yang jelas sangat penting dalam menyusun strategi pemasaran online Anda. Dengan demikian, selain menghemat uang, Anda juga bisa menghemat waktu dan tenaga.

 

Tinggalkan Balasan