Apa Itu Manajemen Humas? Ini penjelasannya!

0

Apa Itu Manajemen Humas? Ini penjelasannya! Jika kita berada dalam suatu organisasi harus ada divisi PR (hubungan masyarakat). Di mana divisi ini bertugas membangun hubungan organisasi dengan komunitas tempat organisasi itu berada. Itu adalah makna sederhana dari PR yang dalam istilah asing adalah hubungan public. Namun menurut Rachmad Kriyanto, pemerataan kedua cangkang itu benar. Meski begitu istilah itu sudah digunakan dalam menyebut PR di masyarakat.

Hubungan masyarakat dan lembaga pendidikan juga berperan dalam menumbuhkan dan mengembangkan pertumbuhan pribadi siswa di sekolah, masyarakat dan lembaga pendidikan memiliki hubungan yang sangat dekat dalam mencapai tujuan atau pendidikan secara rasional.

Sebaliknya lembaga pendidikan juga harus mendukung pencapaian tujuan atau pemenuhan hubungan masyarakat, khususnya kebutuhan pendidikan. Pengaruh masyarakat terhadap lembaga pendidikan terasa sangat kuat dan juga mempengaruhi individu yang berada di lingkungan lembaga pendidikan.

Oleh karena itu, perlu dipertimbangkan dalam meningkatkan dan meningkatkan hubungan kerja sama antara masyarakat dan lembaga pendidikan, yaitu dengan melibatkan orang tua dan masyarakat serta masalah yang muncul dan bagaimana menyelesaikan masalah ini.

Dengan melakukan hubungan kontak dengan masyarakat akan memudahkan lembaga pendidikan untuk menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi lingkungan. Institusi pendidikan lebih mudah menempatkan diri dalam komunitas dalam arti bahwa mereka dapat diterima sebagai bagian dari properti komunitas.

Dengan melihat betapa pentingnya aspek hubungan masyarakat dengan sekolah diharapkan untuk menciptakan sekolah yang berkualitas, penulis akan menjelaskan bagaimana implementasi hubungan masyarakat sebagai strategi dalam upaya meningkatkan kualitas lembaga pendidikan.

BACA JUGA: Apa Itu Manajemen Emosi? Ini Pengertiannya

Definisi Manajemen Hubungan Masyarakat

Sementara itu, menurut kamus Fund dan Wagnel, public relations adalah semua kegiatan dan teknik yang digunakan oleh suatu organisasi atau individu untuk menciptakan atau mempertahankan sikap dan respons yang baik dari orang luar terhadap keberadaan dan aktivitas mereka. Jadi kita dapat mengatakan definisi manajemen PR (hubungan masyarakat) adalah salah satu proses dalam menangani perencanaan, pengorganisasian, komunikasi dan juga koordinasi secara serius dan rasional dalam mencapai tujuan bersama untuk sebuah institusi.

Tugas Hubungan Masyarakat

Menurut M. Sobry Sutikno PR memiliki tugas utama, berikut ini adalah tugas utama Humas:

  1. Menjadi perantara pemimpin dalam bersosialisasi dan memberikan informasi kepada publik atau pihak lain yang membutuhkan informasi dari organisasi.
  2. Membantu para pemimpin dalam hal mempersiapkan semua bahan yang terkait dengan masalah serta informasi yang akan diberikan kepada komunitas menara pada waktu tertentu.
  3. Membantu para pemimpin dalam mengembangkan rencana dan kegiatan tindak lanjut yang terkait dengan pelayanan kepada masyarakat, sebagai salah satu konsekuensi dari komunikasi timbal balik dengan pihak luar untuk menumbuhkan harapan untuk menyempurnakan kegiatan yang dilakukan oleh suatu organisasi.
  4. Memberikan informasi dan ide kepada masyarakat atau pihak lain yang menjadi target organisasi.

Maka dapat disimpulkan bahwa tugas Public Relations sangat penting bagi suatu organisasi, dengan PR yang baik maka hubungan antara masyarakat dan organisasi akan terjalin dengan baik. Hubungan yang baik ini akan memberikan manfaat bagi perusahaan dan juga masyarakat.

Untuk ini, kita membutuhkan orang yang baik dalam komunikasi dalam posisi PR ini. Dengan komunikasi yang baik akan memudahkan Public Relations dalam memberikan informasi kepada publik, sehingga persepsi masyarakat tidak salah dengan informasi yang diberikan.

Nah itulah penjelasan dari manajemen Humas, semoga dengan informasi ini menambah wawasan kita tentang manajemen Humas. Terima kasih telah membaca artikel kami, sampai jumpa di artikel lain.

 

APA PENDAPAT ANDA

Silahkan masukan komentar
Masukan nama Anda disini