Review Lengkap Spesifikasi dan Harga Oppo A31

0

Warnabiru.com - Review Lengkap Spesifikasi dan Harga Oppo A31. Hadirkan penawaran untuk kelas menengah kebawah OPPO mengeluarkan seri dengan type A31. Dirilis pada bulan Februari 2020 OPPO A31 hadir dengan desain dan tampilan rapi yang terdiri dari 2 varian warna putih dan hitam. Dijual dengan harga 2 jutaan untuk memberikan kepuasan para konsumen di Indonesia.

Dengan harga 2 jutaan spesifikasi yang ditawarkan boleh dikatakan cukup memumpuni. Dengan RAM 4GB dan Storage 128GB membuat OPPO A31 terlihat gahar.

Meskipun pada bagian kamera sedikit kurang. Lantas bagaimana spesifikasi lengkap dari OPPO A31?

Chipset dan Peforma Hardware

Dengan harga 2 jutaan OPPO A31 dibekali dengan chipset Mediatek seri MT6765V/CB Helio P35 dengan fabrikasi 12nm. Helio P35 adalah ARM SoC utama untuk ponsel cerdas yang diperkenalkan akhir tahun 2018. Meskipun tergolong lawas tetapi peforma yang dihasilkan saat ini masih bisa dikatakan bagus. Bekerja pada delapan inti ARM Cortex-A53 yang dibagi menjadi 2 kelompok. Empat core kinerja clock 1.8 GHz hingga 2,3 GHz.

Untuk mengatasi grafis dalam bermain game Helio P35 penggunakan GPU PowerVR GE8320 dengan clock mencapai 680 MHz.

Sudah dijajal bermain PUBG dengan grafik balance (medium) hasil yang didapatkan sangat memuaskan. Hampir gambar terlihat asli, dan ini sangat natural. Hanya saja kurang lembut tampilannya ketika kamu berada di rerumputan. Mungkin kamu bisa menseting tampilannya dengan grafis tinggi agar lebih natural.

Tidak ada masalah apapun, hanya saja akan sedikit terasa panas dengan pemakain lebih dari 2 jam.

Masih menggunakan Android 9.0 (Pie) pada ColorOS 6.1 milik OPPO sendiri. Meskipun tidak mendapatkan Android 10.0 tetapi peforma dari ColorOS 6.1 juga tidak bisa diremahkan. Salah satu ponsel yang menggunakan OS tersebut ialah OPPO F15.

Kamu akan dimanjakan dengan tampilan yang mudah dioperasikan dan UI yang menyenangkan untuk membuka aplikasi lebih efesien.

Tampilan dan Desain

Review Lengkap Spesifikasi dan Harga Oppo A31
Tampilan oppo A31

Mengusung tampilan 6.5 inci dengan layar sentuh IPS LCD kapasitif yang beroperasi dengan 16 juta warna. Bisa dikatakan 6.5 inci adalah ukuran yang cukup besar pada sebuah smartphone, alangkah bagusnya jika dibuat lebih kecil sedikit. OPPO A31 memiliki desain yang sangat tipis pada bagian bezel jadi tampilan akan sedikit lebih terlihat mewah.

Dibagian depan kamu akan melihat kamera dengan desain tetesan air. Pada bagian belakang ada 3 kamera AI yang tersusun rapi secara vertikal disertai LED Flash. Lalu ada sensor sidik jari yang tepat berada dibagian tengah agak keatas.

Dibagian kanan hanya ada tombol power dan untuk volume, slot card, dan memori eksternal ada dibagian kiri.

Bisa dikatakan ini desain yang biasa saja seperti ponsel pada umumnya. Tetapi yang cukup unik ada dibagian warna. Tampilan warna putih yang dikombinasikan dengan warna hijau membuat OPPO A31 cukup fantastik. Meskipun pada bagian body hanya menggunkan plastic, namun semua itu bukanlah sebuah masalah.

Dibagian bawah terdapat jack headset, USB, dan speaker.

Secara keseluruhan OPPO A31 untuk bagian desain dan tampil sangat bagus. Hampir mirip dengan Realme C3.

Kamera

Kamera pada OPPO A31 dibagian belakang terdiri dari 12MP kamera utama, 2MP kamera makro, dan 2MP kamera kedalaman.

Hasil test yang didapatkan sangat memuaskan. Cukup bagus ketika diambil objek dalam pencahayaan yang terang. Tidak ada noise sama sekali dengan 12MP lensa utama. Jika foto diperbesar keretakan yang ditimbulkan juga tidak berpengaruh.

Kamera depan OPPO A31 menggunakan lensa sebesar 8MP. Bisa dikatakan lebih unggul dari Realme C3 Indonesia yang mengusung kamera depan 5MP.

Untuk kamera selfie OPPO A31 hanya mendukung HDR saja tanpa adanya fitur panaroma. Hasil yang didapatkan pun sangat bagus, test video yang dihasilkan dengan kualitas 1080p terlihat seperti sebuah perekaman menggunakan kamera DSLR.

Baterai dan Konektivitas

Kekuatan baterai dibekali dengan kapasitas 4230mAh tanpa mendukung fastcharging. Ini sedikit mengecewakan konsumen padahal kapasitas baterai cukup besar kenap tidak dibekali dengan fastcharging.

Rasanya dengan harga 2.5 jutaan ini kamu sudah bisa mendapatkan fitur fastcharging. Namun tidak pada OPPO A31. Ya memang sedikit diluar ekspektasi.

Untuk konektivitas sendiri kamu bisa menikmati jaringan internet hingga 4G, kecepatan download menggunakan HSPA 42.2/5.76 Mbps.

Menggunakan Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac yang akan memudahkanmu dalam menggunakan jaringan wifi. Selain itu Bluetooth yang digunakan versi 5.0 yang mampu mengirim file hingga mencapai 48Mbps. Dan yang terakhir untuk melengkapi ponsel ini OPPO menyediakan USB On-The-Go.

Kekurangan dan Kelebihan

Kekurangan

Harapan dari brand OPPO ialah dapat memberikan penawaran yang lebih baik pada konsumennya. Namun ada banyak sekali kekurangan untuk OPPO A31 yang mana dari sisi OS masih menggunakan sistem lama. Chipset yang ditawarkan hanya sebatas Mediatek Helio P35. Alangkah bagusnya jika menggunakan Snapdragon untuk mengatasi peforma gaming.

Kekurang yang terlihat jelas juga terajadi pada bagian baterai, tidak adanya dukungan fastcharging yang pesaingnya sudah banyak menerapkan.

Warna yang monoton, entah kenapa tidak membuat varian warna lain seperti biru dan merah agar menarik konsumen.

Kelebihan

Merasakan sensasi dari RAM 4G akan mempermudah dalam pengoperasian aplikasi. Dukungan OS Android 9 akan membantu untuk mendapatkan UI interface yang ciamik.

Dalam urusan kamera hasilnya sangat memuaskan walaupun hanya menggunakan lensa 12MP foto hasil tangkapan terlihat natural.

Baterai dengan kapasitas yang besar sangat efesien digunakan dalam bermain game. Jika hanya untuk melihat Youtube dan Netflix ponsel ini akan bertahan sangat lama.

Kesimpulan

Dengan spesifikasi yang lumayan tinggi pada OPPO A31 jika dibandrol dengan harga 2 jutaan rasanya itu sangat setimpal.

Jika hanya untuk bermain game dengan kualitas sedang ponsel ini masih bisa menanganinya dengan baik. Overall kamu bisa mencoba untuk memilikinya. Dan jika kamu masih ragu coba melirik ponsel dari brand Xiaomi untuk harga 2 jutaan.

 

APA PENDAPAT ANDA

Silahkan masukan komentar
Masukan nama Anda disini