Selain Hongkong Inilah Daftar Negara Tetangga Yang Berkonflik Dengan Cina

Baca juga

Keuntungan menjadi anggota VIP danarupiah

Warnabiru.com – Pengguna aplikasi danarupiah pasti tidak asing lagi dengan istilah anggota VIP danarupiah yang bisa dimukan didasbor aplikasi...

10 Penyedia Pinjaman Online Dan KTA Tanpa Kartu Kredit Dengan Proses Termudah

Warnabiru.com - Pusing dengan rumitnya syarat pengajuan KTA ke bank? Jangan khawatir karena masih banyak pilihan alternatif yang bisa...

Pengenalan Marketplace Dan Toko Online Bagi Pemula

Toko Online adalah media yang memudahkan orang untuk membeli dan menjual barang tanpa harus bertemu atau bertemu muka karena...

Warnabiru.com – Cina tengah menjadi sorotan dunia karena menerapkan undang – undang keamanan di Hongkong. Dalam undang – undang yang secara tidak langsung menghapus status unik Hongkong ini mengukuhkan peran keamanan Cina di Hongkong. Berisi bahwa barangsiapa melanggar undang – undang keamanan ini maka akan ditindak pemerintah Cina. Yakni mereka yang berusaha memisahkan diri dari Cina, melakukan subversi, melakukan tindak terorisme dan mengintervensi Hongkong dengan kekuatan asing.

Tentu undang – undang ini cukup menggangu warga Hongkong. Sehingga tidak heran banyak protes dari dalam negeri Hongkong. Bahkan dari pihak internasional juga ikut memprotes salah satunya Amerika Serikat.

Menurut negara Paman Sam pihak Cina melanggar perjanjian pasca penyerahan Hongkong kepada Cina tahun 1997. Karena dalam perjanjian itu memuat prinsip satu negara dua sistem hukum. Yakni Hongkong memberlakukan sistem hukum tersendiri lepas dari Cina. Bentuk protes dari Hongkong dapat dilihat saat terjadi unjuk rasa yang berlangsung dari 15 Maret 2019 hingga saat ini.

Dalam demonstrasi yang dilakukan di berbagai kota ini sebagaian besar berakhir dengan kerusuhan. Tidak heran akibatnya sebanyak 2.000 demonstran terluka.

Sedangkan sebanyak 3.451 demonstran ditahan oleh otoritas keamanan Cina di Hongkong. Jumlah demonstran saat itu mencapai 1.03 juta orang yang diliput berbagai media massa baik nasional ataupun internasional.

Selain mengerahkan pihak keamanan Cina juga mengerahkan anggota mafia untuk menghadapi para demonstran ini.  Selain dengan Hongkong yang notabene negara tetangga Cina.

Ternyata Cina juga berkonfrontasi dengan negara tetangga lainnya. Seperti dengan Vietnam dan Filipina karena masalah perebutan wilayah Laut Cina Selatan. Dengan Tibet yang berakhir dengan penguasaan Tibet pada tahun 1959 oleh militer Cina.

Dengan India juga negara yang berjuluk negara Tirai Bambu ini juga berkonflik. Mereka merebutkan Lembah Galwan di garis perbatasan kedua negara.

Dalam konflik dengan negara tetangga tidak jarang berakhir dengan bentrok. Seperti yang terjadi pada Mei  2020. Dengan lokasi di Lembah Galwan dengan korban di pihak India mencapai 20 personil militer.

Dalam bentrok tanpa menggunakan senjata api itu pihak Cina menggunakan kayu yang diberi paku sehingga berdampak mematikan.

1.Konflik Cina dengan India

Berita terbaru konflik Cina dengan India pada 16 Juni 2020 . Saat kedua kelompok tentara penjaga perbatasan tersebut saling bertikai. Dalam bentrok tanpa menggunakan senjata api itu sebanyak 20 tentara India tewas sedangkan di pihak Cina adalah 43 korban. Dalam bentrok itu masing – masing pihak menggunakan kayu yang dimodifikasi aksesoris tambahan paku sehingga sangat mematikan. Selain itu kedua pihak juga saling bentrok menggunakan batu – batu untuk melukai lawan. Lokasi bentrok itu terjadi di perbatasan antara Cina dan India yakni Lembah Galwan. Tidak adanya batas yang jelas di garis perbatasan sepanjang 3.380 itu adalah alasan mengapa sering terjadi konflik diantara dua pihak.

Menjadi pertanyaan mengapa dalam pertikaian itu tidak menggunakan senjata api ? Jawabannya karena merujuk pada Perjanjian Damai LAC 1996. Dimana dalam perjanjian itu kedua pihak tidak akan menggunakan kekuatan militer untuk menyelesaikan masalah perbatasan. Tidak heran senjata yang digunakan adalah batu dan kayu yang dipasang kawat berduri.

BACA JUGA: Wuhan Khawatir Akan Munculnya Kembali Kasus COVID-19, Saat Adakan Tes yang Memicu Kerumunan

Paling mengerikan di tahun 1962 saat itu kedua negara saling bertarung secara militer langsung. Dalam pertikaian militer yang terjadi pada Oktober 1962 itu sebanyak 25 tentara India tewas sedangkan di pihak Cina yang menang jumplah hanya 33 tentara yang tewas. Dalam pertempuran itu India terdiri dari 50 personil militer sedangkan India sebanyak 1000 personil militer Cina. Kemudian berlanjut pada tanggal 20 Oktober 1962. Dalam perang itu India diserang habis – habisan oleh Cina dengan mengirimkan ribuan personil militer. Kemudian India mengirimkan 12 jet tempur MIG buatan Uni Soviet. Hasilnya di perang selama sebulan itu pihak Cina mundur dengan korban mencapai 2.000 tewas dan 1.000 luka – luka. Pihak India tidak kalah babak belur karena sebanyak 1.300 tentara India tewas dan 1.600 hilang.

2.Konflik Cina dengan Filipina

/www.republika.co.id

Laut Cina Selatan adalah salah satu laut besar di dunia. Tidak heran banyak negara mengklaim laut ini yang kebetulan dekat dengan negaranya. Karena kandungan gas alam serta letaknya yang strategis bagi ekonomi dan militer dunia. Dalam klaim Laut Cina Selatan ini pihak Cina mengklaim wilayah Laut Cina Selatan hingga beribu – ribu mil dari garis pantai negaranya. Akibatnya harus bentrok dengan negara lain salah satunya adalah Filipina.

Yang terbaru pada awal 2020 saat Cina menjadikan wilayah terumbu karang dekat Filipina sebagai pusat administrasi. Lebih tepatnya pendiriannya yakni di Kepulauan Spratly yang disengketakan antara Cina dengan Filipina. Namun Cina tetap keras kepala sehingga protes Filipina tidak dianggap. Pihak Filipina sendiri cenderung lunak karena hanya bersikap mengingatkan soal keputusan kepemilikan gugusan kepulauan itu adalah milik Filipina.

Hal itu sesuai dengan keputusan arbitrase Internasional pada Juli 2016 bukan mengirim kekuatan militer ke wilayah konflik itu. Diduga hal itu dilakukan karena Filipina sendiri membutuhkan Cina dalam hal jual beli senjata ataupun peminjaman dalam pembiayaan infrastruktur di negaranya.

3.Konflik Cina dengan Vietnam

http://www.surabayapagi.com

Masih sama yakni masalah Laut Cina Selatan dimana Cina mengklaim Kepulauan Paracel dan Pulau Linclon yang secara georgrafis lebih dekat dengan Vietnam.

Dalam konflik itu Cina menggunakan manuver militernya yang membuat pemerintah Vietnam gerah. Seperti saat nakhoda kapal nelayan Vietnam bernama Nguyen Loc ditabrak oleh kapal Tiongkok bernomor 4005.

Dalam insiden itu Nguyen Loc dan 16 ABK kapalnya melompat ke laut. Kemudian ditolong oleh kapal nelayan Vietnam lainnya.

Dalam pembelannya pihak Cina mengklaim bahwa kapal nelayan itu sengaja menabrakkan diri ke kapalnya.

Insiden lainnya adalah saat Cina menempatkan ring minyak di Kepulauan Paracel. Tidak heran pasca tindakannya itu banyak terjadi demonstrasi anti Cina di Vietnam.

Pihak Vietnam sendiri membawa masalah ini ke PBB namun selalu mentah. Karena Cina sendiri mempunyai hak Veto disana. Meski mempunyai persamaan ideologi yakni sama – sama komunis karena masalah Laut Cina Selatan ternyata kedua negara ini pernah bertikai.

Pada bentrokan singkap di Kepulauan Paracel pada tahun 1974 terjadi pertempuran laut. Hasilnya sebanyak 53 tentara Vietnam tewas dan 18 tentara Cina juga tewas. Dalam perebutan Kepulauan Spratly itu sebanyak 70 tentara Vietnam tewas.

4.Konflik Cina dengan Malaysia

https://medanheadlines.com/2017/11/14/terbukti-lakukan-monopoli-harga-gas-industri-kppu-denda-pgn-rp-99-miliar/

Konflik ini masih sama yakni pengakuan kepemilikan Laut Cina Selatan. Berawal saat kapal Petronas milik Malaysia melakukan kegiatan pengeboran dan eksplorasi di perairan dekat Malaysia.

Ternyata kapal itu dibuntuti berhari – hari oleh kapal perang Cina. Hal itu memicu tiga kapal perang Amerika Serikat bergabung dengan kapal perang Australia untuk menghadapi kapal perang Cina tersebut.

Pihak Malaysia sendiri menanggapi langkah agresif Cina dengan jalur damai. Hal itu diungkapkan oleh Menteri Luar Negeri Malaysia, Hishammuddin Hussein.

“Yakni segala konflik di Laut Cina Selatan akan diselesaikan dengan penuh perdamaian semata”.

5.Konflik Cina dengan Tibet

www.youtube.com

Sebelumnya Tibet adalah kerajaan merdeka yang dipimpin seorang kepala agama bergelar Dalai Lama. Kerajaan ini menganut Agama Budha dengan ibu kota yakni di Kota Lhasa.

Namun pasca Cina merdeka dari Jepang pasca Perang Dunia II. Secara agresif Cina menginvansi secara militer wilayah Tibet ini pada tahun 1951. Hal ini membuat Dalai Lama melarikan diri ke India pada tahun 1959 dan mendirikan negara darurat di India.

Menghadapi invansi Cina ini para kombata Tibet melakukan perlawanan gerilya. Awalnya mereka dibantu Amerika Serikat lewat CIA. Mereka dibantu dengan bantuan persenjataan dan pelatihan seni gerilya. Namun setelah Presiden AS, Richard Nixon berkunjung ke Cina bantuan itu dihentikan.

Akibatnya perlawanan gerilyawan Tibet ini melemah dan secara efektif tahun 1970 berhasil dipadamkan.

Apalagi secara secara resmi pemimpin Tibet selanjutnya yang bernama Panchen Lama menyatakan bergabung dengan Cina. Kemudian Tibet dijadikan provinsi dengan otonomi khusus di Cina.

Sedangkan bekas Istana Potala milik Kerajaan Tibet dijadikan museum oleh pemerintah Cina.

Berita Terkait

Metha Penjual Rumah yang Siap Dinikahi Pembelinya Bila Jodoh

Metha Kanzul (30) tengah viral karena dia menjual rumahnya yang berada di daerah Mesu, Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung. Sekaligus siap dinikahi pembelinya. Wanita...

Video Anji dan Hadi Pranoto Tentang Covid-19 yang Menghebohkan

Warnabiru.com - Channel Youtube Dunia Manji tengah menjadi perbincangan. Pasalnya chanel Youtube milik Anji seorang musisi ini menampilkan obrolan Anji dengan Hadi Pranoto seorang yang...

Pelaku Order Fiktif Paket Parabola dan Pisang Satu Truk di Kendal Ditangkap

Warnabiru.com - Polisi berhasil menangkap pelaku order fiktif kepada korban yang bernama Titik (20). Perempuan asal Desa Jungsemi, Kecamatan Kangkung, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, itu...

Setelah 12 Tahun Akhirnya Kedok TNI Gadungan Terbongkar di Medan

Warnabiru.com - Aksi TNI gadungan berinisial M (50) asal Kelurahan Kwala Bekala, Kecamatan Medan Johor, Kota Medan, Sumatera Utara, akhirnya terhenti. Setelah seorang petugas Babinsa...

APA PENDAPAT ANDA

Silahkan masukan komentar
Masukan nama Anda disini

Berita Terbaru

Terkait Pelaporannya Hadi Pranoto Siap Gugat Balik Muannas Alaidi Sebesar 10 Miliar Dollar AS

Warnabiru.com - Ketua Umum Cyber Indonesia, Muannas Alaidi melaporkan Anji dan Hadi Pranoto atas dugaan penyebaran berita bohong pasca...

Soal Penangkapan Pelaku Fetish Kain Jarik

Warnabiru.com - Pelaku fetish kain jarik secara resmi ditangkap pihak kepolisian. GAN ditangkap di rumahnya yang terletak di Kelurahan Selat Dalam, Kecamatan Selat, Kabupaten...

Pelaku Perusakan Mobil BNN Saat Penangkapan Bandar Narkoba Ditetapkan Sebagai Tersangka

Warnabiru.com - Polresta Deliserdang secara resmi menetapkan tersangka perusakan mobil BNN Kabupaten Deliserdang yang berusaha menangkap bandar narkoba di Dusun III Rugemuk, Kecamatan Pantai...

Pemerintah Akan Salurkan Bantuan Karyawan Rp 600.000 Perbulan, Penerima Harus Terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan

Warnabiru.com - Lewat Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Tohir, menyatakan pemerintah akan memberi bantuan karyawan swasta yang bergaji dibawah...

Dituduh Pelakor dan Hampir Ditelanjangi, Seorang Wanita Lapor Polisi

Warnabiru.com - Beberapa waktu lalu viral video seorang oknum anggota DPRD Morowali Utara, Sulawesi Tengah digerebek istri sahnya saat berduaan dengan wanita lain dalam...

Berita Pilihan

Metha Penjual Rumah yang Siap Dinikahi Pembelinya Bila Jodoh

Metha Kanzul (30) tengah viral karena dia menjual rumahnya yang berada di daerah Mesu, Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung. Sekaligus siap dinikahi pembelinya. Wanita...

Video Anji dan Hadi Pranoto Tentang Covid-19 yang Menghebohkan

Warnabiru.com - Channel Youtube Dunia Manji tengah menjadi perbincangan. Pasalnya chanel Youtube milik Anji seorang musisi ini menampilkan obrolan Anji dengan Hadi Pranoto seorang yang...

Pelaku Order Fiktif Paket Parabola dan Pisang Satu Truk di Kendal Ditangkap

Warnabiru.com - Polisi berhasil menangkap pelaku order fiktif kepada korban yang bernama Titik (20). Perempuan asal Desa Jungsemi, Kecamatan Kangkung, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, itu...

Setelah 12 Tahun Akhirnya Kedok TNI Gadungan Terbongkar di Medan

Warnabiru.com - Aksi TNI gadungan berinisial M (50) asal Kelurahan Kwala Bekala, Kecamatan Medan Johor, Kota Medan, Sumatera Utara, akhirnya terhenti. Setelah seorang petugas Babinsa...