Ramalan Covid-19 Oleh Peneliti Singapura, Awal 2021 Adalah Akhir Dari Wabah

0
Ramalan Covid-19 Oleh Peneliti Singapura, Awal 2021 Adalah Akhir Dari Wabah

Warnabiru.com – Universitas Tekhnologi dan Design Singapura menggelar sebuah proyek penelitian. Para ahli menggunakan estimasi basis data untuk membuat model yang menunjukkan siklus hidup COVID-19 di negara-negara tertentu.

Penelitian ini bertujuan untuk memprediksi akhir dari wabah virus corona, baik di negara tertentu maupun secara global. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model SIR (susceptible-infected-recovered), yang menggambarkan penyebaran penyakit menular dan data kasus COVID-19 pada 7 mei.

Penelitian model SIR ini menggunakan tiga persamaan diferensial guna menggambarkan aliran dinamis orang diantara tiga kategori. “S” untuk jumlah orang yang rentan pada infeksi, “I” untuk jumlah orang yang menular, dan “R” untuk jumlah orang yang dipindahkan (bisa sembuh atau meninggal) dalam populasi.

Model SIR menggabungkan dua parameter utama, beta dan gamma. Gamma adalah jumlah hari seseorang menular dan merupakan properti virus. Sementara itu, Beta adalah jumlah rata-rata orang yang telah terinfeksi karena telah terjadi kontak secara langsung dengan seseorang yang terinfeksi dan terkait tidak hanya dengan pola interaksi orang dalam suatu masyarakat, yang dapat dipengaruhi oleh jarak sosial, tapi juga sifat proses dari infeksi virus.

BACA JUGA: Nasihat Resmi Belanda : Sebaiknya Pria dan Wanita Lajang Cari “Teman Khusus” Selama Lockdown

Penelitian ini menunjukkan kurva dan membentuk pola seperti lonceng, dimana ujung paling kiri dari kurva menunjukkan dari munculnya kasus pertama yang dikonfirmasi.

Sementara itu, ujung paling kanan dari kurva menunjukkan keterangan mengenai kasus infeksi terakhir yang diprediksi.

Titik puncak dalam kurva bentuk lonceng menunjukkan keterangan mengenai jumlah kasus tertinggi, yang diambil setelah data infeksi menunjukkan adanya perlambatan.

Penelitiam model SIR ini memprediksikan jika akhir dari wabah didunia berada di 5 januari 2021. Para peneliti juga meramalkan akhir dari pandemi COVID-19 di sejumlah negara.

BACA JUGA: Wuhan Khawatir Akan Munculnya Kembali Kasus COVID-19, Saat Adakan Tes yang Memicu Kerumunan

Menurut penelitian, akhir dari wabah virus corona wilayah Turki adalah 11 september, 30 september untuk negara Inggris, 25 Agustus untuk Prancis, 20 agustus untuk negara Jerman, 15 agustus untuk Spanyol, 23 oktober untuk Italia, dan 20 oktober untuk negeri paman sam, Amerika Serikat.

Para peneliti menegaskan, bahwa prediksi yang dihasilkan tidaklah menjadi satu kepastian. Ramalan dapat berubah tergantung pada perkembangan yang terjadi diseluruh dunia. Seperti kebijakan dari pemerintah atas penanganan dalam masa wabah, protokol kesehatan, hingga perilaku dari manusia.

 

APA PENDAPAT ANDA

Silahkan masukan komentar
Masukan nama Anda disini