Baru Tahu Ada Marketplace di Facebook? Begini Cara Memanfaatkannya!

0

Tak hanya untuk update status, kini Facebook juga bisa dijadikan lahan bisnis. Caranya, dengan memanfaatkan marketplace di Facebook!

Sebagai salah satu media sosial terbaik sepanjang masa, Facebook senantiasa menawarkan fitur-fitur baru yang relevan dengan kebutuhan para penggunanya. Yang terbaru, di tahun 2016 media sosial ini meluncurkan fitur jual-beli yang diberi nama Marketplace. Sebuah fitur yang semakin meneguhkan fungsi Facebook tak hanya sebagai alat komunikasi dan informasi, tetapi juga menjadi platform jual beli online.

Sebenarnya, fitur ini merupakan perkembangan dari fitur serupa di tahun 2007. Hanya saja, waktu itu fokus pengguna masih terpusat pada jejaring sosial dan komunikasi, belum merambah pada dunia bisnis. Hingga akhirnya, fitur tersebut resmi ditutup di tahun 2014 dengan alasan sepi peminat. Baru ketika geliat jual beli online semakin besar, media sosial besutan Mark Zuckerberg ini kembali menelurkan fitur jual beli yang diberi nama ‘Local Market‘. Dari sinilah, kemudian berkembang hingga resmi diluncurkan kembali di tahun 2016.

Bagi Anda yang penasaran, simak penjelasan berikut agar nantinya bisa memanfaatkan marketplace di Facebook dengan baik dan optimal.

Fitur Utama Marketplace Facebook

Disadari atau tidak, kehadiran fitur terbaru ini memang sangat membantu para pengguna untuk melakukan transaksi jual beli. Anda tidak perlu lagi menginstal aplikasi lain atau membuat akun baru yang nantinya digunakan sebagai akun bisnis. Apalagi, fitur ini juga dapat dengan mudah diakses, baik melalui aplikasi di smartphone, tablet, ataupun melalui desktop. Berikut beberapa fitur utama dari marketplace ini.

1. Fitur Pencarian Barang

Bisa dibilang, fitur pencarian adalah hal wajib yang pasti ada di semua marketplace. Fitur inilah yang akan memudahkan para pengguna untuk mencari sesuatu sekaligus memfilter barang yang hendak dibeli.

Pada marketplace ini, fitur pencarian dikembangkan dengan teknologi “Text Analysis AI” yang kemudian disinkronkan dengan Facebook Page. Alhasil, ketika Anda mencari sesuatu, akan muncul serangkaian daftar relevansi produk yang kemungkinan disukai. Tak hanya itu, terdapat pula beberapa pilihan instant text yang bisa Anda gunakan untuk membuka percakapan. Salah satu di antaranya seperti, “Apakah barang tersebut masih tersedia?”, dan masih banyak lagi.

2. Fitur Penjualan Barang

Berbeda dengan marketplace lain, di sini Anda bisa memanfaatkan fitur penjualan semudah update status. Jika umumnya di Facebook akan ada pertanyaan ‘Apa yang Anda pikirkan?’ atau “What’s on your mind?”, di marketplace Anda akan menemukan “What are you selling?”.

Kemudian, Anda cukup mengunggah foto produk disertai nama, deskripsi, dan harga. Akan lebih baik jika foto yang diunggah lebih dari satu sudut pandang agar calon pembeli bisa melihat secara lebih detail. Usahakan pula, foto tersebut adalah foto asli tanpa editan berlebih.

Jangan lupa untuk mencantumkan kategori yang sesuai agar nantinya bisa muncul di menu pencarian. Sertakan pula lokasi, karena marketplace ini juga dilengkapi dengan fitur pencarian sekitar. Terakhir, Anda juga bisa membagikan postingan ini ke grup yang diikuti, dengan syarat grup tersebut mengizinkan adanya transaksi jual beli.

Jika ada pengguna lain yang tertarik pada produk Anda, mereka akan mengirimkan pesan yang riwayatnya bisa dilihat di menu ‘My Product’. Menu ini terbilang sangat kompleks, karena semua aktivitas jual beli di marketplace bisa dilihat di sini. Mulai dari barang atau produk yang disimpan, dijual, hingga semua pesan dan riwayat transaksi.

3. Fitur Pencarian Sekitar

Salah satu cara memanfaatkan marketplace di Facebook adalah dengan menggunakan fitur ini. Sebuah fitur pencarian yang tidak hanya bisa menyaring berdasarkan kategori, tapi juga dari harga dan lokasi.

Untuk lokasi, terdapat fitur pencarian sekitar yang bisa digunakan agar item-item yang muncul berada di lokasi terdekat. Caranya, Anda bisa menggunakan tools lokasi (location) dan sesuaikan dengan daerah tempat tinggal. Atau, bisa juga Anda beralih ke kota lain sesuai dengan keinginan.

Yang jelas, semakin dekat jarak antara penjual dan pembeli akan semakin baik. Selain bisa lebih hemat di ongkos kirim (ongkir), Anda juga berkesempatan untuk transaksi langsung atau tatap muda (COD) dengan penjual. Dalam hal ini, jangan lupa untuk menentukan rentang jarak lokasi yang diinginkan.

Ketika sudah menemukan produk yang ingin dibeli, klik pada gambar untuk bisa melihat deskripsi secara detail. Deskripsi ini meliputi nama produk, harga yang ditawarkan, deskripsi atau penjelasan terkait produk, serta lokasi. Jika Anda masih belum bisa menentukan akan dibeli atau tidak, gambar tersebut bisa disimpan terlebih dulu.

Hal lain yang juga penting untuk dipahami, marketplace di Facebook ini tidak menyediakan fitur pembayaran. Jadi, berbeda dengan beberapa marketplace lain yang bisa melakukan transaksi secara langsung, di sini Anda hanya bisa tawar-menawar dan buat kesepakatan terkait cara membayar. Karenanya, dibutuhkan kehati-hatian dalam memilih penjual dan usahakan pilihlah yang sekiranya memungkinkan untuk transaksi tatap muka.

Demikian informasi WarnaBiru tentang cara memanfaatkan marketplace di Facebook. Semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan