Cara Menggunakan Fitur Paylater Gojek

0

Warnabiru.com – Fitur paylater sekarang ini sudah bisa Anda temukan di berbagai macam situs e-commerce, tak terkecuali situs e-commerce Gojek yang sudah memberikan akses paylater bagi customernya. Lantas bagaimana cara daftar menggunakan fitur paylater Gojek ini?

Bagi Anda pengguna setia Gojek dan yang ingin daftar untuk menikmati fitur paylater Gojek, disini kami akan berikan ulasan informasi selengkapnya yang Anda harus tahu dan pahami. Informasi selengkapnya bisa Anda segera simak dan cek dalam ulasan berikut ini!

Cara Daftar Menggunakan Fitur Paylater Gojek

Gojek bekerjasama dengan Findaya untuk menyediakan fitur paylater yang bisa dinikmati oleh customer gojek yang memenuhi syarat. Mengenai legalitasnya tak perlu Anda pusingkan lagi. Legalitas dari Gojek Paylater bisa dipertanggungjawabkan dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Melalui Gojek Paylater Anda bisa mengakses semua layanan gojek sekarang juga dengan sistem pembayaran dilakukan belakangan. Hal ini tentu menjadi suatu jawaban bagi Anda yang suka berbelanja namun masih memiliki budget yang kurang sehingga walaupun budget Anda tidak mencukupi, Anda tetap bisa mendapatkan barang yang Anda inginkan saat itu juga.

Untuk bisa menggunakan Gojek Paylater, ada beberapa ketentuan yang Anda harus lakukan diantaranya :

  • Warga Negara Indonesia dan sudah memiliki KTP
  • Berusia minimal 21 tahun

Bagaimana ketentuan persyaratannya? Sangat mudah bukan?

Oh ya, untuk membuktikan bahwa Anda merupakan Warga Negara Indonesia yang memang berusia 21 tahun, Anda bisa melakukan upgrade akun Go-Pay. Caranya yang bisa Anda lakukan pun sangat mudah. Anda cukup perlu mengambil foto kartu identitas (KTP) asli dan foto selfie Anda bersama kartu identitas (KTP) Anda.

Jika Anda sudah merasa memenuhi syarat dan ketentuannya akan tetapi Anda masih belum bisa menggunakan akses Gojek Paylater, maka Anda harus bersabar. Gojek Paylater memang agak sulit didapatkan karena Gojek hanya memberikan aksesnya kepada pelanggan Gojek yang paling setia. Jadi lama akun dan juga banyaknya transaksi yang Anda lakukan di Gojek sangat menentukan diberikan atau tidaknya akses Gojek Paylater kepada Anda.

Sementara jika memang Anda sudah di berikan izin untuk menggunakan program Gojek Paylater, cara mengakses program Gojek Paylater ini sangat mudah. Yang paling penting Anda sudah melakukan upgrade atas aplikasi Gojek versi terbaru Anda.

Untuk Anda yang ingin menggunakan GoPay dan ingin mengakses program Gojek Paylater untuk GoPay, langkah – langkahnya sebagai berikut :

  • Langsung saja mengakses GoPay dan pilih PayLater
  • Setelah itu klik aktifkan Paylater untuk mulai menggunakan metode pembayaran PayLater
  • Nantinya Anda akan segera melihat halaman utama Paylater dimana pada halaman ini Anda akan menemukan berbagai macam informasi tentang paylater setelah aktivasi dilakukan.

Sementara jika Anda ingin memanfaatkan GoFood dan ingin mengakses program Gojek Paylater untuk GoFood, langkah – langkahnya seperti berikut ini :

  • Pertama – tama yang Anda harus lakukan adalah menyelesaikan order GoFood lebih dulu
  • Di halaman checkout, Anda akan menemukan notifikasi tombol opsi pembayaran
  • Klik Paylater dan kemudian Anda akan melihat halaman perkenalan PayLater
  • Jika Anda pilih “Yes”, maka pesanan akan langsung bisa diproses secara otomatis dan opsi pembayaran secara default akan berubah ke PayLater. Sementara jika Anda pilih “No” maka pesanan akan segera diproses dengan pembayaran cash atau gopay. Jadi jika Anda ingin menggunakan paylater bisa pilih Yes.

Gojek Paylater juga bisa Anda gunakan untuk melakukan pembelian di beberapa merchant online atau offline. Adapun cara penggunaan Gojek Paylter untuk melakukan pembelian di beberapa merchant Gojek secara online atau offline sebagai berikut :

  • Pertama – tama klik bayar di menu GoPay
  • Selanjutnya Scan QR code yang telah disediakan oleh merchant
  • Isi nominal yang sesuai kemudian klik konfirmasi
  • Klik tombol pembayaran
  • Klik PayLater
  • Klik pesan sekarang
  • Transaksi Anda akan segera diproses dengan metode pembayaran PayLater.

Paylater dari Gojek juga dapat diakses melalui aplikasi partner. Langkah – langkahnya untuk mengakses Gojek melalui aplikasi partner sebagai berikut :

  • Pertama – tama Anda akan segera diarahkan ke aplikasi Gojek di HP Anda
  • Kemudian pilih metode pembayaran dan pilih PayLater
  • Setelahnya coba periksa kembali detail pembayaran Anda di aplikasi Gojek dan tekan Bayar
  • Nah, transaksi Anda selesai dilakukan

Setelah Anda mendapatkan produk yang Anda inginkan dengan metode pembayaran PayLater, jika sudah tiba waktu pembayaran maka Anda harus segera membayarnya. Nantinya pada halaman beranda PayLater, Anda bisa melihat segala macam informasi mengenai fitur PayLater seperti halnya saldo, riwayat order, dan tentu saja jumlah tagihannya.

Setelah pembelian barang, tagihan PayLater akan jatuh tempo pada pukul 23.59.59 WIB atau tengah malam di hari terakhir setiap bulannya. Sebagai contoh, total pemakaian Anda di bulan Februari akan jatuh tempo pada tanggal 31 Maret 23.59.59.

Jika Anda sudah mendapatkan informasi tagihan seperti itu, maka Anda harus segera membayar sejumlah tagihan yang dibebankan kepada Anda. Lantas, bagaimana cara membayar tagihannya?

Mengenai tata cara membayar tagihan Paylater setelah jatuh tempo sebagai berikut :

  • Langsung Anda ke bagian GoPay dan pilih PayLater
  • Pada halaman beranda PayLater, Anda bisa cek apakah Anda sudah punya tagihan yang harus dibayar atau belum.
  • Kemudian klik Bayar Tagihan di halaman transaksi

Jika Anda sudah mendapatkan informasi tagihan yang harus dibayarkan kemudian Anda terlambat untuk membayar tagihannya, maka PayLater akan memberikan peringatan kepada Anda setiap harinya sampai tagihan Anda benar – benar dibayar lunas.

Anda diberi jangka waktu pelunasan selama 5 hari setelah tanggal jatuh tempo untuk membayar semua tagihan yang dibebankan sebelum pada akhirnya Anda akan dikenakan penalty berupa denda harian. Kemudian jika Anda masih juga belum melakukan pembayaran pada tanggal 5 pukul 23:59:59 pada bulan berikutnya, maka bagi Anda akan diberlakukan denda harian sebesar Rp 2.000,00 dimulai di tanggal 6 bulan tersebut.

Mengenai program Paylater sendiri, sebenarnya tidak hanya Gojek yang menjadi salah satu layanan yang menyediakan program yang sangat diminati kaum milenial tersebut. Melainkan ada beberapa e-commerce atau aplikasi lain yang saat ini juga sudah memberikan program PayLater.

Beberapa e-commerce atau aplikasi lain yang sudah menghadirkan program PayLater saat ini diantaranya :

TravelokaFitur Paylater Gojek

E-commerce yang pertama ini merupakan sebuah situs booking online pertama yang mengenalkan sistem PayLater di Indonesia. Bahkan fitur PayLater Traveloka jauh lebih dulu hadir dibandingkan Gojek yang mengenalkan program tersebut.

Melalui adanya fitur PayLater tersebut, customer setia Traveloka bisa membeli tiket pesawat, tiket bus dan shuttle, reservasi hotel, tiket kereta api sampai dengan karcis apapun dengan cara mencicil. Anda pun dapat membayar makanan di restoran online tanpa perlu menggunakan kartu kredit.

Lalu bagaimana cara menggunakan Traveloka PayLater? Ada beberapa langkah yang Anda harus pahami untuk menggunakan Traveloka PayLater, meliputi :

  • Pertama – tama buka traveloka App, kemudian ketuk TravelokaPay dan pilih PayLater
  • Setelah itu lengkapi informasi yang dibutuhkan dengan mengisi data – data pribadi Anda, keluarga dan pekerjaan Anda.
  • Siapkan KTP dan satu dokumen penting lain seperti SIM, NPWP atau KK atau kartu BPJS pun bisa.
  • Setelah semuanya selesai, tunggu proses verifikasi berlangsung. Proses verifikasi ini akan memakan waktu maksimal 1 jam kerja. Pastikan bahwa Anda dan kontak keluarga yang dapat dihubungi terhubung dan siap menerima informasi dari pihak Traveloka dalam rentang waktu verifikasi tersebut.
  • Kalau sudah disetujui, aktifkan akun dan mulai gunakan PayLater untuk melakukan pemesanan.

Anda bisa membeli apapun dengan menggunakan fitur PayLater Gojek ini. Semuanya akan jadi lebih mudah setelah di ACC.

OVO PayLaterFitur Paylater Gojek

Prinsip bisnis OVO PayLater sama dengan PayLater pada umumnya yang merupakan sebuah aplikasi keuangan berbasis digital yang melayani penggunanya untuk membeli barang kebutuhan lebih dulu dan kemudian dibayar.

Namun khusus OVO PayLater hanya bisa digunakan di satu e-commerce saja yaitu Tokopedia. Hal ini karena memang OVO PayLater merupakan program kerjasama yang disediakan sebagai pencanangan program pembelian mudah untuk customer dari Tokopedia.

Namun untuk pembayaran cicilannya bisa dilakukan di indomaret, melalui virtual account Mobile Banking dan Internet Banking serta ATM terdekat. Anda bisa melakukan pembayaran dimanapun Anda bisa.

Hanya saja OVO PayLater masih belum bisa diakses untuk semua masyarakat Indonesia. OVO PayLater hanya baru bisa diakses untuk pengguna setia OVO di daerah Bogor, Depok, Jakarta, Bandung, Bekasi, Tangerang dan Surabaya dengan akun berumur minimal 6 bulan.

Mengenai bagaimana cara menggunakan OVO PayLater, langkah – langkahnya sebagai berikut :

  • Pertama – tama buka aplikasi Tokopedia
  • Selanjutnya login ke akun Tokopedia. Nah jika Anda masih belum punya akun, Anda bisa langsung daftar akun Tokopedia
  • Selanjutnya klik menu akun di Pojok bawah
  • Setelah itu klik aktifkan sekarang
  • Setelah Anda klik tombol aktifkan sekarang, tunggu beberapa saat akan ada kode verifikasi ke nomor OVO dan masukkan langsung kode verifikasinya
  • Setelah itu upload KTP dengan memegang KTP secara jelas dan pastikan hasilnya tidak dalam kondisi buram
  • Isi identitas sesuai yang dibutuhkan
  • Setelah itu baca baik – baik syarat dan ketentuan yang berlaku
  • Proses persetujuan aktivasi kurang lebih butuh waktu sekitar 1 jam
  • Silahkan Anda cek kembali melalui aplikasi Tokopedia jika berhasil tombol atau link “aktifkan sekarang!” sudah tidak akan Anda temukan lagi.
  • Jika Anda sudah tidak menemukan tombol tersebut, coba berbelanja dan pilih metode pembayaran dengan menggunakan OVO PayLater.
  • Selamat berbelanja sekarang, bayar kemudian!

Dalam program OVO PayLater, Anda bisa melakukan pengecekan tagihan setiap tanggal 27 di email atau melalui aplikasi OVO PayLater. Untuk pembayaran tagihannya bisa langsung dilunasi atau membayar 50% lebih dulu sebelum jatuh tempo di tanggal 1 awal bulannya.

KredivoFitur Paylater Gojek

Selanjutnya ada Kredivo yang merupakan kartu kredit digital yang bisa Anda download di smartphone Anda. Kredivo akan memberikan kemudahan untuk membeli sekarang dan bayar belakangan dalam tempo 30 hari tanpa bunga atau dengan cicilan yang tenornya sampai 12 bulan.

Saat ini Kredivo menjadi sebuah startup yang mempopulerkan layanan PayLater. Jika kita bandingkan fasilitas cicilan tanpa kartu kredit yang lainnya, Kredivo dinilai lebih unggul karena Kredivo memiliki tingkat bunga yang bisa dihitung ringan, bebas biaya pendaftaran dan bebas biaya tahunan.

Dalam proses pengajuan kredit di Kredivo, ada beberapa persyaratan yang Anda harus penuhi diantaranya meliputi :

  • Warga Negara Indonesia
  • Usia berada di rentang 18 sampai dengan 60 tahun
  • Berdomisili di Jabodetabek, Surabaya, Semarang, Bandung, Medan, Palembang, Yogyakarta, Bali, Makassar, Solo, Sukabumi, Cirebon dan kota Malang.
  • Memiliki penghasilan minimal 3 juta rupiah per bulan

Cicil

Sampai saat ini tidak sedikit mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam membeli laptop atau barang lain yang mendukung kegiatan kuliahnya. Sayangnya, berbagai macam fasilitas kredit mensyaratkan adanya penghasilan minimum, informasi pekerjaan dan beberapa syarat lainnya dimana mayoritas mahasiswa sebenarnya masih belum punya pekerjaan tetap.

Karena itulah kemudian Cicil hadir untuk memberikan layanan kredit khusus untuk mahasiswa yang ada di Indonesia. Dalam melakukan analisa atas kelayakan pemberian kredit, Cicil menggunakan berbagai macam data seperti halnya profil akademis, IPK atau nilai mahasiswa.

Jika data tersebut sinkron dengan yang dibutuhkan dan memang Cicil menganggap Anda layak mendapatkan fasilitas pendanaan, maka Cicil akan memberikan pemberian kredit untuk Anda. Dalam menggunakan fasilitas Cicil, Anda hanya perlu memilih produk yang Anda inginkan dari situs e-commerce manapun kemudian copy paste URL produk yang Anda pilih.

Selanjutnya Anda tinggal pilih skema pembayaran DP dan cicilan mulai dari 1 sampai 24 bulan. Anda bisa pilih tenor cicilannya sesuai dengan jangka waktu yang Anda inginkan. Nah, Cicil tidak menggunakan sistem bunga.

Melainkan Cicil menggunakan sistem perhitungan biaya margin penjualan atas harga barang yang dibeli. Margin dan harga barang kemudian dibayarkan melalui skema cicilan flat per bulan sesuai dengan jangka waktu yang dipilih.

Mengenai besarnya biaya margin seperti apa hal tersebut akan berbeda – beda, tergantung pada profil debitur, harga barang, uang muka, serta jangka waktu pelunasannya. Untuk mengajukan kredit atau memanfaatkan program PayLater Cicil, Cicil memberikan syarat :

  • WNI
  • Mahasiswa aktif

Jika Anda merasa memenuhi persyaratan tersebut dan sedang butuh laptop untuk kuliah, maka Anda bisa segera melakukan pengajuan pendanaan di Cicil.

KreditmuFitur Paylater Gojek

Kreditmu merupakan suatu metode pembayaran cicilan tanpa kartu kredit dari Kreditplus. Melalui Kreditmu, Anda bisa berbelanja online dengan cara mencicil barang dalam kurun waktu 3 sampai dengan 12 bulan.

Asyiknya lagi, penggunaan Kreditmu tidak dikenakan biaya administrasi apapun. Jadi Anda tak perlu membayar uang muka dan bisa melakukan pembayaran pertama satu bulan setelah transaksi dilakukan.

Untuk bisa menggunakan Kreditmu, Anda cukup daftarkan diri melalui situs Kreditmu dan lakukan verifikasi data serta tunggu persetujuan limit kredit. Dalam waktu singkat, Anda akan mendapatkan limit kredit yang bisa digunakan untuk berbelanja.

Pembayarannya pun bisa dilakukan dengan sangat mudah melalui Pos Indonesia, Indomaret, Tokopedia, atau transfer ke rekening Mandiri, BNI, BRI dan juga BCA. Mengenai apa saja persyaratan pengajuan kredit di Kreditmu, yang Anda harus penuhi diantaranya :

  • Merupakan seorang WNI dan sudah memiliki KTP
  • Usia berada diatas 24 tahun

Itulah bagaimana cara daftar menggunakan fitur Paylater Gojek dan beberapa aplikasi serta e-commerce lain yang menyediakan fitur Paylater. Semoga informasi yang kami berikan diatas menjadi informasi yang inspiratif dan bermanfaat untuk Anda.

 

APA PENDAPAT ANDA

Silahkan masukan komentar
Masukan nama Anda disini