Fitur Paylater Ovo, Gojek, Traveloka yang Layak Dicoba

0

Warnabiru.com – Model pembelanjaan dengan cicilan online sekarang ini sudah semakin marak di Indonesia. Ada banyak ecommerce dan marketplace online yang sudah menyediakan program pembelanjaan dengan cicilan atau paylater kepada customernya.

Dengan adanya program pembelanjaan semacam ini memang menjadikan kegiatan belanja jauh lebih mudah. Jika Anda ingin mendapatkan kemudahan berbelanja dengan cicilan secara online dan tanpa proses pengajuan yang berbelit – belit, Anda bisa memanfaatkan program paylater tersebut.

Mengenai apa saja e-commerce yang menawarkan program paylater, diantaranya yaitu Tokopedia melalui program Ovo Paylater, Gojek melalui program Gojek Paylater, Traveloka dan masih banyak lagi sebenarnya. Lantas dari beberapa e-commerce yang kami sebutkan dengan program paylater tersebut, apa sajakah fitur yang diberikan pada masing – masing programnya?

Berikut kami berikan ulasan untuk Anda tentang fitur paylater Ovo, Gojek, Traveloka yang layak dicoba. Simak dan cek sebelum memilih Anda akan menjadi mitra yang mana!

Fitur Paylater Ovo, Gojek, dan Traveloka

Beberapa e-commerce terpercaya yang saat ini sudah memberikan layanan kemudahan berbelanja dengan program paylater atau beli sekarang bayar nanti diantaranya seperti Ovo, Gojek, dan Traveloka.

Ketiganya merupakan program paylater yang ditawarkan oleh e-commerce yang berbeda. Karena itu bisa dipastikan prosedur, cara kerja, syarat dan fitur yang ditawarkan juga berbeda – beda.

Fitur Paylater OvoFitur Paylater OVO

Ovo Paylater merupakan fasilitas cicilan tanpa kartu kredit yang hadir dalam bentuk kredit limit yang bisa kita gunakan untuk melakukan berbagai macam transaksi pada situs atau aplikasi Tokopedia dan tempat kerjasama Ovo yang lainnya.

Fitur Ovo Paylater ini bisa diartikan dapat memberi kesempatan bagi pengguna Ovo untuk membeli barang dengan konsep mencicil. Mereka bisa membeli barang apapun yang mereka inginkan sekarang juga dan pembayarannya bisa dilakukan nanti ketika jatuh tempo sesuai dengan tenornya.

Ovo Paylater hadir dengan beberapa pilihan tenor yang bisa dipilih, diantaranya :

  • Tenor 3 bulan
  • Tenor 6 bulan
  • Tenor 12 bulan

Bagi Anda yang ingin menikmati program Paylater dari Ovo, ada beberapa kriteria yang Anda harus penuhi sehingga tidak semua orang bisa menikmati program Paylater dari Ovo. Beberapa kriteria yang harus dipenuhi bagi customer Tokopedia yang dapat menikmati program pembiayaan cicilan Ovo diantaranya yaitu memiliki akun minimal berusia 6 bulan dan berada di wilayah sekitar Bogor, Depok, Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bandung serta Surabaya. Bagi Anda yang tidak berdomisili di wilayah – wilayah yang telah disebutkan tersebut, maka Anda masih belum bisa menikmati program Ovo Paylater dari Tokopedia.

Ovo sendiri merupakan program yang bisa diupgrade menjadi Ovo Premier. Apa itu Ovo Premier?

Ovo Premier merupakan fasilitas upgrade yang membuat konsumen bisa menikmati gratis transfer ke semua bank dan gratis transfer antar pengguna dengan limit saldo OVO Cash sampai dengan 10 juta rupiah.

Anda yang bisa lebih mudah menikmati program Ovo Paylater adalah Anda yang merupakan pengguna Ovo Premier. Untuk melakukan upgrade ke Ovo Premier, ada beberapa langkah yang Anda harus lakukan. Langkah – langkahnya sebagai berikut :

  • Pertama – tama foto KTP Anda dan unggah
  • Konfirmasi data KTP yang Anda unggah
  • Ambil foto selfie dengan menggunakan kamera ponsel sembari Anda menggenggam KTP
  • Setelah dokumen KTP dan foto selfie Anda terupload, Anda klik tombol proses supaya proses upgrade Ovo Premier berlanjut ke tahap selanjutnya.
  • Setelah upgrade ke Premier selesai, kemudian Anda bisa lanjutkan untuk melakukan pengajuan aplikasi Ovo Paylater dengan melakukan pengisian berbagai macam data pribadi serta menuliskan alamat sesuai KTP Anda.
  • Nantinya data pribadi yang diminta untuk diisi cukup umum diantaranya yaitu nama, alamat, data pekerjaan dan kontak yang bisa dihubungi serta juga alamat tempat tinggalnya.
  • Kalau pengisian data sudah Anda lakukan dan selesai, selanjutnya Anda tinggal menunggu keputusan pengajuan.
  • Jika pengajuan Anda disetujui, maka Anda bisa melakukan pembelian dengan program paylater di Tokopedia dan beberapa merchant yang bekerjasama dengan Tokopedia.

Melalui Ovo Paylater, Anda akan temukan banyak kemudahan dalam kegiatan belanja Anda dengan fitur berikut ini :

  • Beli kapan saja dan bayar di akhir bulan. Dengan fitur ini Anda bisa belanja atau beli pulsa sekarang juga di waktu Anda butuh dan dibayarkan nanti di akhir bulan ketika Anda sudah gajian atau punya cukup dana.
  • Lebih mudah untuk cek pemakaian karena semua riwayat transaksi yang dilakukan bisa dilihat pada halaman Ovo Paylater.
  • Pembayaran Ovo Paylater sangat mudah. Anda bisa bayar tagihan melalui mesin ATM, virtual account, Indomaret atau metode lain yang tersedia.

Mengenai limit belanja yang diberikan oleh Ovo Paylater sendiri bisa digunakan untuk melakukan semua transaksi di Tokopedia, kecuali beberapa produk seperti pembelian reksadana dan emas, angsuran kredit, tagihan kartu kredit, gift card, e-money, donasi dan kegiatan zakat.

Bersama dengan Ovo Paylater, tentu saja Anda akan meraih berbagai macam keuntungan. Keuntungan menggunakan Ovo Paylater meliputi :

  • Bisa belanja apapun yang disuka tanpa perlu pusing memikirkan pembayarannya saat itu juga
  • Ovo Paylater bisa dijadikan program pembelanjaan di berbagai merchant. Ada banyak merchant yang sudah menjadi mitra Ovo
  • Tetap mendapatkan cashback
  • Limit kredit sangat besar bahkan sampai dengan 10 juta rupiah

Jika Anda sudah mendapatkan barang yang Anda inginkan dan tiba di akhir bulan, maka Anda harus melakukan pembayaran tagihan atas pembelian barang yang barangnya sudah Anda dapatkan. Anda akan mendapatkan tagihan Ovo Paylater pada tanggal 27 setiap bulannya yang Anda harus bayarkan paling lambat di tanggal 1 pada bulan berikutnya.

Pembayarannya pun bisa dilakukan dengan menggunakan seluruh metode pembayaran yang terdapat pada aplikasi atau situs resminya. Kecuali dengan metode pembayaran berbasis kredit seperti Kredivo, Kartu Kredit atau yang lainnya.

Untuk membayar tagihan Ovo Paylater, customer bisa menggunakan salah satu dari dua pilihan berikut ini, diantaranya :

  • Pembayaran penuh dengan membayar seluruh jumlah tagihan yang tertera di halaman tagihan
  • Pembayaran sebagian dengan minimum sebesar 50% dari jumlah tagihan yang tertera di bagian halaman tagihan

Namun jika kemudian kasusnya customer mengalami masalah financial pada batas pembayaran tagihan dan membayar kurangnya tagihan atau bahkan menunggak, apa konsekuensi yang akan didapatkan?

Jika customer membayar nominal tagihan kurang atau bahkan menunggak, Ovo Paylater akan mengenakan revolving interest mencapai 0,1% per hari dari tagihan tertunggak yang tidak dibayarkan secara penuh sampai dengan batas waktu pembayaran yang telah ditentukan. Semua itu menjadi solusi yang diberikan oleh Ovo Paylater sebagai denda atau penalty bagi customer yang melanggar kesepakatan atau mengalami cedera kesepakatan.

Jadi bagi Anda yang menggunakan fitur paylater Ovo, baiknya Anda tidak pernah melakukan cedera kesepakatan atau melanggar kesepakatan. Pastikan bahwa Anda benar – benar berusaha untuk melakukan manajemen kesepakatan tepat waktu agar ke depannya bisa mendapatkan kesempatan yang sama jika memerlukan sesuatu dengan pembayaran paylater lagi.

Fitur Paylater GojekFitur Paylater Gojek

Selain Tokopedia yang memiliki program paylater, Gojek pun juga punya program paylater. Gojek paylater merupakan suatu fitur yang terbentuk sebagai hasil kerjasama yang dilakukan oleh Gojek dengan Findaya.

Program ini merupakan sebuah program yang legal karena berada dibawah naungan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi semua yang dilakukan gojek paylater ini dilakukan secara legal.

Cara pakainya juga mudah. Anda bisa memilih paylater sebagai opsi pembayaran Anda di halaman check out Anda untuk mendapatkan barang yang Anda inginkan sekarang dan bisa dibayar kemudian.

Bagi Anda yang ingin mengakses fitur paylater dari Gojek, pastikan Anda sudah menggunakan aplikasi Gojek yang terbaru. Jika Anda masih belum upgrade aplikasi Anda, upgrade aplikasi Anda sekarang juga. Untuk mengakses fitur paylater dari Gojek, langkah – langkahnya sebagai berikut :

  • Pertama – tama klik di bagian GoPay dan pilih PayLater
  • Klik aktifkan PayLater untuk mulai memanfaatkan metode pembayaran yang mudah ini
  • Nantinya Anda akan segera melihat halaman utama Paylater dimana pada halaman tersebut Anda akan menemukan semua informasi tentang paylater setelah dilakukan aktivasi

Fitur Gojek Paylater bisa dilakukan untuk berbagai macam keperluan mulai dari keperluan servis atau pembelanjaan yang lainnya. Nah, untuk pengguna setia gojek servis, jika Anda ingin memanfaatkan fitur paylater yang sangat mudah untuk keperluan servis, langkah – langkahnya sebagai berikut :

  • Selesaikan orderan Anda
  • Setelah menyelesaikan orderan, Anda klik tombol opsi pembayaran yang terdapat di halaman check out
  • Kemudian klik Paylater
  • Klik “cobain paylater” untuk Anda yang baru pertama kali mencoba fitur paylater dari Gojek
  • Kemudian klik pesan dan pemesanan layanan Anda akan segera diproses melalui metode pembayaran paylater.

Sementara bagi Anda yang ingin berbelanja di online dan offline merchants, langkah – langkah yang Anda harus lakukan sebagai berikut ini :

  • Pertama – tama Anda klik bayar di menu GoPay
  • Selanjutnya Anda lakukan scan QR Code yang telah disediakan oleh merchant
  • Isilah nominal yang sesuai, kemudian klik konfirmasi
  • Klik tombol pembayaran
  • Klik paylater
  • Klik pesan sekarang juga dan setelahnya transaksi Anda akan segera diproses dengan paylater

Kini, program paylater sudah bisa digunakan pada semua layanan gojek. Selain itu, seperti berbagai program paylater di e-commerce yang lain, Ovo Paylater juga bisa digunakan untuk melakukan pembelanjaan di mitra Gojek baik secara online atau offline. Sangat menarik bukan?

Tapi tentu, setelah Anda mendapatkan barang yang Anda inginkan kemudian Anda wajib membayar tagihannya tepat waktu. Untuk membayar tagihannya, langkah – langkah yang Anda perlu lakukan sebagai berikut :

  • Pertama – tama datang ke bagian GoPay dan pilih program paylater
  • Pada halaman beranda Paylater, Anda bisa cek apakah Anda memiliki tagihan yang harus dibayar atau tidak.
  • Klik selanjutnya total tagihan di halaman beranda untuk melihat rincian transaksi Anda.
  • Terakhir, klik bayar tagihan di halaman transaksi.

Fitur Paylater TravelokaFitur Paylater Traveloka

Suka banget liburan akan tetapi masih bingung pendanaannya seperti apa karena kantong lagi jebol?

Jangan lagi!

Sekarang, Traveloka sudah punya program paylater lho yang memungkinkan customernya bisa liburan kapan pun dia inginkan dan bayarnya belakangan. Bagaimana? Sangat menarik bukan?

Pecinta traveling wajib coba fitur paylater dari Traveloka ini. Liburan dadakan bebas ribet bisa dilakukan melalui Traveloka. Tentunya Anda akan mendapatkan banyak sekali keuntungan menggunakan traveloka paylater. Beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan diantaranya :

  • Anda bisa membeli berbagai macam produk Traveloka dan Anda bisa mengatur pembayarannya 1 – 12 bulan kemudian.
  • Tenornya lama dan proses pengajuan pembelian tidak berbelit – belit
  • Tanpa banyak syarat. Anda hanya butuh KTP dan satu dokumen pendukung.
  • Limit pinjaman yang sangat besar bahkan up to 50 juta rupiah hanya dalam kurun waktu 1 jam kerja.
  • Tak perlu memiliki kartu kredit untuk mendapatkan pinjaman dengan limit yang besar
  • Tidak membebani biaya tahunan dan uang muka
  • Lihat dan atur transaksi Anda dengan mudah via Traveloka App.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan fitur Paylater Traveloka, Anda bisa segera daftarkan diri Anda dalam program pembiayaan tersebut. Tata caranya sebagai berikut :

  • Pertama – tama Anda buka Traveloka App.
  • Ketuk travelokaPay
  • Pilih PayLater
  • Lengkapi informasi yang dibutuhkan dengan melakukan pengisian data pribadi, keluarga dan pekerjaan
  • Siapkan KTP Anda
  • Siapkan foto diri untuk melakukan verifikasi akun
  • Proses verifikasi akun Anda memerlukan waktu kurang lebih selama 1 jam atau bisa lebih, Pastikan Anda dan kontak keluarga yang terdaftar bisa dihubungi dalam kurun waktu tersebut.
  • Setelah verifikasi dinyatakan berhasil, aktifkan segera akun Anda dan mulai gunakan Paylater untuk melakukan pemesanan di Traveloka

Setelah melalui prosedur diatas, Anda sudah bisa menikmati TravelokaPay. Akan tetapi memang beberapa orang ada yang merasa tidak mulus dalam proses pendaftaran TravelokaPay. Ada sebagian orang yang ditolak untuk mendapatkan akses Traveloka Pay. Lantas, apa saja yang sebenarnya menjadi alasan mengapa sebagian orang ada yang sampai ditolak?

Beberapa alasan mengapa penolakan terjadi diantaranya :

  • Detail informasi yang diajukan tidak sesuai dengan dokumen yang diberikan
  • Tidak berada di rentang usia minimal 21 tahun dan maksimal 70 tahun
  • Dokumen yang diberikan tidak jelas, terdapat kesalahan atau dokumen yang diberikan sudah tidak berlaku
  • Anda telah melakukan pengajuan paylater sebelumnya dan telah mendapat persetujuan
  • Kontak keluarga yang dicantumkan tidak bisa dihubungi, padahal hal tersebut sangat penting dalam proses verifikasi

Traveloka paylater yang merupakan salah satu fitur kemudahan pembayaran dari Traveloka bisa digunakan untuk melakukan pembayaran berbagai macam transaksi. Apa sajakah transaksi yang bisa dibiayai dengan menggunakan TravelokaPay?

Beberapa transaksi yang bisa dibiayai dengan program Traveloka paylater meliputi :

  • Reservasi tiket pesawat dan kamar hotel
  • Tiket kereta api
  • Tiket atraksi dan aktivitas
  • Tiket bus dan shuttle
  • Rental mobil
  • Bioskop
  • Restoran
  • Transportasi bandara
  • Kereta bandara
  • Tagihan listrik, PLN dan BPJS kesehatan

Itulah informasi untuk Anda tentang fitur paylater Ovo, Gojek, Traveloka yang layak dicoba. Anda bisa menggunakan program paylater dari beberapa e-commerce dengan program tersebut dan dapatkan berbagai macam kemudahan.

 

APA PENDAPAT ANDA

Silahkan masukan komentar
Masukan nama Anda disini