Begini Cara Hasilkan Uang dari Survey Online

0

Selain dengan internet marketing, ternyata Anda juga bisa hasilkan uang dari survey online. Begini caranya!

Di era digital seperti saat ini, menghasilkan uang tidak lagi harus terpaku pada pekerjaan atau profesi formal yang sudah ada. Banyak pekerjaan baru bermunculan seiring dengan perkembangan internet dan media sosial. Umumnya, untuk bisa mencari uang di internet, Anda memang harus memiliki kemampuan khusus, daya kreativitas, dan kerja keras.

Namun ternyata, mereka yang tidak memiliki keahlian khusus pun bisa mendapatkan uang dengan hanya mengutarakan pendapat. Tidak percaya? Berikut penjelasannya!

Cara Hasilkan Uang dari Survey Online

Pada dasarnya, survey online ini hadir guna menjembatani kepentingan produsen dan konsumen. Produsen yang dalam hal ini merupakan perusahaan-perusahaan besar ingin mengetahui seperti apa respons masyarakat terhadap produk yang hendak dipasarkan.

Karenanya, mereka membuat pertanyaan semacam jajak pendapat untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan. Tentu, mereka tidak akan segan untuk mengeluarkan biaya demi peningkatan kualitas, termasuk membayar Anda yang telah memberikan informasi dan pendapat.

Umumnya, survei ini berupa pertanyaan pilihan ganda, skala 1 hingga 5, atau bahkan ada pula yang berupa esai. Isi pertanyaan pun cukup beragam, mulai dari yang paling sederhana seperti packaging atau yang lainnya.

Untuk caranya, Anda harus terlebih dulu membuat akun di situs penyedia survey online. Kemudian, isi data diri berupa nama, alamat, tempat tanggal lahir, email, nomer telepon, usia, dan data lainnya. Setelah itu, akan ada email konfirmasi pendaftaran di alamat surel yang telah didaftarkan. Terakhir, Anda sudah bisa mengisi survei yang dikirimkan ke email atau bisa juga langsung mengisinya di situs survey online tersebut.

Setiap mengisi survei, Anda akan mendapatkan poin tertentu yang nantinya akan terus terakumulasi. Baru ketika hendak dicairkan, Anda bisa memilih metode pembayaran yang diinginkan; berupa rekening bank, Paypal, Western Union, atau yang lainnya.

Penting pula untuk diperhatikan bahwa tak semua situs survey online bisa dipercaya. Ada beberapa di antaranya yang tergolong situs scam atau situs yang tidak membayar jasa Anda. Karenanya, Anda harus berhati-hati ketika akan memilih situs. Ada beberapa ciri yang bisa dijadikan patokan, di antaranya;

  • Anda diharuskan membayar atau deposit terlebih dulu
  • Terlalu banyak data yang diminta, termasuk hal-hal pribadi yang seharusnya tidak diketahui publik.
  • Tidak adanya kebijakan dan ketentuan yang jelas
  • Menjanjikan atau mengiming-imingi bayaran besar dalam waktu singkat

4 Situs Survey Online yang Bisa Dicoba

Bagi Anda yang tertarik untuk hasilkan uang dari survey online, berikut beberapa yang bisa dicoba.

1. IpanelOnline Indonesia

Sebagai salah satu dari 10 situs survei online terbaik di dunia, profesionalitas Ipanel tak perlu diragukan lagi. Apalagi, situs ini telah menyediakan versi bahasa Indonesia sekaligus pembayaran dengan mata uang rupiah. Alhasil, situs ini menjadi salah satu yang wajib diikuti oleh responden di negeri ini.

Di Ipanel, umumnya Anda akan mendapatkan sekitar 1000 – 5000 poin per survei tergantung kesulitan dan lamanya waktu pengerjaan. Ketika pertama kali mendaftar, Anda juga akan secara otomatis memperoleh 1000 poin, dan bisa bertambah setiap kali log-in. Akumulasi poin tersebut nantinya bisa ditukar dengan uang seharga 10 ribu rupiah per 1000 poin. Pembayaran akan diproses sesegera mungkin melalui Paypal, hanya dalam hitungan jam hingga maksimal 1 minggu.

Selain dalam bentuk uang, poin juga bisa ditukar dengan kupon atau voucher belanja. Tak hanya itu, Anda pun berkesempatan untuk mendapatkan berbagai undian dengan mengikuti Lucky Draw yang memang disediakan Ipanel untuk semua membernya.

2. Nussa Research

Bagi Anda yang ingin mengutarakan pendapat terkait produk-produk yang ada di Indonesia, situs survey online ini wajib diikuti. Apalagi, harga per poin yang ditawarkan juga terbilang cukup besar, yakni 5000 rupiah untuk 100 poin. Poin juga bisa dicairkan ketika telah mencapai ambang batas, yaitu 500. Jadi, setidaknya minimal pencairan adalah 25 ribu rupiah. Selain dengan uang, poin juga bisa ditukar dengan pulsa berbagai operator.

3. YouGov Indonesia

Berbeda dengan Nussa, YouGov merupakan situs survei berbayar yang jangkauannya tidak hanya seputar dunia bisnis, tetapi juga politik. Tujuan utama dari adanya survei ini adalah mengetahui seperti apa opini publik untuk kemudian dijadikan dasar dalam memahami masyarakat secara lebih baik.

Di YouGov, para member setidaknya akan mendapat 2 hingga 3 jenis survei yang harus diikuti setiap bulannya. Dengan poin per survei-nya antara 25 hingga 500 poin. Sedangkan untuk pencairan melalui Paypal, minimal Anda harus mencapai 5000 poin atau senilai 25 Dollar Singapura.

4. Clixsense

Satu lagi situs survey online tepercaya yang bisa dicoba, yaitu Clixsense. Clixsense ini sendiri awalnya merupakan situs paid to click (PTC) yang memberikan bayaran hanya dengan mengeklik iklan yang ada. Namun kemudian, atas permintaan para member dan semakin majunya teknologi, situs ini berbenah dan menjadi situs PTC + survei online. Jadi, di sini, Anda bisa mengumpulkan poin sekaligus dengan dua cara. Patut dicoba!

Demikian beberapa cara hasilkan uang dari survey online yang bisa dicoba. Semoga artikel dari WarnaBiru ini bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan