Cara Daftar dan Menggunakan Paylater OVO

0

Warnabiru.com – Ovo Paylater sebagai produk layanan paylater dari Tokopedia ini merupakan suatu layanan pembelanjaan yang memudahkan customer untuk berbelanja apapun sekarang dan bayar belakangan. Paylater OVO sendiri merupakan layanan buatan Lippo Group yang menjalin kerjasama dengan Tokopedia sebagai salah satu e-commerce terbesar di Indonesia.

Anda bisa melakukan pembelanjaan di Tokopedia atau merchant yang bekerjasama dengan Tokopedia menggunakan pendanaan dari Ovo Paylater. Lantas, seperti apa cara daftar dan menggunakan Paylater Ovo ini? Disini kami akan berikan ulasan lengkapnya untuk Anda!

Cara Daftar dan Menggunakan OVO Paylater

Sebelum kita membahas tentang cara daftar dan menggunakan Paylater Ovo, mari kita lebih dulu mengenal tentang Ovo Paylater itu sendiri. Ovo Paylater sebenarnya merupakan fasilitas cicilan tanpa kartu kredit yang hadir dalam bentuk kredit limit yang kita bisa gunakan untuk melakukan berbagai macam transaksi pada suatu situs atau aplikasi Tokopedia dan tempat kerjasama OVO yang lainnya.

Singkat kata, bisa dibilang bahwa fitur ini memberikan kesempatan bagi pemakai Ovo untuk mengutang dengan cara melakukan pembayaran cicilan karena bisa beli sekarang dengan pembayaran nanti di waktu jatuh tempo sesuai tenornya.

Ovo Paylater dalam procedural pembayarannya memberikan beberapa pilihan tenor yang meliputi :

  • Tenor 3 bulan
  • Tenor 6 bulan
  • Tenor 12 bulan

Tentu saja kehadiran Ovo Paylater menjadi suatu jembatan bagi pembeli yang ingin membeli apapun produk di Tokopedia namun tidak memiliki dana cukup untuk membelinya agar bisa mendapatkan barang yang diinginkan sekarang juga.

Namun memang Ovo Paylater tidak bisa dimiliki oleh semua pengguna Ovo. Jadi Ovo juga punya kriteria tersendiri untuk memberikan izin akses Ovo Paylater kepada customernya. Atau dengan kata lain tidak semua konsumen Ovo secara otomatis bisa langsung menggunakan fitur Paylater dari Ovo.

Salah satu kriteria dari Ovo Paylater adalah usia minimal 21 tahun, memiliki akun ovo dengan umur akun minimal 6 bulan, memenuhi syarat menggunakan Ovo Paylater dan berdomisili di daerah Jakarta, Depok, Bogor, Tangerang, Bandung, Bekasi dan juga Surabaya.

Mengenai informasi lebih lanjut tentang Paylater Ovo, kita akan membahasnya dalam sub bab pembahasan berikut ini:

Keuntungan Ovo Paylater

Sebagai salah satu fitur pembiayaan atau pendanaan yang memudahkan kegiatan belanja, tentu saja ada banyak keuntungan yang akan didapatkan customer melalui Ovo Paylater. Adapun beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan diantaranya :

  • Anda bisa melakukan pembayaran di akhir bulan
  • Ada banyak merchant yang bekerjasama dengan program Ovo Paylater
  • Bisa mendapatkan cashback yang besar walau pembelian yang dilakukan bukan pembelian tunai
  • Limit kreditnya sampai dengan 10 juta

Untuk cara kerja dari program pendanaan dari Ovo ini, hampir bisa dikatakan nyaris sama dengan kartu kredit konvensional. Jadi sebuah perusahaan aplikasi menalangi dulu tagihan belanja pengguna untuk kemudian selanjutnya dibayarkan cicilan pokok beserta bunganya.

Cara daftar Paylater OVOPaylater OVO

Jika memang Anda sudah merasa memenuhi syarat untuk bisa menggunakan fitur Ovo Paylater, Anda bisa melakukan pendaftaran. Adapun tata cara daftar dan menggunakan Ovo Paylater sebagai berikut :

  • Pertama – tama lakukan upgrade ke Ovo Premier lebih dulu.
  • Ambil foto KTP dengan kamera ponsel secara langsung
  • Konfirmasi data diri KTP Anda
  • Ambil foto selfie dengan kamera ponsel sembari Anda menunjukkan KTP yang Anda pegang (Selfie bersama KTP)
  • Setelah dokumen KTP dan juga foto selfie Anda terupload, selanjutnya Anda langsung saja klik tombol proses supaya proses upgrade Ovo Premier bisa segera diproses.
  • Kemudian prosedur upgrade akun Ovo ke Ovo Premier selesai.
  • Setelah upgrade akun Ovo ke Premier selesai, selanjutnya Anda bisa mengajukan aktivasi aplikasi Ovo Paylater dengan mengisi data – data pribadi dan menuliskan alamat sesuai dengan alamat KTP Anda.
  • Nantinya data diri pribadi yang diminta untuk diisi cukup informasi umum saja. Data diri yang diminta yaitu nama lengkap, email, NIK, data pekerjaan dan nomor telepon aktif yang masih bisa dihubungi, juga serta alamat tempat tinggal Anda saat ini.
  • Setelah pengisian data diri selesai, berikutnya Anda hanya tinggal menunggu review keputusan pengajuan disetujui atau tidaknya. Anda tunggu sampai dengan 1 x 24 jam.

Limit transaksi dan bunga cicilan

Mungkin diantara Anda masih ada yang ingin tahu tentang berapa limit transaksi yang diberikan oleh Ovo Paylater. Jadi Ovo Paylater memberikan pagu limit pinjaman sebesar 1 juta rupiah. Nominal limitnya tentu lumayan besar untuk pinjaman pertama.

Dengan limit tersebut, Anda bisa menggunakan Ovo Paylater sebagai suatu alat bagi Anda dalam melakukan pembayaran transaksi dengan cara mencicil.

Mengenai dimana Anda bisa melakukan pembelanjaan dengan memanfaatkan fitur Ovo Paylater, salah satu merchant atau tempat yang menerima pembayaran via Ovo Paylater adalah e-commerce Tokopedia.

Sebelumnya juga, Tokopedia sebenarnya sudah menerima pembayaran dengan menggunakan Ovo. Akan tetapi sekarang Anda tidak hanya bisa membayar langsung dengan Ovo jika Anda memang masih belum punya dana, namun keinginan membeli suatu barang sangat tinggi maka Anda bisa menggunakan fasilitas kredit cicilan tanpa kartu kredit melalui program Ovo Paylater yang tersedia.

Pada akhirnya pengguna akun Ovo Paylater akan dibebankan dengan biaya layanan oleh Ovo Paylater untuk penggunaan kredit limit sampai dengan kisaran presentase 5% dari nilai transaksinya.

Sebagai contoh, Anda menggunakan Ovo Paylater ketika transaksi pembayaran di Tokopedia. Dengan Anda memilih Ovo Paylater, maka Anda bisa membayar dengan cara mencicil atas transaksi Anda di Tokopedia.

Semisal Anda membeli barang dengan harga Rp 476.543,00 dengan pilihan cicilan dan tenor sebagai berikut :

  • Untuk cicilan 3 bulan sebesar Rp 172.464,00/ bulan
  • Untuk cicilan 6 bulan sebesar Rp 93.040,00/ bulan
  • Untuk cicilan 9 bulan sebesar Rp 56.666,00/ bulan

Bagaimana perhitungan bunganya perbulan?

Perhitungan bunga per bulan dibebankan sekitar 2,90% untuk semua tenor pinjaman. Cicilan bunga tersebut cukup bersaing dan menarik dengan bunga kartu kredit yang nyaris berada di kisaran sama. Tentu saja cicilan tanpa kartu kredit dari Ovo Paylater bisa dibilang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan pinjaman online.

Aplikasi pinjaman online dari Ovo Paylater bisa langsung cair 24 jam dan biasanya memberikan bunga diatas presentase 20% per bulan. Akan tetapi sangat disayangkan, Ovo Paylater tidak bisa digunakan untuk mengambil dana tunai karena dana yang diberikan hanya untuk pembiayaan atas sebuah transaksi pembelian barang.

Sedangkan jika kita menggunakan aplikasi pinjaman online, kelebihannya aplikasi tersebut mampu memberikan dana tunai yang bisa langsung cair ke rekening peminjam. Itulah beda keduanya.

Cara membayar tagihan Ovo Paylater

Untuk melakukan pembayaran tagihan belanja, pengguna bisa menggunakan beberapa cara yang telah disediakan oleh pihak Ovo, juga termasuk diantaranya pengguna bisa menggunakan pembayaran Ovo Cash, pembayaran menggunakan Virtual Account BCA atau Permata Bank.

Semisalnya ketika melakukan pembayaran transaksi belanja secara cash, umumnya pengguna akan membayar tagihan Ovo dengan menggunakan Ovo Cash. Untuk menggunakan Ovo Cash, Anda bisa melakukan top up saldo Ovo sejumlah biaya yang ditagihkan.

Dalam pembayaran tagihan pembelian, pengguna juga bisa memanfaatkan metode transfer bank. Anda bisa pilih pembayaran atau transaksi lain untuk menggunakan BCA atau Permata Bank dan bisa memilih Virtual Account Billing atau Transfer ke Virtual Account.

Nah, bagi Anda yang masih belum tahu, nomor tagihan virtual account Ovo untuk BCA adalah 39358+ nomor ponsel yang digunakan di Ovo. Sementara nomor tagihan virtual account Ovo untuk Permata Bank adalah 8408+ nomor ponsel yang Anda gunakan di Ovo.

Sebagai catatan penting untuk Anda, pengguna Ovo tak bisa mengganti atau menyesuaikan tanggal jatuh tempo yang diberikan sendiri. Akan tetapi pengguna bisa membayar tagihan secara tidak penuh dengan jumlah minimal dibayarkan sebesar 50% dari tagihan yang diberikan.

Jika ada tagihan yang didapatkan dan tidak segera dibayar, pengguna akan mendapatkan denda penalty atau dengan kata lain dibebani tambahan biaya yang sering disebut sebagai revolving interest. Besarnya biaya tersebut akan dihitung per hari dengan jumlah sebesar 0,1% dari tagihan yang sudah tertunggak.

Jika tagihan tidak dibayar atau ovo paylater digunakan pihak lain tanpa sepengetahuan

Pada perjalanan pembayaran, terkadang masalah bisa saja terjadi. Bisa jadi orang yang memiliki tanggungan mengalami cedera janji karena beberapa faktor misalkan terkena PHK atau bangkrut yang menyebabkan lepasnya sumber ekonomi penanggung, maka akan ada prosedur yang dilakukan oleh pihak Ovo.

Jika customer tidak menepati janji untuk membayar tagihan, maka hal – hal yang akan dilakukan Ovo sebagai berikut :

  • Ovo melakukan pembekuan kredit limit jika tagihan yang dibebankan tidak dibayarkan setidaknya sejumlah pembayaran minimum di hari ketiga setelah tanggal jatuh tempo atau due date.
  • Jika pembekuan kredit limit, konsumen tidak dapat menggunakan Ovo Paylater lagi sebagai metode pembayaran di Tokopedia akan tetapi bisa melakukan pembayaran tagihan sesuai dengan jumlah tagihan yang telah ditentukan.
  • Ovo Paylater berhak mengambil tindakan hukum lain atas dasar perjanjian fasilitas pinjaman.

Sementara jika pihak customer yang memiliki tanggungan kedapatan menyalahgunakan Ovo Paylater yang diberikan sebagai haknya untuk pihak lain tanpa adanya pemberitahuan, maka Ovo tidak bertanggung jawab atas segala bentuk kecurangan, kerugian, atau resiko apapun yang dialami pihak penanggung dalam hal ini Anda.

Jika kemudian Anda memang sudah terlanjur atau terpaksa salah karena hak Ovo Paylater Anda digunakan pihak lain, maka Anda wajib untuk sesegera mungkin memberitahukan hal tersebut kepada pihak Ovo maksimal 30 hari kalender sejak transaksi tersebut dilakukan.

Fitur – fitur yang ditawarkan Ovo Paylater

Program Ovo Paylater memberikan beberapa fitur yang ditawarkan. Adapun beberapa fitur yang ditawarkan tersebut diantaranya :

  • Beli kapan saja bayar di akhir bulan
  • Ingin belanja, butuh pulsa atau yang lain bisa beli dulu bayar belakangan.
  • Memiliki fitur yang mudah untuk melakukan pengecekan pemakaian
  • Semua riwayat transaksi dapat dilihat pada halaman Ovo Paylater
  • Bayar pemakaian Ovo Paylater bisa melalui indomaret, mesin ATM, virtual account dan beberapa metode yang lain.

Prosedur pembatalan transaksi atau barang tidak sampai

Jika setelah transaksi kemudian terjadi masalah seperti misalkan barang yang tidak sampai atau bahkan pembatalan transaksi, maka prosedur yang harus dilalui sebagai berikut :

  • Jika pesanan barang belum dikonfirmasi oleh penjual dan terdapat pembatalan transaksi oleh penjual, maka nominal transaksi yang dibatalkan akan segera dikembalikan pada kredit limit Anda.
  • Jika kemudian pesanan barang sudah dikonfirmasi oleh penjual akan tetapi barang tak kunjung diterima sampai dengan estimasi waktu pengiriman yang telah ditentukan, maka Anda bisa melakukan pengajuan klaim pengembalian kredit limit melalui pusat resolusi. Nantinya kredit limit yang Anda miliki akan bertambah setelah proses klaim memang disetujui oleh penjual dan kemudian proses resolusi akan segera selesai.
  • Jika kemudian pesanan barang telah dikonfirmasi oleh penjual akan tetapi barang kurang atau tidak sesuai pesanan, maka Anda dapat melakukan pengajuan klaim pengembalian kredit limit melalui pusat resolusi.
  • Pada akhirnya kredit limit akan bertambah setelah proses klaim memang disetujui oleh pihak penjual dan kemudian proses resolusinya selesai.

Perbedaan Ovo Paylater dibandingkan Pinjaman online

Sekarang ini yang juga marak beredar adalah pinjaman online. Banyak orang tertarik untuk menggunakan fasilitas pinjaman online karena dirasa memberikan pinjaman berupa uang bukan pembelian barang.

Lantas sebenarnya lebih baik mana antara Ovo Paylater atau pinjaman online lainnya? Ada beberapa hal yang menjadi perbedaan Ovo Paylater dibandingkan dengan pinjaman online lainnya, meliputi :

  • Pertama, proses pengajuan Ovo Paylater lebih mudah dibandingkan dengan proses pengajuan pinjaman online.

Pada program Ovo Paylater, data sudah tersedia di Ovo, hal tersebut menjadikan pengisian data bisa jadi lebih singkat dibandingkan pada aplikasi pinjaman online.

  • Bunga Ovo Paylater lebih mudah dibandingkan bunga pada pinjaman online.

Ovo Paylater memberikan bunga tidak sampai kisaran presentase 3% per bulan. Bunga ini bersaing dengan bunga kartu kredit. Sementara pinjaman online memberikan bunga diatas 20% per bulan bahkan juga ada pinjaman online yang sampai memberikan bunga per bulan mencapai kisaran angka 30%.

Hal tersebut tentu akan menjadi suatu hal yang sangat memberatkan bagi peminjam. Lantas, bagaimana jika pada tanggal jatuh tempo kemampuan membayar masih belum tersedia?

Jika kemudian kemampuan bayar masih belum tersedia dan menunggak, maka Ovo Paylater mengenakan denda sebesar 0,10% per hari dari total tagihan yang dimiliki. Denda Ovo Paylater ini tentu lebih rendah dibandingkan denda keterlambatan pinjaman online yang sampai mencapai kisaran angka 1% sehari.

  • Ovo Paylater hanya dapat digunakan untuk membiayai pembelian barang atau jasa, tidak bisa digunakan untuk menarik dana pinjaman tunai.

Bisa dibilang ini menjadi salah satu kelemahan dari Ovo Paylater yang membedakan dengan pinjaman online.

  • Dibandingkan pinjaman online, limit Ovo Paylater lebih rendah.

Walau dalam aplikasi Ovo Paylater limitnya sampai dengan 10 juta, akan tetapi kenyataannya limit yang diberikan untuk pinjaman pertama pengguna program Ovo Paylater adalah 1 juta rupiah. Sementara pada pinjaman online biasanya limit pinjaman yang diberikan sampai dengan 3 juta rupiah dan bahkan bisa lebih tinggi di pinjaman selanjutnya.

  • Ovo Paylater bersifat undangan dari pihak Ovo. Jadi jika Anda tidak diundang, maka Anda tidak bisa menggunakan program Ovo Paylater. Sementara pada pinjaman online, Anda tidak diundang melainkan melakukan pengajuan kredit.

Itulah cara daftar dan menggunakan Paylater Ovo serta perbedaannya dengan pinjaman online lain. Semoga informasi yang kami berikan diatas semakin menambah pengetahuan dan wawasan Anda tentang Ovo Paylater atau pinjaman online lain.

 

APA PENDAPAT ANDA

Silahkan masukan komentar
Masukan nama Anda disini