Apa Itu Manajemen Perubahan? Ini Penjelasannya!

0

Apa Itu Manajemen Perubahan? Manusia adalah makhluk yang dinamis. Kita tidak bisa diam pada saat yang bersamaan walaupun hanya sebentar. Karena, waktu terus berjalan dan mengharuskan kita untuk bergerak. Sekecil apa pun tindakan kita akan memengaruhi hasil di muka. Seperti kisah Nobita yang merupakan anak miskin ketika dia masih kecil.

Dia harus dibantu untuk berubah oleh Doraemon sehingga dia tidak menjadi orang 'madesu'. Tidak hanya untuk Nobita, kami juga harus berubah agar kami bebas dari madesu. Tapi siapa yang akan membantu kita? tentu saja kita sendiri. Sekarang bagaimana caranya?

Definisi Manajemen Perubahan

Apa itu manajemen perubahan? Seperti dikutip melalui wikipedia.org, gagasan manajemen perubahan adalah pendekatan untuk mengubah individu, tim, dan organisasi dengan kondisi masa depan yang diinginkan. Dalam ruang lingkup organisasi, perubahan di dalamnya dapat menentukan kelangsungan organisasi. Fokus manajemen ini adalah dampak perubahan yang lebih luas, khususnya pada orang-orang yang terlibat untuk bergerak ke arah yang baru. Perubahan-perubahan ini bisa dari perubahan proses sederhana atau perubahan besar dalam kebijakan dan strategi yang diperlukan untuk mencapai tujuan.

Manajemen perubahan, adalah bidang yang sangat luas, dan pendekatan untuk mengelola perubahan berbeda-beda. Banyak organisasi dan konsultan menggunakan metodologi manajemen perubahan formal. Karena menyediakan alat, daftar periksa, dan garis besar rencana apa yang perlu dilakukan untuk mengelola perubahan dengan sukses.

Tugas untuk Manajemen Perubahan

Pertanyaan pertama yang perlu dipertimbangkan untuk manajer perubahan adalah seberapa penting manajemen perubahan dalam situasi saat ini. Untuk mengetahui jawabannya, kita harus mengeksplorasi lebih jauh tugas spesifik manajemen perubahan. Tugas-tugas ini biasanya meliputi:

  1. Pensponsoran: berarti memastikan ada sponsor aktif yang tertarik pada perubahan karena bertujuan untuk mencapai hasil yang diinginkan bersama.
  2. Investasi: Manajemen perubahan juga ditugaskan untuk mendapatkan investasi dari mereka yang terlibat dan terpengaruh, baik secara langsung maupun tidak langsung dari perubahan.
  3. Keterlibatan: Tugas lain adalah melibatkan orang yang tepat dalam desain dan implementasi perubahan, untuk memastikan perubahan yang dilakukan adalah perubahan yang tepat.
  4. Dampak: Manajemen perubahan juga harus dapat menilai dan menangani bagaimana perubahan akan memengaruhi orang.
  5. Komunikasi: Manajer juga bertanggung jawab untuk memberi tahu semua orang yang terkena dampak perubahan.
  6. Mempersiapkan: Tugas manajemen perubahan juga mempersiapkan semua orang untuk beradaptasi terhadap perubahan, dengan memastikan mereka memiliki informasi, pelatihan, dan bantuan yang tepat.

Manajemen Perubahan Individual

Secara alami manusia menolak perubahan, kita sangat sulit untuk dapat berubah. Tetapi jika kita dapat berjuang dari waktu ke waktu, kita dapat menjadi sangat adaptif dan sukses. Sekarang manajemen perubahan individu membutuhkan pemahaman bagaimana orang mengalami perubahan dan apa yang mereka butuhkan untuk berhasil dalam perubahan.

Ini juga membutuhkan pengetahuan tentang apa yang akan membantu orang tersebut melakukan transisi yang sukses. Seperti, kapan waktu yang optimal untuk mengajarkan seseorang keterampilan baru, bagaimana orang berlatih untuk menunjukkan perilaku baru, dan apa yang membuat perubahan ini dapat "bertahan". Manajemen perubahan individu mengacu pada disiplin ilmu seperti psikologi dan ilmu saraf untuk menerapkan kerangka kerja yang diperlukan untuk perubahan individu.

Manajemen / Inisiatif Perubahan Organisasi

Dalam ruang lingkup organisasi kita perlu menggunakan metode yang berbeda dari individu. Sekarang manajemen perubahan di tingkat organisasi atau inisiatif memberi kita langkah dan tindakan yang tepat untuk mendukung ratusan atau ribuan orang yang terkena dampak proyek.

Manajemen perubahan organisasi berisi identifikasi kelompok dan orang-orang yang perlu diubah agar sesuai dengan hasil proyek, dan dengan cara apa mereka harus berubah. Setelah itu manajemen membuat rencana khusus untuk memastikan bahwa karyawan menerima apa yang mereka butuhkan untuk berhasil.

Manajemen perubahan organisasi ini menyelesaikan tugas manajemen proyek. Jika manajemen proyek memastikan bahwa solusi proyek kami dirancang, dikembangkan dan dikirim, maka manajemen perubahan ditugaskan untuk memastikan bahwa solusi proyek bekerja secara efektif.

 

APA PENDAPAT ANDA

Silahkan masukan komentar
Masukan nama Anda disini