Sering Menggunakan Mesin ATM, Ketahui 7 Hal Unik Berikut Ini

0

Mesin ATM merupakan alat yang disediakan oleh bank untuk memudahkan nasabahnya melakukan berbagai macam transaksi keuangan. Benda ini biasanya terdapat di lokasi strategis yang mudah di lihat dan di datangi oleh banyak orang. Apalagi sekarang ATM telah menjamur dimana mana. Hampir semua kalangan baik tua maupun muda pasti pernah melihat benda ini setidaknya sekali saat melewati jalanan, berkunjung ke toko, SPBU dan lain sebagainya. Jika Anda sering menggunakan mesin ATM ketahui 7 hal menarik berikut ini.

1. Pengguna diawasi kamera pengintai

Didalam Ruangan mesin ATM terdapat kamera CCTV yang selalu mengintai semua aktifitas yang dilakukan penggunanya selama 24 jam. Hal itu dilakukan untuk memudahkan langkah penyelidikan jika terjadi hal-halyang tidak diinginkan seperti kasus penipuan dan tindak kejahatan lainnya.

Pada umumnya, kamera tersebut di tanamkan di beberapa tempat strategis, baik didalam maupun di luar ruangan ATM. Jika terjadi tindak kejahatan di area tersebut penyidik hanya perlu mencocokan waktu kejadian dengan apa yang terekam di CCTV, dan dari situlah penyidik akan tau bagaimana kronologinya dan segera mencari pelakunya.

2. Dilengkapi oleh system Alarm keamanan

Mesin ATM juga dilengkapi dengan alaram yang dapat berbunyi keras jika Ada tindakan yang tidak wajar. Namun tampaknya tidak semua ATM memilikinya, biasanya sirine ini hanya terdapat di area ATM yang sepi pengunjung dan minim pengawasan. Bunyi sirine Yang sangat keras dari mesin ATM biasanya muncul apabila ada tindakan yang memicunya, seperti memperlakukan mesin dengan cara kasar, atau bisa juga karena pengguna memakai helm dan kaca mata hitam saat berada di ruangan mesin ATM.

Dari pengalaman yang pernah saya saksikan sendiri. saat itu saya sedang mengunjungi ATM BNI untuk mengambil uang saat hujan lebat. Di sana ada orang yang terlebih dulu masuk ke ATM tanpa melepas helm. Entah apa alasannya, mungkin karena tergesa-gesa atau lupa. Dan beberapa saat kemudian sirine pun berbunyi keras sampai mengundang petugas security yang bertugas keluar untuk melihat kejadian tersebut.

Usut punya usut ternyata penyebabnya karena pengguna tidak melepas helem saat bertransaksi. Nah agar tidak malu saat berada di mesin ATM, patuhilah aturan yang ada.

3. Dapat menahan kartu ATM

Mesin ATM juga dapat menahan ATM sewaktu-waktu jika ada pengguna salah memasukan pin sebanyak 3x berturut-turut. Jika hal ini terjadi, biasanya bank akan memblokir kartu tersebut sampai Anda mendatangi kantor cabang untuk melaporkan atau membuat kartu baru. Namun agar lebih aman hubungi bank Anda melalui sambungan telepon untuk memastikan kartu Anda telah terblokir agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.

Selain hal diatas, mesin juga bisa sewaktu-waktu menahan kartu Anda jika saat menggunakannya tiba-tiba listrik padam. Hal itu pernah dialami sendiri oleh penulis yang saat itu melakukan transaksi dan listrik padam. Setelah jenset di aktifkan kartu ATM tetap tidak keluar sehingga mau tak mau harus mengurus kartu baru di kantor cabang.

4. Rawan modus penipuan

Rata-rata orang yang pergi ke ATM pasti berhubungan dengan uang. Oleh karena itulah tempat ini menjadi sasaran empuk bagi para pelaku modus penipuan. Meski telah dilengkapi dengan banyak system keamanan yang berlapis, namun tetap saja lokasi mesin ATM masih menjadi tempat mangkal bagi favorit para penyamun.

Oleh sebab itu, hindari bertransaksi di ATM yang sepi pengunjung dan minim dari pengawasan! Selain itu Anda juga harus waspada jika ada orang yang menawarkan bantuan saat sedang mengalami masalah di dalam mesin ATM. Jika ada masalah segera hubungi bank penerbit kartu ATM Anda.

5. Rata-rata pengunjungnya sinis

Saat berada di dalam area mesin ATM biasanya orang cenderung bersikap waspada terhadap kemungkinan apapun yang terjadi. Maka jangan heran jika Anda melihat tatapan sinis dari pengunjung. Hal itu sangat wajar mengingat banyak kasus kejahatan yang terjadi akibat pengguna mesin ATM lengah saat sedang mengambil uang, atau dengan mudah menerima tawaran bantuan dari orang tak dikenal.

6. Sering berjumpa dengan pengunjung yang angkuh

Kalau yang ini tentulah berbeda dengan sebelumnya! Kadang kita akan menemukan orang yang bersikap sombong di mesin ATM. Contoh yang seperti ini biasanya adalah orang berduit yang kebetulan ingin mengambil uang ditempat yang sama dan menganggap remeh pengguna lainnya.

7. Antrian panjang pada hari dan jam tertentu

Salah satu hal yang paling menjengkelkan di mesin ATM adalah atrian yang panjang. Benar saja, Anda akan menemui situasi ini jika kebetulan ingin bertransaksi di ATM pada jam dan hari tertentu. Kondisi ini biasanya terjadi pada saat banyak orang menerima gajian. Nah jika Anda sering merasa ogah saat mengantri di mesin ATM, cobalah untuk berpikir hal positifnya.

Meski kadang terasa menyebalkan, namun sebenarnya bertransaksi ATM yang ramai lebih baik jika dilihat dari segi keamanan. Sebab jika tempat tersebut sering dikunjungi orang maka resiko terjadinya modus kejahatan dan penipuan akan semakin kecil. Hal ini tentu berbeda dengan yang sepi! Karena biasanya pelaku modus penipuan akan menjalankan aksinya di lokasi yang jarang diunjungi orang dan minim dari pengawasan.

Itulah 7 hal menarik saat menggunakan ATM versi Warnabiru. Jika Anda punya hal menarik lainnya silahkan beritahu kami melalui kolom komentar. Trimakasih!

Tinggalkan Balasan