Wisata Tempik Gundul Di Gunung Kidul Yogyakarta

0

Wisata Tempik Gundul merupakan satu dari sekian banyak tempat wisata yang ada di Yogyakarta, khususnya di Kabupaten Gunung kidul. Seperti yang kita ketahui, daerah Gunung kidul merupakan salah satu daerah di D.I.Y yang memiliki segudang tempat wisata alam sekaligus menjadi daerah yang wajib dikunjungi bagi setiap wisatawan yang akan berlibur ke Yogyakarta. Nah, tahukah kalian jika di kabupaten Gunung kidul terdapat Kawasan wisata bernama Tempik Gundul.

Nama dari tempat wisata ini memang cukup aneh dan bagi kalian masyarakat jawa tentu saja sangat paham mengenai arti dari kata “Tempik Gundul” tapi jangan salah, nama ini sebenarnya merupakan singkatan daripada tempat piknik gunung kidul dan di singkat menjadi Tempik Gundul dan berkat nama yang unik kawasan wisata ini cukup ramai didatangi pengunjung.

Seperti yang kita ketahui, tempat piknik gunung kidul ini menawarkan beberapa tempat atau wahana wisata yang bisa kalian kunjungi, antara lain adalah Gunung Api Purba Nglanggeran, Air Terjun Gethuk, Gua pindul, Pantai Indrayanti, dan Pantai Ngobaran. Nah, bagi kalian yang sedang bingung menentukan tujuan wisata bersama keluarga atau kerabat, beberapa tempat wisata di Kawasan Tempik Gundul tersebut bisa menjadi referensi.

Pada kesempatan kali ini kami akan mencoba membahas informasi mengenai beberapa tempat wisata atau tempat piknik di daerah Gunung kidul Yogyakarta lengkap dengan informasi harga tiket hingga rute perjalanan yang ditempuh. Disamping itu, dari sekian banyak tempat piknik di Gunung kidul, Pantai Indrayanti merupakan tempat yang paling banyak dikunjungi daripada yang lainnya, pasalnya selain harga tiket masuk yang murah, pantai indrayanti juga menawarkan keindahan pantai dan hamparan pasir putih yang mempesona.

Nikmati Sensasi Tak Terlupakan di Kawasan Wisata Tempik Gundul

Selain Indrayanti, sebenarnya di gunung kidul memiliki beberapa pantai lainnya, seperti pantai parangtritis, pantai ngobaran, dan lainnya. Nah, untuk mengetahui lebih lengkap mengenai tempat-tempat wisata di Kawasan Tempik gundul, berikut kami telah merangkum informasi terkait yang telah kami rangkum dari beberapa sumber terpercaya, semuanya bisa kalian simak pada ulasan dibawah ini.

1. Gunung Api Purba Nglanggeran

Wisata Tempik Gundul Di Gunung Kidul Yogyakarta

Jika berkunjung ke Kawasan wisata tempik Gundul, Gunung Api Purba Nglanggeran bisa masuk dalam tempat yang wajib dikunjungi, pasalnya di tempat ini kalian bisa menikmati pemandangan indah dari matahari terbenam, oleh karena itu kami sarankan untuk mengunjungi tempat ini pada waktu sore hari sekitar pukul 15:00 waktu setempat, pasalnya waktu tempuh menuju tempat ini kurang lebih 2 sampai 3 jam dari pusat kota Yogyakarta. Disamping itu, pada malam hari kalian juga bisa menikmati keindahan kota jogja dari ketinggian.

2. Air Terjun Sri Gethuk

Wisata Tempik Gundul Di Gunung Kidul Yogyakarta

Wisata air ini berlokasi di Desa Bleberan, kecamatan Playen, Kabupaten Gunung kidul, Yogyakarta. Jarak tempat ini dari pusat kota Yogyakarta bisa di tempuh dengan waktu kurang lebih 2 jam. Disamping itu, untuk biaya tiket masuk Air Terjun Sri Gethuk ini adalah 30 ribu rupiah, kemudian wisata air ini juga menawarkan beberapa wahana permainan serta fasilitas lainnya yang tentu saja akan memudahkan sekaligus menambah keseruan setiap pengunjung dalam menjalani liburan.

3. Pantai Indrayanti

Wisata Tempik Gundul Di Gunung Kidul Yogyakarta

Seperti yang telah kami singgung diatas bahwa pantai Indrayanti merupakan salah satu tempat di Kawasan wisata tempik gundul yang menjadi salah satu tujuan wajib bagi pengunjung. Untuk biaya tiket masuk pantai Indrayanti adalah 10 ribu rupiah untuk satu orang, kemudian di pantai tersebut juga tersedia beberapa home stay atau penginapan bagi kalian yang ingin bermalam di Pantai Indrayanti sambal menikmati indahnya pemandangan di tempat tersebut.

4. Goa Pindul

Wisata Tempik Gundul Di Gunung Kidul Yogyakarta

Sedangkan untuk goa pindul ini bisa menjadi sarana yang cocok bagi kalian yang hobi adventure, pasalnya di Goa Pindul kalian akan diajak berpetualang mengarungi sungai sepanjang 300 meter menggunakan ban karet, kemudian ketika berkeliling kalian juga akan disajikan dengan pemandangan stalagmite dan stalagtit di atap goa pindul. Jika kalian berangkat dari kota wonosari, kalian akan menempuh jarak kurang lebih 12 km.

5. Pantai Ngobaran

Wisata Tempik Gundul Di Gunung Kidul Yogyakarta

Sama hal nya dengan pantai Indrayanti, Pantai Ngobaran juga merupakan salah satu tempat yang termasuk dalam Kawasan wisata Tempik Gundul ( Tempat Piknik Gunung Kidul ) yang menawarkan keindahan pemandangan laut serta hamparan pasir putih yang memanjakan mata. Kemudian untuk biaya tiket masuk Pantai Ngobaran juga cukup terjangkau, yakni 5.000 rupiah, sedangkan untuk biaya parkir motor dikenakan tarif 2.000 rupiah, mobil 5.000 rupiah, dan bus 10.000 sampai 20.000 rupiah. Untuk jarak dari kota Yogyakarta menuju tempat ini adalah 65 km dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih satu jam.

Berikut merupakan deretan tempat wisata yang masuk dalam Kawasan wisata Tempik Gundul ( Tempat Piknik Gunung Kidul ) yang bisa kalian kunjungi ketika berada di Yogyakarta, atau bahkan bisa menjadi referensi bagi kalian yang sedang bingung menentukan tujuan wisata bersama kerabat dan keluarga. Kawasan Tempat Piknik Gunung Kidul juga menawarkan beragam wisata alam yang indah dan mempesona, ditambah lagi biaya tiket masuk yang ditentukan sangat terjangkau bahkan relatif murah. Baiklah, cukup sekian informasi yang bisa kami sajikan, semoga bermanfaat bagi kalian semua. Terimakasih.

 

 

Tinggalkan Balasan