Waspadai Penyebab Infeksi Jamur Pada Organ Vital Wanita

0

MissV merupakan organ reproduksi wanita yang sangat penting dijaga kesehatannya. Jika tidak organ penting ini akan mengalami masalah kesehatan, salah satunya terkena infeksi akibat pertumbuhan jamur di sekitar area selangkangan. Banyak faktor yang bisa menjadi pemicu tumbuhnya jamur pada area vital tersebut. Jika hal demikian telah terjadi, kamu harus segera mengobatinya dan berkonsultasi dengan dokter agar tidak terjadi hal yang lebih buruk lagi. Berikut hal yang menjadi pemicu tumbuhnya jamur yang menyebabkan infeksi pada Organ Vital wanita :

Sering mengonsumsi antibiotik

Antibiotik memang diperlukan untuk kebutuhan tubuh, agar tubuh terlindungi dari segala macam bakteri negatif yang bisa masuk kedalam tubuh dan menyebabkan kamu menjadi sakit. Antibiotik juga bagus dalam memberikan pengobatan kepada tubuh yang diserang oleh banyaknya bakteri yang telah berkembang biak didalam tubuh. Tentu saja setiap kita mengonsumsi obat-obatan selalu memberikan efek samping bagi kesehatan, salah satunya mengganggu kesehatan missV bagi wanita,. Hal itu disebabkan karena antibiotik akan menambah tingkat keasaman organ vital wanita sehingga memicu tumbuhnya ragi dengan cepat yang mengakibatkan organ tesebut terkena infeksi akibat tumbuhnya jamur. Jadi jika kamu sering meminum antibiotik seperti amoxilin, penisilin dan tetrasiklin, lebih baik kurangi mulai dari sekarang.

Pakaian dalam ketat

Sering mengenakan pakaian dalam yang ketat? tentu saja akan hal itu membuat kamu merasa tidak nyaman. Sebab gerakan kamu akan terbatas dan tubuh juga merasa tertekan. Apalagi jika kamu mengenakan pakaian dalam yang tidak menyerap keringat sehingga area missV sepanjang hari dalam keadaan lembab, dimana tempat yang lembab sangat cocok untuk pertumbuhan dan perkembangan jamur. Tentu saja pertumbuhan jamur tersebut akan membuat kamu mengalami infeksi. Tidak hanya itu saja, pakaian dalam yang ketat akan membuat area bawah kedap terhadap udara sehingga menyebabkan tidak terjadinya pertukaran udara. Jika demikian besar terjadi kemungkinan area bawah menjadi bau tidak sedap. Nah olehsebab itu, sebaiknya pilihlah pakaian dalam yang longgar dan berbahan yang menyerap keringat. Kamu juga mesti rajin untuk mengganti pakaian dalam sehari.

Meminum Pil KB

Mengonsumsi pil KB bermanfaat untuk menekan terjadinya proses kehamilan sehingga peluang wanita untuk hamil lebih kecil bahkan tidak ada. Tetapi mengonsumsi pil KB juga memberikan efek samping bagi tubuh, salah satunya pada kesehatan organ vital wanita. Pil KB akan memicu terjadinya pertumbuhan jamur di area miss V yang menyebabkan infeksi karena terjadinya peningkatan hormon estrogen. Jika ingin tetap melakukan KB, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk menggunakan pilihanĀ  selain pil KB karena menimbang efek sampingnya.

Ibu hamil dan menyusui

Kehamilan juga menjadi pemicu kamu terkena infeksi akibat pertumbuhan jamur pada miss V, sebab selama hamil pasti akan terjadi peningkatan kadar estrogen yang akan membuat miss V memproduksi lebih banyak glikogen yang akan membuat area tersebut menjadi mudah untuk ditumbuhi jamur. Hal yang serupa juga berlaku untuk ibu yang masih menyusui bayinya.

Penurunan sistem imun

Terjadinya penurunan sistem imun tentu akan membuat tubuh mudah untuk diserang oleh bakteri dan virus yang membuat kamu mudah sakit akibat tidak sanggup untuk melawan serangan tersebut. Sistem kekebalan tubuh yang melemah juga akan menganggu kesehatan missV sehingga akan mudah tumbuhnya jamur di area tersebut, dan menyebabkan terjadinya infeksi.

Penyakit diabetes

Penyakit kronis ini jika diderita oleh wanita akan mempengaruhi kesehatan organ vital wanita. Hal itu bisa terjadi jika diabetes kamu tidak bisa dikontrol dengan baik sehingga gula darah meningkat. Pada kondisi ini besar kemungkinan area vital wanita ditumbuhi jamur.