Kamu Menggunakan Behel ? Rawat Gigi Dengan 6 Tips Berikut Ini

0

Zaman sekarang kamu bisa merapikan gigi dengan menggunakan behel atau kawat gigi. Walaupun awal pemakaian kawat gigi membuat kamu sulit berbicara, makan bahkan tersenyum sebab kamu merasakan gigi kamu sakit. Apalagi cara merawat gigi kamu yang mengenakan kawat gigi berbeda dengan kamu yang tanpa mengenakan kawat gigi. Oleh karena itu, kamu juga harus mampu merawat kesehatan gigi saat sedang mengenakan kawat gigi dengan maksimal. Berikut tips merawat kesehatan gigi yang mengenakan kawat gigi :

Cara Merawat Gigi Jika Memakai Behel

1. Menyikat gigi

Cara kamu menyikat yang mengenakan sikat gigi berbeda dengan kamu yang tidak mengenakan sikat gigi. Saat kamu menggosok gigi dimulai dengan gerakan dari atas dan kebawah, lakukan dengan satu arah. Gerakan tersebut berlaku pada gigi atas. Sedangkan gigi bawah, gosoklah gigi dengan gerakan dari bawah keatas. Gosoklah gigi dengan perlahan dan hati-hati agar tidak menyakiti gigi dan gusi serta tidak menimbulkan rasa nyeri di gigi. Seabiknya gosok gigi setiap makanan agar sisa makanan tidak menumpuk di sela-sela sehingga kamu akan kesulitan membersihkan sela-sela gigi. Disarankan kamu menggunakan sikat gigi khusus dan memiliki bulu yang halus dan lembut agar gigi bersih dengan maksimal dan gigi bebas dari kotoran dan sisa makanan. Gunakan pasta gigi yang mengandung formula berupa fluoride.

2. Hindari makanan lengket

Saat gigi kamu menggunakan kawat gigi berarti terbatas juga jenis makanan yang boleh kamu konsumsi. Hindari mengonsumsi makanan manis terutama permen karet karna permen karet bisa tersangkut oleh bracket gigi dan bisa merusak gigi jika kamu tidak sempurna membersihkan gigi. Selain permen karet, kamu juga mesti menghindari mengonsumsi dodol, takutnya dodol akan lansung lengket dan menempel di sela-sela gigi dan kawat gigi, jika kamu tidak maksimal menggosok gigi, tentu saja sisa dodol yang menempel akan pemicu timbulnya kuman dan bakteri untuk merusak gigi dengan cara melakukan pengeroposan gigi. Terdapat beberapa makanan lain yang harus kamu hindari seperti coklat, jeli dan karamel.

3. Kontrol ke dokter gigi

Jika kamu yang jarang melakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi dengan berbagai macam alasan seperti takut, malas ataupun tidak aga waktu. Walaupun menurut kita kondisi gigi baik-baik saja belum tentu baik-baik saja. Apalagi bagi kamu yang mengenakan behel sebaiknya rutin melakukan control, minimal sekali sebulan saja. Gantilah kawat gigi minimal sekali enam bulan sekalian melakukan perawatan kawat gigi agar aman dan sehat.

4. Gunakan benang khusus

Walaupun kamu telah menggosok gigi dengan sikat gigi khusus, kamu juga mesti membersihkan gigi terutama sela-sela gigi dari kotoran makanan yang masih tertinggal. Kegiatan ini sangat dihindari dilakukan oleh orang yang mengenakan kawat gigi sebab pasti memakan waktu lebih lama dari pada menggosok gigi. Setidaknya bersihkan sela-sela gigi dengan benang ini agar gigi kamu bersih dan sehat.

5. Oral irrigator

Ini merupakan sebuah alat yang memiliki peran yang hampir sama dengan benang khusus. Oral irrigator berperan dalam memberisihkan sela-sela gigi akibat kotoran dan sisa makanan yang masih menempel. Cara kerjanya juga sedikit berbeda, proses gigi yang dibersihkan dengan cara menyemprotkan air yang memiliki tekanan tinggi dan stabil agar proses gigi dibersihlan lebih maksmimal.

6. Hindari makanan keras

Jangan mengonsumsi makanan yang memiliki tekstur keras sebab bisa menyebabkan gigi kamu sakit jika dipaksakan apalagi jika sampai mengakibatkan tersangkut di bracket gigi, bracket gigi patah hingga menyakiti gusi saat mengunyah maknan atau bracket gigi terlepas saat kamu paksakan menggigit makanan seperti daging, jagung, kikil dan tulang.

 

 

Tinggalkan Balasan