Tips Menurunkan Berat Badan Selama Bulan Ramadhan

0

Bulan Ramadhan bukan menjadi halangan kamu jika ingin menjalani diet dan menurunkan berat badan. Dengan menurunnya berat badan, akan membuat kamu tampil lebih percaya diri dan oke saat lebaran nantinya. Tapi tidak jarang kamu mengalami peningkatan berat badan saat bulan Ramadhan. Oleh karena itu ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan jika ingin menurunkan berat badan selama bulan Ramadhan ini :

Perhatikan asupan yang akan kamu konsumsi

Saat sahur dan berbuka, konsumsilah makanan yang mengandung serat dan tinggi protein. Sebab makanan tersebut bisa menambah energi tubuh kita, dan bisa menahan nafsu makan sehingga perut kita terasa kenyang lebih lama. Hal itu disebabkan karena sistem pencernaan membutuhkan waktu lebih lama untuk mencerna makanan tersebut.

Dengan demikian, kamu tidak akan merasa terlalu lapar saat disiang hari, dan juga tidak mudah keblabasan disaat berbuka puasa. Cara ini mengajari kita untuk lebih tertib dalam mengontrol jumlah makanan yang di konsumsi selama bulan Ramadhan.

Mengonsumsi makanan dengan porsi banyak hanya akan membuat kamu mengalami kenaikan gula darah, hal itu bisa memicu kamu terkena penyakit diabetes dan juga mengalami obesitas. Lebih baik gunakan piring yang kecil selama bulan Ramadhan agar porsi makan kamu tetap konsisten.

Melakukan aktifitas fisik tambahan

Melakukan aktifitas tambahan seperti olahraga memang penting untuk dilakukan apalagi di bulan Ramadhan, agar stamina tubuh tetap terjaga dengan baik dan kamu tidak mudah lelah dan tetap bersemangat melakukan puasa. Tidak hanya itu saja, berolahraga akan membantu kamu untuk membentuk tubuh dan berat badan yang ideal.

Olahraga akan membakar lemak yang menumpuk di tubuh, sehingga lemak yang membuat bentuk tubuh kamu jelek akan tersingkirkan dengan berolahraga. Lakukan olahraga di waktu sebelum sahur, sebelum berbuka puasa ataupun di malam hari. Hindari melakukan olahraga di pagi hari sebab akan membuat kamu kelelahan, merasa lapar dan haus, apalagi jika kamu berpuasa disiang hari hanya akan membuat tubuh merasa lelah dan bahkan bisa pingsan sebab perut tengah kosong kamu paksa untuk melakukan aktifitas yang menguras tenaga.

Jangan mengonsumsi terlalu banyak makanan dan minuman manis

Walaupun kamu dianjurkan berbuka dengan yang manis-manis bukan berarti semua makanan dan minuman bisa kamu konsumsi saat berbuka seperti es the manis, sup buah, kolak dan takjil manis lainnya. Ingat makanan manis pasti mengandung gula yang tinggi, gula yang tinggi akan memicu kamu mengalami peningkatan berat badan lebih cepat.

Bukannya membuat tubuh kurus saat berpuasa, hal itu justru malah bisa meningkatkan berat badan kamu. Jika kamu memang ingin mengonsumsi makanan dan minuman manis, lebih baik kamu bisa mengonsumsi buah kurma atau minum jus buah saja tanpa tambahan gula pasir dan susu.

Konsumsi air putih

Disaat bulan Ramadhan konsumsi air putih kamu harus lebih banyak dibandingkan hari lain sebab berpuasa cenderung akan membuat kamu mengalami lehausan bahkan dehidrasi. Dehidrasi hanya akan menimbulkan efek samping terhadap kesehatan kamu seperti cepat lelah, lemas, letih, tidak fokus dan tidak bersemangat saat bekerja.

Selain itu, mengonsumsi air putih akan membuat sistem metabolisme tubuh mengalami peningkatan sehingga untuk membakar kalori dan lemak tubuh lebih maksimal sehingga bisa membentuk berat badan yang ideal jika lemak tubuh yang menumpuk banyak terbakar

Jangan mengonsumsi gorengan

Gorengan termasuk makanan yang banyak dijadikan orang sebagai pembuka dalam berbuka puasa. Banyak mengonsumsi makanan yang digoreng dengan banyak minyak seperti gorengan hanya akan membuat kamu mengalami kenaikan berat badan sebab kamu mendapatkan tambahan lemak dan kalori yang tinggi dari makanan tersebut.

Tinggalkan Balasan