Tips Menjaga Kesehatan Selama Mudik Saat Lebaran

0

Lebaran merupakan momen yang paling membahagiakan bagi seluruh umat islam didunia sehingga tidak jarang momen lebaran ini dinikmati dengan berkumpul dengan keluarga dan orang-orang terjadi sehingga banyak orang yang melakukan mudik selama lebaran. Saat mudik tidak jarang juga kesehatan tubuh mengalami penurunan setelah sampainya di kampung halaman. Oleh karena itu penting untuk menjaga kesehatan selama mudik saat lebaran dengan mengikuti tips berikut ini :

Istirahat yang cukup

Selain asupan makanan yang sehat dan bergizi yang mesti kamu perhatikan. Tubuh dan pikiran kamu pun juga memerlukan ruang untuk beristirahat. Jangan mentang-mentang kamu akan mudik saat lebaran, kamu bekerja lebih keras dan ekstra dari biasanya bahkan kamu sampai melakukan lembur setiap harinya agar pekerjaan kamu cepat selesai sehingga kamu tidak memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat.

Sebaiknya kamu hentikan tindakan tersebut sebab kamu hanya akan membuat kesehatan tubuh menjadi down nantinya, tentu saja akan membuat rencana mudik lebaran kamu menjadi kacau. Apalagi kamu juga sering sampai bergadang setiap harinya akan membuat daya tahan tubuh menurun dan kamu akan mudah untuk terserang penyakit. Apalagi jika kamu mudik dengan membawa mobil pribadi mustahil untuk kamu mengendarai mobil dengan baik dan takutnya kamu bisa terlibat kecelakaan. Disarankan kamu memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat minimal 7 jam dalam sehari agar dikeesokan harinya.

Pola makan yang sehat

Selama berpuasa kamu harus memperhatikan asupan makanan dan minuman yang akan konsumsi. Jangan sembarangan mengonsumsi makanan dan minuman hanya karena tergiur oleh nafsu belaka. Selama berpuasa tidak sering kamu kalap mata sehingga kamu akan tergiur semua makanan yang ada dihadapan kamu. Apalagi makanan yang kamu konsumsi tersebut masih tergolong cemilan dan disaat perut sudah merasa kenyang akan membuat kamu malas untuk mengonsumsi nasik beserta lauknya. Tidak hanya itu saja, jarang nya kamu mengonsumsi buah dan sayuran selama berpuasa juga akan mempengaruhi kesehatan kamu selama berpuasa. Konsumsilah makanan dan minuman yang sehat agar tubuh selalu fit selama berpuasa hingga kamu mudik lebaran nantinya.

Perbanyak mengonsumsi vitamin

Peranan vitamin memang sangat baik bagi kesehatan tubuh apalagi jika kamu ingin mudik saat lebaran, kamu harus menjaga kesehatan tubuh lebih ekstra dari biasanya. Usahakan mengonsumsi vitamin yang kamu peroleh dari buah-buahan dan sayur-sayuran sebab kamu akan memperoleh vitamin yang alami.

Jika kamu bosan mengonsumsi buah-buahan yang utuh kamu bisa mengolah mereka mereka menjadi smoothies ataupun jus. Pastikan kebutuhan vitamin tubuh tercukupi apalagi vitamin C, jangan sampai kesehatan tubuh down baru kamu mengonsumsi makanan yang memberikan sumbangan vitamin yang baik bagi kesehatan tubuh. Dengan demikian tubuh akan fit dan oke saat kamu melakukan mudik saat lebaran.

Persiapkan kesehatan sebelum mudik

Sangat penting untuk menjaga stamina tubuh tetap baik selama kamu berpuasa hingga tiba waktunya kamu mudik saat lebaran sebab saat melakukan mudik kamu pasti akan melakukan kontak langsung dengan kuman, bakteri dan polusi selama dalam perjalanan. Tubuh harus dalam kondisi sehat dan bugar saat kamu ingin mudik kekampung halaman.

Oleh karena itu kamu harus menjaga asupan makanan yang akan kamu konsumsi, dimulai dari mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, hindari sementara waktu mengonsumsi makanan cepat saji, tubuh harus mendapatkan istirahat yang cukup dan kalau perlu ditunjang dengan meminum supleman sehat yang bisa kamu minta resepnya dari dokter.

Tinggalkan Balasan