Tips Memulai Investasi Saham Bagi Pemula, Jangan Sampai Salah Arah!

0

Saham merupakan salah satu jenis kegiatan investasi yang tingkat popularitasnya sangat tinggi di lingkungan masyarakat. Tidak hanya kalangan pebisnis yang tertarik untuk menjadi bagian dari investasi saham, bahkan kini banyak mahasiswa yang mulai tertarik untuk berinvestasi saham.

Jika Anda termasuk salah satunya, baiknya sebelum benar – benar menggunakan dana Anda untuk berinvestasi, Anda harus pahami dulu tips memulai investasi saham bagi pemula agar Anda tidak salah langkah. Berikut tipsnya yang Anda harus pahami!

Tips Memulai Investasi Saham Bagi PemulaTips memulai Investasi Saham Bagi Pemula

1. Selektif memilih jenis saham

Tips memulai investasi saham bagi pemula yang pertama adalah memilih jenis sahamnya. Ada banyak jenis saham dan jenis tersebut dapat menjadi sebuah instrumen investasi pilihan Anda, diantaranya adalah saham bluechip dan ada juga saham gorengan.

Jika Anda merupakan seorang pemula, baiknya jangan Anda mencoba trading atau investasi saham yang nilai kapitalisasinya cenderung kecil karena akan sulit membuat Anda cuan. Saham bluechip adalah jenis yang sangat dianjurkan karena saham tersebut sangat stabil dalam jangka waktu yang lama.

2. Investasi saham perlu Anda mulai dengan dana rendah

Salah satu tips memulai investasi saham bagi pemula yang Anda harus lakukan adalah mulai melakukan investasi yang nilai modalnya kecil. Jadi walau Anda punya uang lumayan banyak, jangan Anda mencoba menggelontorkan dana terlalu besar untuk melakukan investasi saham karena resikonya juga sangat besar jika dana yang Anda investasikan besar.

Karena itu sembari belajar, Anda sertakan saja modal kecil agar resikonya juga kecil. Investasi saham pun tidak hanya bisa dilakukan dengan dana 1 juta rupiah. Sekarang ini bahkan investasi saham bisa dimulai dengan dana 100 ribu rupiah.

3. Lihat seperti apa sentimen pasar

Sentimen pasar menjadi salah satu faktor penyebab naik turunnya harga saham di pasar saham yang sangat sering terjadi. Sentimen ini muncul akibat pengaruh berbagai macam kebijakan dan suatu trend baik yang asalnya dari dalam negeri atau dari luar negeri.

Faktor dari dalam negeri yang mempengaruhi sentimen saham dipengaruhi atas kebijakan indikator suku bunga, tingkat inflasi, kebijakan pemerintah sampai kabar burung tentang perusahaan atau suatu industri tertentu.

Sementara faktor dari luar negeri biasanya dipengaruhi oleh kurs rupiah atas mata uang lain atau indeks harga saham secara regional di wilayah Asia dan pengaruh kebijakan yang berasal dari bank sentral Amerika Serikat.

4. Lakukan kontrol emosi dengan baik

Anda harus tahu bahwa bermain saham adalah suatu cara mengelola emosi. Sehingga jika Anda merupakan orang dengan tingkat emosi tidak stabil, maka akan cenderung sangat buruk Anda dalam bermain saham. Anda harus tahu bahwa ada banyak kasus yang terjadi dimana trader seringkali mengalami kerugian dengan nilai cukup besar akibat dikendalikan oleh emosi mereka sendiri.

Karena itu control emosi Anda ketika Anda sedang bermain saham. Teruslah berpikir secara jernih baik ketika Anda untung atau rugi. Jangan sampai Anda biarkan kondisi senang atau sedih membuat Anda salah mengambil keputusan dalam bermain saham karena hal tersebut akan sangat merugikan Anda.

Sebenarnya Anda tidak hanya bisa menggunakan dana Anda untuk investasi saham agar mendapatkan keuntungan. Ada banyak jenis investasi lain yang bisa Anda jadikan pilihan selain saham. Lantas, apa saja jenis investasi bagi pemula yang bisa dijalankan selain saham?

Baca : Ragam Investasi Bagi Pemula Yang Cocok Dijalankan Investor Pemula

Jadi mulai dari sekarang, investasikan dana Anda pada instrumen investasi yang aman. Pun jika Anda ingin berinvestasi saham, baiknya saham bluechip yang lebih aman jadi pilihan Anda dibandingkan saham gorengan. Salam investasi!

 

APA PENDAPAT ANDA

Silahkan masukan komentar
Masukan nama Anda disini