Rekomendasi Tempat Wisata di Samarinda yang Wajib Dikunjungi

Baca juga

Keuntungan menjadi anggota VIP danarupiah

Warnabiru.com – Pengguna aplikasi danarupiah pasti tidak asing lagi dengan istilah anggota VIP danarupiah yang bisa dimukan didasbor aplikasi...

10 Penyedia Pinjaman Online Dan KTA Tanpa Kartu Kredit Dengan Proses Termudah

Warnabiru.com - Pusing dengan rumitnya syarat pengajuan KTA ke bank? Jangan khawatir karena masih banyak pilihan alternatif yang bisa...

Pengenalan Marketplace Dan Toko Online Bagi Pemula

Toko Online adalah media yang memudahkan orang untuk membeli dan menjual barang tanpa harus bertemu atau bertemu muka karena...
Tim Redaksi
Mengulas berbagai informasi seputar bisnis, finansial dan teknologi.

Seperti yang kita ketahui, Indonesia merupakan negara yang memiliki kekayaan alam melimpah, oleh karena itu Indonesia dijuluki sebagai salah satu surga dunia. Berbicara mengenai keindahan alam, beberapa wilayah di Nusantara, seperti Bali, Sulawesi Tenggara, dan Kalimantan Timur memanfaatkan hal tersebut dengan cara menjadikan tempat wisata untuk menarik pengunjung dari luar daerah bahkan luar negeri. Seperti halnya yang dilakukan kota Samarinda, dimana saat ini telah banyak tempat wisata di Samarinda yang menawarkan panorama keindahan alam yang memanjakan mata serta beberapa tema tempat wisata yang lainnya.

Samarinda merupakan salah satu kota di provinsi Kalimantan Timur sekaligus menjadi kota terbesar di wilayah Pulau Kalimantan. Memiliki populasi penduduk yang cukup padat, kota Samarinda bisa dikatakan cukup baik dalam mengalami masalah penghasilan setiap warganya, pasalnya dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada, pemerintah kota Samarinda mendirikan berbagai macam tempat wisata yang kemudian bisa dikelola oleh seluruh masyarakat sekaligus menjadi ladang penghasilan bagi warga Samarinda yang tidak memiliki pekerjaan.

Lalu apa saja objek wisata yang bisa kita kunjungi ketika berada di kota Samarinda ? berdasarkan informasi yang kami peroleh, kota Samarinda sedikitnya memiliki 5 tempat wisata yang menawarkan panorama keindahan alam Samarinda, mulai dari perbukitan, danau, hingga air terjun, bahkan Samarinda juga memiliki tempat wisata edukasi mengenai budaya kota Samarinda. Bukan hanya itu, sebagian besar pengelola tempat wisata di kota Samarinda juga menentukan tarif atau biaya masuk yang sangat terjangkau, bahkan relatif murah.

Salah satu objek wisata di Samarinda yang cukup menarik banyak pengunjung adalah Taman Rekreasi Lembah Hijau yang berlokasi di Jalan Kebun Raya, Lempake, Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur. Seperti hal nya Taman Rekreasi pada umumnya, tempat ini menyajikan berbagai macam wahana permainan, mulai dari permainan air seperti kolam renang dan waterboom hingga permainan yang cukup memicu adrenalin, seperti outbond. Kemudian untuk biaya tiket masuk tempat wisata ini setiap pengunjung akan dikenakan tarif 5.000 rupiah, dan tambahan 180.000 rupiah bagi mereka yang ingin bermain Outbond.

Tempat Wisata di Samarinda Dengan Beragam Wahana Permainan yang Seru dan Mengasyikkan

Selain itu, kota Samarinda juga memiliki ikon tempat bernama Sungai Mahakam yang berlokasi di Jalan Gajah Mada, Bugis, Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur.

Sungai ini mengarungi tiga wilayah di provinsi Kalimantan Timur, antara lain adalah Kabupaten Kutai Kartanegara, Kabupaten Kutai Barat, dan Kota Samarinda. Bukan hanya itu, bagi masyarakat kota Samarinda sendiri, tepian sungai Mahakam seringkali dijadikan objek wisata oleh mereka yang ingin bersantai sambil memandangi matahari terbenam atau mereka yang ingin foto-foto bersama kerabat juga sering menjadikan Sungai Mahakam sebagai latar belakang. Baiklah, untuk mengetahui apa saja tempat wisata di Samarinda yang bisa dikunjungi, langsung saja kalian simak informasi yang telah kami sajikan dibawah ini.

Desa Budaya Pampang

Rekomendasi Tempat Wisata di Samarinda yang Wajib Dikunjungi

Seperti yang telah kami singgung diatas, dimana Samarinda tidak hanya menyajikan tempat wisata dengan tema panorama keindahan alam saja, tetapi kalian juga bisa berwisata sekaligus belajar mengenai sejarah dan budaya kota Samarinda di objek wisata Desa Budaya Pampang yang berlokasi di Jalan Dahlia No. 69, Sungai Siring, Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur. Kemudian untuk tiket masuk Desa Budaya Pampang, setiap pengunjung akan dikenakan tarif sebesar 25.000 rupiah untuk dewasa, sedangkan untuk anak-anak hanya 20.000 rupiah.

Taman Rekreasi Lembah Hijau

Rekomendasi Tempat Wisata di Samarinda yang Wajib Dikunjungi

Selanjutnya, objek wisata ini juga sempat kami singgung pada awal pembahasan dimana tempat ini merupakan taman rekreasi yang didalamnya terdapat berbagai macam wahana permainan, mulai dari permainan air hingga Outbond.

Taman Rekreasi Lembah Hijau ini berlokasi di Jalan Kebun Raya, Lempake, Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur. Kemudian untuk masalah tiket masuk, setiap pengunjung akan dikenakan tarif sebesar 5.000 rupiah, namun bagi kalian yang ingin bermain Outbond, kalian harus membayar biaya tambahan sebesar 180.000 rupiah untuk satu paket Outbond.

Kampung Tenun

Rekomendasi Tempat Wisata di Samarinda yang Wajib Dikunjungi

Kemudian bagi kalian yang sedang berada di kota Samarinda dan sedang bingung menentukan buah tangan untuk keluarga di rumah, kalian bisa mendatangi Kampung Tenun di Samarinda atau lebih tepatnya berada di Jalan Panglima Bendahara Samarinda Seberang, Provinsi Kalimantan Timur.

Di tempat ini kalian bisa membeli kain tenun khas Samarinda sebagai oleh-oleh keluarga di rumah sekaligus mengabadikan momen dalam bentuk foto dengan latar belakang aneka ragam kain tenun khas Samarinda yang sangat terkenal. Disamping itu, tempat ini buka mulai pukul 09:00 sampai dengan 19:00 waktu setempat.

Taman Tepian Mahakam

Rekomendasi Tempat Wisata di Samarinda yang Wajib Dikunjungi

Kota Samarinda juga memiliki sungai bernama Mahakam yang notabene merupakan salah satu ikon kota tersebut. Sungai Mahakam mengaliri sekitar 3 wilayah di provinsi Kalimantan Timur, antara lain Kabupaten Kutai Kartanegara, Kabupaten Kutai Barat, dan Kota Samarinda.

Disamping itu, tepian Sungai ini juga kerap dikunjungi oleh banyak orang, khususnya masyarakat lokal kota Samarinda pada sore hari, di Taman Tepian Mahakam mereka bisa bersantai sambil menikmati matahari terbenam dan bagi yang hobi fotografi, Tepian Mahakam juga menawarkan pemandangan yang apik, cocok untuk memenuhi hobi fotografi kalian, ditambah lagi untuk memasuki tempat ini kita tidak dipungut apapun alias gratis.

Air Terjun Tanah Merah

Terakhir, kalian juga bisa berkunjung ke tempat wisata alam bernama Air Terjun Tanah Merah yang berlokasi di Jalan Muara Badak – Samarinda, Dusun Purwosari, Tanah Merah, Samarinda Utara, Samarinda, Kalimantan Utara.

Nah, di tempat wisata alam ini kalian bisa bermain air bersama suasana hutan yang masih sangat sejuk, disamping itu harga tiket masuk menuju Air Terjun Tanah Merah juga cukup murah, yakni 5.000 rupiah per orang.

Berikut merupakan deretan tempat wisata di Samarinda yang bisa kalian kunjungi, seperti yang telah kalian simak pada ulasan diatas yang mana biaya atau tarif masuk ke objek wisata di Samarinda ini sangat terjangkau, bahkan ada beberapa tempat wisata yang tidak memungut biaya tiket masuk alias gratis.

Baiklah, cukup sekian informasi yang bisa kami sajikan, semoga bermanfaat sekaligus bisa menjadi referensi bagi kalian, khususnya yang sedang berada di kota Samarinda untuk menentukan tujuan wisata. Terimakasih.

 

 

Pos Terkait

Tempat Wisata Malam Bali Yang Bisa Kalian Kunjungi

Wisata malam Bali memang selalu menjadi daya Tarik tersendiri bagi sebagian besar pengunjung, baik itu wisatawan lokal maupun wisatawan manca negara. Bali merupakan salah...

5 Tempat Wisata Bahari di Sulawesi Tenggara yang Menyuguhkan Keindahan Alam Bawah Laut

Wisata Bahari di Sulawesi Tenggara memang sudah tidak bisa diragukan lagi akan keindahan dan juga ekosistem lautnya yang sangat terjaga. Sulawesi Tenggara seringkali menjadi...

Aneka Ragam Tempat Wisata di Padang, Sumatera Barat

Kota Padang sangat terkenal akan makanan khas bernama Rendang, ya makanan ini menjadi makanan favorit sebagian besar masyarakat di Indonesia, terbukti hampir di seluruh...

APA PENDAPAT ANDA

Silahkan masukan komentar
Masukan nama Anda disini

Berita Terbaru

Pengakuan Pelecehan Seksual di Yogya Berkedok Penelitian Swinger

Warnabiru.com - Belum selesai berita viralnya fetish kain jarik. Kini publik dihebohkan dengan video pengakuan seseorang bernama Bambang Ariyanto di...

Video Anji dan Hadi Pranoto Tentang Covid-19 yang Menghebohkan

Warnabiru.com - Channel Youtube Dunia Manji tengah menjadi perbincangan. Pasalnya chanel Youtube milik Anji seorang musisi ini menampilkan obrolan Anji dengan Hadi Pranoto seorang yang...

Pelaku Order Fiktif Paket Parabola dan Pisang Satu Truk di Kendal Ditangkap

Warnabiru.com - Polisi berhasil menangkap pelaku order fiktif kepada korban yang bernama Titik (20). Perempuan asal Desa Jungsemi, Kecamatan Kangkung, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, itu...

Setelah 12 Tahun Akhirnya Kedok TNI Gadungan Terbongkar di Medan

Warnabiru.com - Aksi TNI gadungan berinisial M (50) asal Kelurahan Kwala Bekala, Kecamatan Medan Johor, Kota Medan, Sumatera Utara, akhirnya terhenti. Setelah seorang petugas Babinda...

Mereka yang Gagal Dimakzulkan oleh DPR

Warnabiru.com Bupati Jember Faida tengah mendapatkan sorotan karena kepemimpinanya tengah dimakzulkan oleh DPRD Jember. Sebanyak tujuh fraksi melalui sidang paripurna Hak Menyatakan Pendapat (HMP)...

Pilihan Editor