Seluruh Wilayah Jawa Timur Terancam Zona Merah COVID-19

0
Seluruh Wilayah Jawa Timur Terancam Zona Merah COVID-19
Peta penyebaran zona merah covid-19

Warnabiru.com – Wilayah Jatim berada dalam situasi memilukan, saat ini hampir seluruh daerah di Jawa Timur berstatus Zona Merah seiring meningkatnya jumlah kasus positif COVID-19.

Jumlah kasus wilayah jatim yang sudah terkonfirmasi positif COVID-19 adalah 1.220 , setelah adanya tambahan jumlah kasus terbaru yakni 58 kasus.

Dari jumlah keseluruhan kasus, pasien yang harus menjalani perawatan sebanyak 883. Menurut data yang dihimpun, 58 pasien baru COVID-19 yang terkonfirmasi hari ini terdapat dari berbagai daerah, Surabaya dilaporkan ada 17 pasien, Sidoarjo 11 pasien, Gresik 6 pasien, Kota Batu 1 pasien, Lumajang 1 pasien, Nganjuk 1 pasien, dan 2 pasien dari Bangkalan.

Selain itu, ada tambahan 3 kasus positif COVID-19 di Kabupaten Madiun, 1 Pasien Kota Madiun, 2 pasien dari Kota Mojokerto, 5 pasien dari ngawi, 2 pasien dari kabupaten Malang, 1 pasien dari Jember, 1 pasien dari bondowoso, 1 pasien dari Banyuwangi, dan dari Kabupaten Kediri ada 2 pasien.

BACA JUGA: Pasien Covid-19 Di Jawa Timur Membludak, Rumah Sakit Rujukan Kekurangan Kamar Pasien

Dalam konferensi pers yang diadakan di Gedung Negara Grahadi pada hari rabu (6/5/20), Guberbur Jatim, Khofifah, mengatakan bahwa ada sebanyak 58 kasus positif COVID-19 yang terkonfirmasi. Sebagian besar jumlah tambahan tersebut berasal dari Surabaya sebanyak 17 pasien, Sidoarjo 11 pasien, dan 6 pasien dari Gresik.

“Yang terkonfirmasi positif ada tambahan 58. Terbanyak tambahannya di Surabaya ada 17, kemudian Sidoarjo 11, dan Gresik 6,” kata Khofifah.

Hampir seluruh wilayah Jatim berstatus zona merah

Seiring dengan bertambahnya jumlah kasus ini, Kota Madiun menambah jumlah zona merah di Wilayah Jawa Timur. Hampir diseluruh kota dan kabupaten di jatim berstatus zona merah yang disebabkan dari jumlah peningkatan kasus positif COVID-19 disetiap daerah.

Wilayah Jawa Timur tidak memiliki daerah zona kuning. Hanya ada satu zona hijau yaitu di Sampang, Madura. Disana terdapat orang dalam Pemantauan (ODP), tidak ada pasien dalam pengawasan (PDP), dan juga tidak ada pasien positif COVID-19.

Tidak hanya itu, tim penanganan COVID-19 Jatim juga menginformasikan pasien yang berhasil menjalani masa perawatan. Tercatat ada sekitar 7 pasien yang dinyatakan sembuh dari virus corona. Pasien dari Kabupaten Malang ada 2 pasien, Kabupaten Mojokerto ada 2 pasien, dan 3 pasien dari Surabaya.

Jumlah pasien yang telah dinyatakan sembuh mencapai 205 atau 16,8%. “Kita sampaikan terima kasih tenaga kesehatan yang sudah berjuang keras memberikan layanan. Ada 7 yang sudah terkonversi negatif, artinya sembuh,” kata Khofifah.

Terdapat juga tambahan pasien meninggal dunia akibat COVID-19 sebanyak 9 kasus. Beberapa diantaranya, 1 pasien dari Bangkalan, 2 pasien dari Kabupaten Malang, 1 pasien dari Kabupaten Sidoarjo, 1 pasien dari Gresik, dan 4 pasien dari Surabaya. Jumlah kasus meninggal saat ini mencapai 132 pasien atau 10,82 persen.

BACA JUGA: PEMPROV Jawa Timur Buat Terapi Mancing Ikan Lele Bagi ODP Dan ODR Covid-19

“Begitu juga hari ini, kita ikut berduka. Angka yang meninggal dunia ada 9 orang. Kita memang harus melakukan kesiapsiagaan berganda untuk penyebaran COVID-19 ini,” imbuh Khofifah.

Berdasarkan data yang dihimpun, total pasien dalam pengawasan (PDP) mencapai 3645 dan yang masih diawasi 1.1717 . sedangkan orang dalam pengawasan (ODP) mencapai 20.608 kasus, dan 5.086 kasus yang masih dipantau.

 

APA PENDAPAT ANDA

Silahkan masukan komentar
Masukan nama Anda disini