Sama – Sama Berkuasa Lama Seperti Putin, Para Presiden Ini Bernasib Tragis

Baca juga

Keuntungan menjadi anggota VIP danarupiah

Warnabiru.com – Pengguna aplikasi danarupiah pasti tidak asing lagi dengan istilah anggota VIP danarupiah yang bisa dimukan didasbor aplikasi...

10 Penyedia Pinjaman Online Dan KTA Tanpa Kartu Kredit Dengan Proses Termudah

Warnabiru.com - Pusing dengan rumitnya syarat pengajuan KTA ke bank? Jangan khawatir karena masih banyak pilihan alternatif yang bisa...

Pengenalan Marketplace Dan Toko Online Bagi Pemula

Toko Online adalah media yang memudahkan orang untuk membeli dan menjual barang tanpa harus bertemu atau bertemu muka karena...

Warnabiru.com – Presiden Rusia Vladimir Putin secara resmi berkuasa hingga 16 tahun lagi atau sampai tahun 2036. Hal itu dikonstitusionalkan secara legal lewat referendum yang didukung 78 % rakyat Rusia. Sehingga secara total Presiden Vladimir Putin berkuasa di Rusia dari tahun 1999 hingga 2036 atau 37 tahun.

Vladimir Putin dicitrakan sebagai pemimpin khas Rusia. Yakni berawal bertugas sebagai agen KGB di Jerman Timur hingga keruntuhan Jerman Timur. Setelah kembali ke Rusia secara perlahan merangkak naik kekuasannya hingga menjadi presiden hingga saat ini.

Untuk jabatan seorang presiden tentu jabatan 22 tahun  itu dianggap cukup lama. Karena biasanya presiden – presiden di dunia hanya berkuasa selama 4 tahun dengan masa 2 periode saja.

BACA JUGA: Selain Hongkong Inilah Daftar Negara Tetangga Yang Berkonflik Dengan Cina

Banyak presiden di dunia yang ingin berkuasa lebih lama namun seringkali bernasib tragis. Karena cenderung menjadi korup sehingga dibenci rakyat dan berakhir dengan kejatuhan.

1.Presiden Muammar Khadafi

Khadafi menjadi presiden di Libya dari tahun 1977 hingga 2011 atau total 42 tahun. Dia mendapatkan kekuasaan setelah mengkudeta Raja Idris karena korupsi merajalela di Kerajaan Libya dan kalahnya Libya terhadap Izrael dalam Perang Enam Hari.Dalam memerintah Libya dia memanfaatkan penjualan minyak bumi di Libya untuk menyejahterakan rakyatnya. Seperti pendidikan gratis, bahan makanan murah dan tempat tinggal gratis. Tidak heran dengan kunci subsidi itulah dia berkuasa cukup lama di Libya.

Sekaligus dia dikenal sebagai pihak anti barat. Ditunjukkan sikapnya yang mengusir militer Inggris dan Amerika Serikat dari Libya. Karena sebelumnya kedua negara itu mendirikan pangkalan militer di Libya. Bahkan dia juga menyita aset orang Itali yang tinggal di Libya dan mengusir mereka. Dia mengidentifikasikan diri sebagai pendukung pejuang kemerdekaan. Dibuktikan dia mendanai banyak organisasi pemberontakan di dunia seperti Pemberontak Moro di Filipina, Pemberontak Irlandia, Pemberontak Armenia dan Organisasi September Hitam yang terkenal karena membantai atlet Izrael dalam Olimpiade Munchen 1972.

Pada tahun 2011 terjadi kebangkitan dunia arab atau dikenal Arab Spring. Banyak pemimpin di negara – negara Timur Tengah yang turun setelah didemo besar – besaran oleh rakyatnya. Seperti turunyya Presiden Tunisia Ben Ali dan Presiden Mesir Husni Mubarak. Begitu pula dengan Libya banyak rakyat yang melakukan demonstrasi melawan Khadafi. Karena tingkat pengangguran mencapai 30 %.

Khadafi menanggapi demonstrasi dengan brutal karena dianggap ditunggangi kepentingan barat. Para demonstran ditembaki hingga korban mencapai 100 orang. Hal tersebut membuat politisi senior bergabung denga para demonstran dan memulai pemberontakan. Kekuatan pemberontak semakin kuat setelah didukung secara langsung oleh Amerika Serikat. Dengan bantuan senjata api dan drone rudal tanpa awak.

Tidak heran dengan bantuan drone rudal itulah secara pelan tapi pasti para pemberontak berhasil mendesak pasukan pemerintah. Muammar Khadafi menghadapi hari – hari kejatuhannya dengan cara berpindah – pindah dan membaca Al-Qur’an. Akhirnya pada tanggal 20 Oktober 2011 adalah hari naas baginya. Iring – iringan kendaraan Khadafi dibom rudal oleh drone anti awak milik Amerika Serikat. Spontak mereka kocar – kacir termasuk Khadafi.

Mereka ditembaki pemberontak di wilayah Misratah sehingga melarikan diri ke sebuah villa terdekat. Dengan kondisi luka parah  di kepala akibat ledakan granat Khadafi sembunyi di pipa drainase. Namun ditemukan oleh pemberontak kemudian diringkus. Saat diringkus itulah salah satu pemberontak disodok atau ditusuk anusnya menggunakan tongkat atau sejenis pisau. Saat hendak diletakkan di bak truk dia terjatuh. Kemudian Khadafi dibawa menggunakan ambulans untuk diobati di rumah sakit. Namun belum sampai rumah sakit pemimpin yang terkenal flamboyan itu sudah tewas. Siang harinya setelah tewas jasadnya diletakkan di lemari es sebuah pasar kemudian dipamerkan ke publik selama empat hari. Kemudian dikuburkan di suatu tempat rahasia guna menghindari pemujaan dari pendukunganya.

Pasca kematian Khadafi banyak fakta lain kehidupannya yang terungkap. Seperti pengakuan wanita bernama Soraya yang mengaku sebagai budak nafsu Moammar Khadafi. Pada usia 15 tahun tepatnya April 2004 dia diculik pengikut Khadafi. Kemudian dengan mobil SUV dia dibawa ke sebuah tempat bawah tanah. Disana dia dites prawan kemudian diberi pakaian seksi. Disanalah dia menjadi budak seksual hingga bertahun – tahun sampai keruntuhan Moammar Khadafi. Setelah pemberontak menguasai Libya banyak ditemukan ruang rahasia bawah tanah di Istana Libya.

Ruang bawah tanah itu digunakan Moammar Khadafi untuk melampiaskan nafsunya kepada wanita pilihannya. Ruangan itu komplet mulai dari ruang berisi ranjang khusus untuk tidur dan  ruang kesehatan untuk cek keprawanan sekaligus tempat aborsi.

2.Saddam Husein yang digantung

Presiden Saddam Husein berkuasa di Irak dari tanggal 16 Juli 1979 hingga 9 April 2003 atau 24 tahun. Dia berkuasa menggantikan saudaranya bernama Jendral Ahmad Hassan al – Bakr. Selama berkuasa dia dikenal sebagai tokoh anti barat sehingga tidak heran Amerika Serikat sangat membencinya. Saat berkuasa Saddam Husein secara sepihak menyerang Kuwait tahun 1990 karena dinilai mencuri minyak Irak dengan metode mengebor miring. Padahal itu adalah cara Saddam Husein untuk menghapus hutang Irak kepada Kuwait. Pada awal perang pasukan Irak dengan mudah menguasai Kuwait karena keunggulan militernya. Namun dengan setelah Amerika Serikat membantu Kuwait pihak Irak menyerah.

Dia juga melakukan perang terhadap Iran pada 1980. Hal itu dilakukan untuk membendung pengaruh Islam Syiah menyebar ke Irak. Karena saat itu Islam Syiah berhasil mengkudeta Raja Shah Reza di Iran. Dalam perang itu berakhir imbang karena semua pihak mundur tanpa kemenangan maupun kekalahan.

Pada tahun 2000 pihak Amerika Serikat menuduh Irak memproduksi senjata pemusnah massal atau nuklir. Namun dalam inpeksinya Dewan PBB tidak menemukan senjata pemusnah massal itu. Selain itu Amerika Serikat menuduh Irak menyembunyikan para teroris yang menyerang Gedung WTC pada 11 September. Dengan dua alasan itulah Amerika Serikat atas perintah Presiden George W Bush menginvansi Irak pada tahun 2003. Selain  Amerika Serikat negara lain ikut turut serta seperti Kanada, Inggris dan Prancis.

Tidak heran dalam waktu 3 bulan Amerika Serikat berhasil menduduki Irak. Nasib Saddam Hussein sendiri tertangkap tanggal 13 Desember 2003 di Tikrit. Dengan tuduhan melakukan pembunuhan massal terhadap komunitas Syiah pada tahun 1982 yang menewaskan 140 orang dia divonis hukuman mati. Video digantungnya Saddam Husein tersebar di media sosial. Terlihat sebelum dieksekusi dia berteriak bahwa hidupnya dihabiskan untuk melawan Amerika Serikat dan Persia. Saat digantung dia mengucapkan syahadat.

Terdapat fakta tersembunyi tentang Saddam Hussein seperti dirinya yang paranoid. Sehingga dia tidak pernah tidur di istananya yang jumplahnya 28 buah itu. Hal itu dilakukan karena ketakutannya akan diserbu istananya oleh musuh – musuhnya. Hal itu berdasar pengalamannya yang dikudeta oleh CIA namun selalu gagal. Pasca  kematian Saddam Husein wilayah Irak menjadi hancur. Karena Amerika Serikat menempatkan pangkalan militer disana. Kemudian membombardir Iran, menanggapi serangan itu Iran balas merudal pangkalan militer Amerika Serikat itu. Hasilnya rakyat Irak yang tidak bersalah menjadi korban dari rudal yang salah sasaran itu.

Tidak heran saat Presiden George W Bush konferensi pers di Baghdad Desember 2018 dilempar sepatu oleh Wartawan Muntadhar al-Zaidi. Lemparan sepatu itu dikatakan sebagai salam perpisahan dari anak – anak yang menjadi yatim dan wanita yang menjadi janda setelah invansi Amerika Serikat di Irak.

3.Presiden Ali Abdullah Saleh diberondong 35 peluru

Semua rakyat Yaman tahu siapa Presiden Abdulah Saleh karena dia menyatukan Republik Yaman Selatan dengan Republik Yaman Selatan. Dia menjadi presiden di Yaman dari tahun 1978 hingga 2012 atau 34 tahun. Selama berkuasa dia mampu memanfaatkan perpecahan suku lokal  di Yaman dan menghadapi banyak pemberontakan. Hal itu cukup hebat sebab tiga presiden sebelumnya bernasib tragis. Yakni dua tewas dibunuh dan satu lagi melarikan diri ke luar negeri akibat kudeta.

Dia berhasil menyatukan Yaman Utara dan Yaman Selatan pasca runtuhnya Uni Soviet. Kemudian Yaman Selatan berusaha kembali memisahkan diri. Namun dengan opsi militer akhirnya Yaman Selatan berhasil kembali bersatu. Hingga terjadilah demonstrasi besar – besaran pada Januari 2011. Dalam demonstrasi berbulan – bulan itu militer membelot ke demonstrasi. Akhirnya Abdulah Saleh mundur dari kursi kepresidenannya dan digantikan wakilnya Abd Raboo Mansour Hadi.

foto: parstoday.com

Disaat masa transisi dengan kondisi Yaman yang mundur secara ekonomi. Munculah Pemberontak Houthi beraliran Syiah yang dibantu Iran. Dengan semangat militannya berhasil menguasai Ibu Kota Sanaa pada tahun 2015. Kemudian Abdulah Saleh bergabung dengan Pemberontak Houthi ini. Sedangkan pemerintah Yaman yang sah melarikan diri ke Arab Saudi.

Namun pada Desember 2017 Abdullah Saleh berubah haluan dengan meninggalkan koalisi itu. Secara rinci dia menjelaskan bergabung dengan koalisi Arab Saudi. Hal itu berdampak buruk baginya karena saat hendak menyebrang ke Arab Saudi pada tanggal 4 Desember 2017.

Dia ditemukan Pemberontak Houthi dan diberondong peluru sehingga sebanyak 35 peluru bersarang di tubuhnya. Sejak saat itulah kondisi di Yaman semakin mengerikan karena rudal – rudal Arab Saudi sering menghantam Pemberontak Houthi. Sehingga rakyat yang tidak bersalah menjadi korban. Belum lagi ditutupnya bantuan internasional oleh Pemberontak Houthi. Sehingga penduduk yang tidak ada pekerjaan itu kelaparan.

Berita Terkait

Fakta Joe Biden, Capres As yang Mengutip Hadits Nabi Muhammad SAW 

Joe Biden namanya tenar setelah dalam pidatonya di konferensi virtual yang digelar organisasi muslim terbesar di Amerika Serikat. Pada konferensi yang dilaksanakan pada Juli...

Selain Gibran Anak Presiden Ini Juga Juga Mencalonkan Diri Jadi Pemimpin

Warnabiru.com - Anak Presiden Joko widodo yakni Gibran Rakabuming resmi mencalonkan diri menjadi Wali Kota Solo dengan diusung Partai Demokrasi Indonesia. Dalam Pilkada Solo...

Mereka yang Berpendapat Berbeda Soal Virus Corona

Warnabiru.com - Virus Corona tercatat pertamakali dikonfirmasi di Cina. Virus berbahaya ini secara efektif menyerang sistem pernafasan kemudian menyerang paru - paru sehingga membawa...

Fakta Kontroversial Presiden Erdogan yang Menjadikan Hagia Sophia Sebagai Masjid

Perhatian dunia khususnya Uni Eropa tengah tertuju kepada Presiden Recep Tayyib Erdogan. Pasalnya presiden dari Turki itu menjadikan Hagia Sophia yang semula katredal untuk...

APA PENDAPAT ANDA

Silahkan masukan komentar
Masukan nama Anda disini

Berita Terbaru

Terkait Pelaporannya Hadi Pranoto Siap Gugat Balik Muannas Alaidi Sebesar 10 Miliar Dollar AS

Warnabiru.com - Ketua Umum Cyber Indonesia, Muannas Alaidi melaporkan Anji dan Hadi Pranoto atas dugaan penyebaran berita bohong pasca...

Soal Penangkapan Pelaku Fetish Kain Jarik

Warnabiru.com - Pelaku fetish kain jarik secara resmi ditangkap pihak kepolisian. GAN ditangkap di rumahnya yang terletak di Kelurahan Selat Dalam, Kecamatan Selat, Kabupaten...

Pelaku Perusakan Mobil BNN Saat Penangkapan Bandar Narkoba Ditetapkan Sebagai Tersangka

Warnabiru.com - Polresta Deliserdang secara resmi menetapkan tersangka perusakan mobil BNN Kabupaten Deliserdang yang berusaha menangkap bandar narkoba di Dusun III Rugemuk, Kecamatan Pantai...

Pemerintah Akan Salurkan Bantuan Karyawan Rp 600.000 Perbulan, Penerima Harus Terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan

Warnabiru.com - Lewat Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Tohir, menyatakan pemerintah akan memberi bantuan karyawan swasta yang bergaji dibawah...

Dituduh Pelakor dan Hampir Ditelanjangi, Seorang Wanita Lapor Polisi

Warnabiru.com - Beberapa waktu lalu viral video seorang oknum anggota DPRD Morowali Utara, Sulawesi Tengah digerebek istri sahnya saat berduaan dengan wanita lain dalam...

Berita Pilihan

Metha Penjual Rumah yang Siap Dinikahi Pembelinya Bila Jodoh

Metha Kanzul (30) tengah viral karena dia menjual rumahnya yang berada di daerah Mesu, Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung. Sekaligus siap dinikahi pembelinya. Wanita...

Video Anji dan Hadi Pranoto Tentang Covid-19 yang Menghebohkan

Warnabiru.com - Channel Youtube Dunia Manji tengah menjadi perbincangan. Pasalnya chanel Youtube milik Anji seorang musisi ini menampilkan obrolan Anji dengan Hadi Pranoto seorang yang...

Pelaku Order Fiktif Paket Parabola dan Pisang Satu Truk di Kendal Ditangkap

Warnabiru.com - Polisi berhasil menangkap pelaku order fiktif kepada korban yang bernama Titik (20). Perempuan asal Desa Jungsemi, Kecamatan Kangkung, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, itu...

Setelah 12 Tahun Akhirnya Kedok TNI Gadungan Terbongkar di Medan

Warnabiru.com - Aksi TNI gadungan berinisial M (50) asal Kelurahan Kwala Bekala, Kecamatan Medan Johor, Kota Medan, Sumatera Utara, akhirnya terhenti. Setelah seorang petugas Babinsa...