Penyebab Koneksi Internet Lelet Dan Cara Mengatasinya

0

Warnabiru.com – Internet merupakan kebutuhan penting untuk selalu terhubung dengan orang lain. Berbagai bentuk aktifitas sehari-hari mulai dari sosial, bisnis, finansial, hiburan dan lain-lain dapat diringkas dalam satu genggaman kapanpun dan dimanapun Anda berada. Dalam hal ini Anda pasti setuju bahwa kecepatan jaringan internet adalah faktor penunjang yang penting jntuk memudahkan aktifitas tersebut. Lalu apa jadinya jika koneksi internet lelet? Koneksi internet yang lambat pasti akan menggangu aktifitas sehari-hari dan membuat jengkel penggunanya.

Kenapa kita harus tahu penyebabnya?

Memahami apa saja faktor dan penyebab jaringan lelet akan berguna untuk mengidentifikasi penyebab jaringan internet eror, sehingga kita bisa menyesuaikan solusi yang paling tepat saat menemui masalah serupa di kemudian hari.

Penyebab koneksi internet telkomsel lelet dan cara mengatasinya

1. Faktor Lokasi

Lokasi bisa saja menjadi sebab jaringan internet buruk. Jika Anda mengalami masalah koneksi lelet karena faktor lokasi, berikut solusi sederhana untuk mengatasinya.

Lokasi tertutup: jika Anda mengalami masalah internet lelet di dalam ruangan tertutup, maka cobalah untuk pergi ke area yang lebih terbuka. Tempat tertutup (area di kelilingi tembok beton) bisa mempengaruhi kecepatan jaringan yang diterima oleh perangkat Anda.

Lokasi perdesaan: Pengguna internet yang berlokasi perdesaan sering kali mengalami masalah jaringan. Hal tersebut Jika posisi Anda sedang pergi ke area yang jauh dari pemancar signal coba gunakan jaringan secara manual. Dengan begitu jaringan yang Anda pilih akan lebih stabil.

Pergunungan dan perbukitan: Lokasi yang tidak rata juga seringkali menjadi sebab jaringan internet buruk. Untuk mengatasi hal ini sebaiknya carilah area yang paling terbuka.

2. Cuaca sedang buruk

Saat cuaca sedang buruk jaringan internet memang sering down. Hal ini seringkali dialami pengguna internet saat cuaca sedang extrim ( suhu udara terlalu panas maupun terlalu dingin) apalagi lagi jika sedang ada hujan deras dan badai. Kondisi ini dapat lebih buruk jika listrik kebetulan sedang padam. Tidak ada cara untuk mengatasi masalah ini kecuali menunggu hingga kondisi cuaca membaik seperti semula.

3. Penumpukan Cache

Masalah berikutnya adalah cache dan history yang tersimpan di perangkat Anda saat melakukan browsing. Penumpukan cache yang berlebihan dapat memperberat kinerja perangkat seluler dan bisa memperlambat koneksi internet. Solusinya coba hapus cache dan history di perangkat Anda. Jika masalah masih belum teratasi silahkan matikan smartphone selama beberapa detik dan hidupkan lagi. Umumnya cara ini bekerja dengan baik jika masalah yang Anda alami adalah karena penumpukan cache dan history yang berlebihan.

4. Pengaturan Mode batrai

Faktor penyebab koneksi lelet selanjutnya adalah dari settingan dari perangkat seluler Anda. Coba lakukan cek terlebih dulu apakah Anda menggunakan mode hemat batrai atau tidak. Sebab jika fitur ini diaktifkan maka perangkat Anda secara otomatis akan mengurangi penggunaan data seluler. Anda hanya perlu mematikan mode hemat batrai saja untuk mengoptimalkan kecepatan data seluler.

5. Salah konfigurasi jaringan

Bisa jadi jaringan internet tidak bekerja dengan baik karena salah konfigurasi setingan APN. Masalah ini timbul jika pengguna melakukan kesalahan saat mengutak-atik bagian APN. Solusinya Anda dapat memperbaiki setingan APN dengan data berikut ini.

6. Terlalu banyak memasang aplikasi

Memasang terlalu banyak aplikasi juga bisa membuat jaringan internet menjadi lambat. Hal itu dikarenakan semua aplikasi yang terinstal akan memakan cukup banyak data seluler dilatar belakang sehingga jaringan internet menjadi lelet. Untuk mengatasi ini hapus aplikasi yang tidak terlalu dibutuhkan atau nonaktifkan aplikasi. Anda juga dapat mencegah penggunaan data aplikasi di bagian izin aplikasi dan memberi izin secara manual jika saat menggunakannya.

7. Perangkat sudah usang

Koneksi lelet bisa disebabkan karena perangkat smartphone yang Anda gunakan telah usang. Ada tipe smartphone yang memang belum support dengan jaringan 4G. Dan mungkin inilah penyebab kenapa jaringan Anda lelet. Untuk mengatasinya Anda bisa mengatur jaringan 4g secara manual jika opsi tersebut tersedia di smartphone Anda. Namun jika menu tersebut belum tersedia, tidak ada cara lain kecuali mengganti gadged Anda dengan smartpone yang lebih baru.

Sekian penjelasan kami mengenai penyebab koneksi internet lelet dan cara mengatasinya. Jika Anda memiliki pertanyaan atau ingin sekedar share pengalaman pribadi terkait jaringan internet jangan ragu untuk mengirimkannya melalui kolom komentar.

 

LIHATLAH INI

APA PENDAPAT ANDA

Silahkan masukan komentar
Masukan nama Anda disini