Apa Pentingnya Marketing Online Untuk Bisnis? Berikut Penjelasannya

Baca juga

Keuntungan menjadi anggota VIP danarupiah

Warnabiru.com – Pengguna aplikasi danarupiah pasti tidak asing lagi dengan istilah anggota VIP danarupiah yang bisa dimukan didasbor aplikasi...

10 Penyedia Pinjaman Online Dan KTA Tanpa Kartu Kredit Dengan Proses Termudah

Warnabiru.com - Pusing dengan rumitnya syarat pengajuan KTA ke bank? Jangan khawatir karena masih banyak pilihan alternatif yang bisa...

Pengenalan Marketplace Dan Toko Online Bagi Pemula

Toko Online adalah media yang memudahkan orang untuk membeli dan menjual barang tanpa harus bertemu atau bertemu muka karena...
MOH YUSUF ROHMAN
Menulis hal yang bermanfaat bagi orang lain. Jika Anda menilai tulisan kami beguna? Bagikan agar lebih Orang lain turut merasakannya.

Marketing online untuk bisnis menjadi piramida bisnis yang sangat penting bagi keberlangsungan bisnis itu sendiri. Marketing online bisa menjadi salah satu item untuk menunjang kekuatan bisnis dan pergerakan bisnis untuk bisa bertahan dalam kurun waktu yang lama dan tidak tumbang akibat persaingan di era digital ini.

Hanya saja tak banyak orang yang sadar bahwa marketing online untuk bisnis merupakan bagian dari instrumen bisnis yang sangat penting. Marketing secara online juga dapat menjadi pondasi bagi kekuatan bisnis di lini digital. Karena itu manfaatnya tak boleh diremehkan.

Berikut ini kami uraikan untuk Anda informasi lengkapnya tentang pentingnya marketing online untuk bisnis yang Anda harus sadari. Lets check these out!

Pentingnya Marketing Online Untuk Bisnis

Menghubungkan Anda di internet dengan konsumen AndaPentingnya Marketing Online Untuk Bisnis

Kini konsumen tak lagi mengandalkan informasi tentang suatu produk baik berupa barang atau pun berupa jasa melalui halaman koran atau iklan baris. Setidaknya terdapat lebih dari 80% konsumen yang sudah memanfaatkan internet untuk mendapatkan informasi tentang produk barang juga produk jasa yang dibutuhkan ataupun barang atau jasa yang menarik untuk dirinya.

Dengan semakin banyaknya produk digital serta alat digital yang bisa dimanfaatkan, hal tersebut menjadikan pemilik suatu usaha agar mampu semakin gesit dalam mencapai target konsumen dengan jangkauan yang bahkan lebih luas lagi.

Dengan menerapkan konsep strategi pemasaran online, aktifitas bisnis jadi semakin mudah. Apapun bisnisnya, potensi berkembang dan mendapatkan konsumen dengan jangkauan yang luas melalui produk digital sangat besar.

Menjangkau pengguna smartphone atau mobile

Era digital membawa semua orang untuk berada didalam area pasar raksasa dimana kegiatan pemasaran yang perlu dilakukan juga dengan aspek digital agar bisa bersaing secara intens. Kegiatan pemasaran digital dilakukan melalui penggunaan perangkat mobile yang menghasilkan sampai dengan 34% keseluruhan traffic organic.

Dengan adanya pemasaran digital, semakin banyak orang yang mengenal suatu produk atau usaha karena dikenalkan secara intens. Client yang berpotensi didapatkan juga bukan berasal dari satu wilayah saja. Melainkan client yang berpotensi didapatkan berasal dari berbagai daerah sekaligus.

Menghasilkan angka penjualan yang nilainya tinggiPentingnya Marketing Online Untuk Bisnis

Melalui marketing digital, Anda dapat menjangkau semakin luas khalayak sebagai target Anda. Melalui marketing online untuk bisnis atau pemasaran digital, Anda juga bisa menghasilkan suatu lead atau prospek dengan mencapai konversi penjualan yang sangat tinggi bahkan mencapai angka 24%.

Marketing digital tersebut juga sekaligus menjadi jalan bagi upaya pemasaran organic secara online untuk membuahkan hasil dengan keuntungan maksimal.

Membantu menghasilkan angka pendapatan yang tinggi

Strategi pemasaran digital tidak hanya dapat menjangkau pelanggan, melainkan dengan tata laksana yang nyata bisa menjangkau pendapatan 50% dari jumlah yang seharusnya. Jadi peningkatan pendapatan sangat berpotensi didapatkan dengan melakukan prosedur pemasaran secara digital.

Menjaga posisi Anda terhadap pesaing

Dalam menjalankan bisnis, sangat mustahil bahwa Anda tidak punya pesaing. Baik pesaing dari produk sejenis atau pesaing dari produk berlainan jenis itu pasti ada. Kini bahkan ada banyak merk dan usaha yang saling bersaing satu sama lain di semua lini marketing.

Tidak hanya gencar melakukan promosi offline melalui banner dan iklan, promosi online melalui iklan instagram, iklan – iklan website, channel YouTube pun semuanya ada. Karena itu Anda harus bisa intens dalam bertahan di tengah gempuran persaingan.

Modal pun untuk mengantisipasi segala sesuatunya harus Anda sediakan. Namun jika Anda mengalami kekurangan modal, Anda bisa mulai memikirkan bagaimana strategi dan cara mudah dapat modal untuk bisnis Anda.

Konsep pemasaran yang hemat

Tak seperti dana yang harus dikeluarkan membuat promosi offline yang cenderung besar seperti Anda harus mengeluarkan dana untuk mencetak pamflet, brosur dan sebagainya. Dana yang harus dikeluarkan untuk promosi online tidak besar.

Bahkan walau dana yang dikeluarkan tidak terlalu besar, jangkauan target marketnya sangat luas dan lebih akurat. Kegiatan pemasaran online bisa menjangkau pasar secara lebih dekat dan mendapatkan konversi penjualan yang sangat baik, dibandingkan konsep pemasaran yang dilakukan secara offline.

Memberikan layanan kepada pelanggan secara lebih realtimePentingnya Marketing Online Untuk Bisnis

Marketing online untuk bisnis menawarkan adanya suatu mekanisme respon yang diberikan terhadap konsumen jauh lebih real time dimana hal tersebut juga akan memberikan suatu dampak yang sangat besar atas keberhasilan usaha yang Anda jalankan. Dari marketing online untuk bisnis tersebut, keuntungan yang bisa didapatkan perusahaan akan sangat banyak termasuk keuntungannya adalah memberikan hasil pendapatan dengan jangkauan yang jauh lebih kompleks demi menjangkau sangat banyak bahkan lebih dari 100% pelanggan dibandingkan teknik offline.

Membantu ROI lebih tinggi

Dalam suatu laporan oleh HubSpot dikonfirmasi bahwa pemasaran digital dapat membantu seseorang untuk menghasilkan Cost Per Lead yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan pemasaran tradisional atau bahkan telemarketing.

Membantu bersaing dengan perusahaan yang lebih besar

Digital marketing tidak hanya membuat posisi Anda sejajar dengan pesaing, akan tetapi juga sangat memungkinkan bagi Anda untuk bersaing head to head dengan merk perusahaan besar.

Nah, sekarang Anda sudah tahu bukan apa saja hal penting dari marketing online untuk bisnis? Apapun ide bisnis Anda, mengenalkannya terhadap marketing secara online sangat dianjurkan.

Namun jika Anda sudah paham tentang marketing online akan tetapi masih bingung akan menjalankan ide bisnis di bidang apa, Anda cari dulu ide bisnis online pemula yang sekiranya tepat untuk Anda, Anda menyukainya dan tidak terlalu banyak saingan. Dengan begitu potensi perkembangan bisnis Anda akan pesat.

Untuk memulai melakukan marketing online atau digital marketing untuk bisnis Anda, hal penting yang Anda harus lakukan sebelum memulai marketing online diantaranya :

Periksa penjualan dan pemasaran bisnis Anda

Anda harus menelaah semua yang Anda dapatkan saat ini. Apakah Anda mendapatkan konversi penjualan dari kegiatan marketing online untuk bisnis atau dari marketing offline. Carilah jawaban atas semua itu. Untuk mencari jawaban atas semua itu, Anda bisa memanfaatkan Google Analytics.

Sempurnakan layanan Anda

Walau bisnis Anda sudah dikenal oleh sebagian besar orang, akan tetapi tetap layanan pelanggan harus Anda pastikan semua terlaksana dengan baik. Dengan begitu proses digital marketing sampai transaksi akan terlaksana dengan sangat lancar dan tanpa hambatan. Anda juga tahu apa yang menjadi keinginan dan kebutuhan pelanggan Anda.

Pahami konsumen Anda

Dalam rangka kegiatan pemasaran bisnis, Anda perlu memahami orang – orang yang butuh suatu produk atau jasa yang Anda tawarkan. Pahami mereka dengan mencari tahu juga apa yang menjadi latar belakang atau alasan mereka atas pembelian yang dilakukan.

Itulah berbagai hal penting dalam marketing online untuk bisnis yang Anda harus lakukan beserta manfaat dari marketing online itu sendiri. Semoga informasi diatas menjadi informasi yang inspiratif.

 

FB Komentar

Kiriman Terbaru

Grab Batal Bayar Denda Miliaran Rupiah ke KPPU Pasca Vonis PN Jaksel

Warnabiru.com - Grab Indonesia bernafas lega pasca putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan yang membatalkan denda Grab Indonesia sebesar 30...

Kabar Buruk !!! Akun Pengguna Jaringan Iklan A-Ads Diretas Oleh Hacker

Bisnis Warnabiru.com - Beredar Kabar tidak menyenangkan bahwa jaringan iklan Crypto a-ads diretas oleh hacker.Platform iklan yang terkenal di kalangan pemburu bitcoin ini mengumumkan...

5 Fakta di Balik Makna Warna Biru, Benarkah Bagus untuk Bisnis?

Siapa yang suka dengan warna biru? Mungkin bagi beberapa orang, warna tersebut hanya menjadi kesukaan pribadi. Padahal, ada fakta penting di balik warna biru,...

Apa itu Freelancer ? Dan Bagaimana Cara Menjadi Freelancer ?

Saat ini banyak anak milenial yang lebih memilih bekerja sebagai freelancer. Selain sebagai pilihan hidup, ada juga yang menjadi freelancer karena terpaksa. Baik karena...

BELUM Diterima Adsense? Berikut Daftar Iklan Alternatif AdsenseYang Bisa Dicoba

Selain Google Adsense sebenarnya ada banyak layanan iklan yang bisa membantu Anda menghasilkan uang lewat blog. Jadi, jangan kecewa dulu jika Anda tidak lolos Google Adsense

Artikel Terkait