Pengertian Manajemen Cinta dan Memahami Tingkatannya

0

Warnabiru.com, Apa yang dimaksud managemen cinta? Ini penjelasannya. Cinta tidak bisa dipaksakan dan kadang-kadang datang secara tidak sengaja. Cinta itu indah tetapi rasa sakit yang ditinggalkannya terkadang bertahan lebih lama dari cinta itu sendiri.

Batas-batas cinta dan kebencian juga sangat tipis, tetapi dengan cinta dunia yang kita jalani, rasanya lebih indah, harum dan bermakna. Cinta adalah hadiah yang tak ternilai dan diberikan kepada makhluk yang paling sempurna yaitu manusia.

Perasaan ini tidak bisa diucapkan dengan kata-kata dan tidak bisa dijelaskan dalam bahasa apa pun. Cinta hanya bisa dibaca dengan dengan perasaan. Cinta adalah perasaan yang ada di lubuk hati yang paling dalam yang dapat membawa kita melayang ke dunia fana yang dipenuhi dengan mimpi indah.

BACA JUGA: Apa Itu Manajemen Emosi? Ini Pengertiannya.

Cinta adalah perasaan yang diberikan Tuhan kepada sepasang orang untuk saling mencintai, memiliki satu sama lain, saling bertemu, saling memahami. Cinta itu sendiri tidak dapat dipaksa sama sekali, cinta hanya dapat bekerja jika kedua belah pihak tulus, cinta tidak dapat berjalan jika mereka egois. Karena dalam suatu hubungan, pasangan kita tentu menginginkan perhatian lebih dan itu hanya bisa didapat dari pengertian pasangannya.

Pemahaman Umum Managemen Cinta

Pemahaman umum tentang manajemen cinta adalah cara untuk mengelola perasaan cinta yang dimiliki untuk mendapatkan manfaat dari cinta itu dan dapat merasakan cinta sejati. Ketika kita berbicara tentang cinta, Anda semua tahu. Tetapi dalam hal ini cinta berbeda dengan nafsu lho. Karena sifat cinta adalah pemberian rahmat dari Allah SWT. Saat pancaran pada manusia akan berkembang menjadi dua, yaitu cinta pada umumnya (muhabbah) dan cinta khusus (romansa).

Derajat dan Tingkat Cinta

Nah cinta ini juga mencakup aspek hablum minallah sera hablum minannas. Namun untuk percintaan itu sendiri hanya mengambil bentuk interaksi dengan lawan jenis saja. Jika kita berbicara lebih luas tentang cinta, itu akan terkait dengan kecenderungan manusia dalam kepribadian malaikat dan setan, sehingga kita bisa fokus pada studi romansa dana cinta dalam empat derajat cinta, yaitu:

  1. Cinta suci, cinta yang mendekat kepada Allah dengan bukti dalam bentuk perbuatan baik. Sekarang ini adalah sifat alami dari kata cinta.
  2. Cinta sejati, cinta yang dibuktikan dengan perbuatan baik, tetapi kita perlu memperjuangkan kemurnian niatnya agar benar-benar tulus karena Tuhan.
  3. Cinta Palsu, cinta yang tidak diikuti oleh perbuatan baik, bahkan dalam hal ini cenderung duniawi.
  4. Love Lust, adalah gejolak nafsu yang diyakini sebagai cinta. Ini adalah tipuan dari iblis yang menjauhkan kita dari Tuhan.

Agar kita tidak terperosok dalam membajak nafsu Setan, kita membutuhkan manajemen khusus yang disebut manajemen cinta (Tanzhimul Mahabbah) atau disingkat MC.

Sekarang MC ini tidak mengandung manajemen spiritual yang rumit, tetapi hanya mengikuti panduan praktis sehingga semua orang dapat mempraktikkannya.

Untuk tujuan utama MC ini adalah untuk dapat memberikan panduan untuk mencapai manfaat, kebahagiaan, dan keamanan cinta. Untuk alasan ini, MC mewajibkan dirinya untuk mengandalkan referensi Al-Qur’an dan As-Sunnah.

Dengan referensi wajib ini kami dapat memastikan bahwa arah manajemen ini tidak menyimpang dari tujuan dan intrinsik cinta yang berasal dari Allah SWT.

MC juga tidak hanya menyediakan studi teoritis dan motivasi normatif, apalagi MC dilengkapi dengan Metode Praktis dan Mudah untuk Mengukur Kualitas Cinta seseorang untuk sesuatu. Dengan motede ini, akan lebih mudah bagi kita untuk meningkatkan sumber daya manusia di rumah, komunitas, organisasi, dan lainnya.

Dengan mengetahui hakikat cinta kita yang sejati, diharapkan kita tidak akan jauh dari Tuhan dan disesatkan. Demikian artikel tentang manajemen cinta ini, terima kasih telah membaca artikel kami dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

 

APA PENDAPAT ANDA

Silahkan masukan komentar
Masukan nama Anda disini