Peluang Bisnis Budidaya Bunga Mawar Yang Menguntungkan

Baca juga

Keuntungan menjadi anggota VIP danarupiah

Warnabiru.com – Pengguna aplikasi danarupiah pasti tidak asing lagi dengan istilah anggota VIP danarupiah yang bisa dimukan didasbor aplikasi...

10 Penyedia Pinjaman Online Dan KTA Tanpa Kartu Kredit Dengan Proses Termudah

Warnabiru.com - Pusing dengan rumitnya syarat pengajuan KTA ke bank? Jangan khawatir karena masih banyak pilihan alternatif yang bisa...

Pengenalan Marketplace Dan Toko Online Bagi Pemula

Toko Online adalah media yang memudahkan orang untuk membeli dan menjual barang tanpa harus bertemu atau bertemu muka karena...
Tim Redaksi
Mengulas berbagai informasi seputar bisnis, finansial dan teknologi.

Budidaya bunga mawar – Bagi para pecinta tanaman hias, mawar merupakan salah satu tanaman yang wajib ada di antara jenis tanaman lainnya. Dengan lebih dari 100 spesies yang tersebar di seluruh dunia, mawar menjadi jenis tanaman hias yang di buru banyak orang. Terlebih saat ini berbagai varietas mawar jenis baru semakin banyak, tentu ini kesempatan yang tidak boleh disia-siakan oleh para penggemar tanaman hias.

Bila dilihat dari sisi bisnis, budidaya bunga mawar merupakan peluang usaha yang masih terbuka lebar saat ini. Hal ini mengingat permintaan pasar yang terus meningkat dari waktu ke waktu. Dengan hadirnya varian tanaman yang semakin banyak, kebutuhan pasar juga semakin banyak pula.

Bunga mawar memiliki pangsa pasar yang beragam, tidak hanya dimanfaatkan sebagai bunga potong ataupun tanaman hias saja. Berikut ini beberapa jenis pemanfaatan bunga mawar:

  • Tanaman hias: mawar paling umum dipasarkan dalam bentuk berupa tanaman hias. Mawar sangat cocok untuk melengkapi keindahan ruangan maupun halaman rumah. Terlebih bila terdapat jenis mawar yang beragam, tentu akan semakin berwarna warni indah.
  • Bunga potong: di Indonesia bunga potong sebagai hadiah memang tidak populer. Kecuali dalam bentuk karangan bunga sebagai ucapan selamat maupun ucapan bela sungkawa. Selain itu, bunganya sering dimanfaatkan sebagai bunga tabur untuk kegiatan pemakaman jenazah maupun untuk ritual tertentu.
  • Industri kosmetik: pemanfaatan mawar di dunia kosmetik cukup tinggi. Mawar yang diambil ekstraknya akan menghasilkan minyak mawar dengan harga sangat mahal. Nantinya minyak mawar tersebut digunakan sebagai bahan dasar parfum, bahan tambahan dalam sabun, dan sebagai pewangi pada make up / kosmetik. Industri lokal pun sudah banyak yang memanfaatkannya.
  • Bahan makanan: beberapa industri makanan terutama kue sudah banyak yang memanfaatkan air mawar sebagai campurannya. Mereka biasanya membutuhkan dalam jumlah yang cukup banyak.

Jenis Mawar yang Memiliki Nilai Jual

Tidak semua varietas mawar bisa dibudidayakan untuk dijadikan ladang bisnis. Terlebih asal muasal mawar ini merupakan tanaman dari iklim dingin dan banyak terdapat di belahan bumi utara. Hanya beberapa spesies saja yang tumbuh di iklim tropis seperti di Indonesia. Namun dari pengembangan spesies tertentu menghasilkan varietas yang semakin beragam saat ini.

Karena mawar hampir tersebar di seluruh dunia, maka tiap bagian wilayah tertentu punya spesies andalannya masing-masing. Berikut ini merupakan beberapa spesies terkenal di masing-masing wilayahnya:

  • Spesies asal Eropa: Alba, Canina, Gallica, Wichuraiana, Chnamomea, Cettifolia, spinosissma
  • Mawar asal China: Chinensis, Liviegata, Gigantea, Hugonis, banksiae lutea, Primula, Mulluganii, sericana pteracantha
  • Mawar asal Jepang: Roxburghii, roxburghii hirthua, Mulitiflora, Wichuraina, Rugosa, Fujisanesis, aciculaisis nipponensis, Uchiyamana, jasminoidesu
  • Mawar asal Amerika Serikat: cinemoemea, nitida, california
  • Mawar asal Timur Tengah: fetida perciana, Feicikoana, Damascena, Fetida, fetida bicolor

Untuk spesies yang sering ditanam di Indonesia adalah jenis hybrid tea yang menghasilkan varietas seperti laminuette, coctail, diplomat, jacaranda, idole, samorai, sonia, vivaldi, white success, sweet sonia, osiana, yonina serta tineke, serta sonata de meilland.

Karena mawar kurang cocok di dataran rendah karena suhunya yang panas, maka para pemulia tanaman menciptakan mawar yang mampu beradaptasi dengan baik pada dataran rendah. Misalnya varietas camelot, golden lustee, dan juga frad winds. Jenis ini memiliki nilai jual tinggi dan laris di pasaran, terutama sebagai bunga potong.

Peluang Budidaya Bunga Mawar Masih Terbuka Lebar

Kalian ingin mencoba berbisnis tanaman hias? Memang dari segi pemasaran tidak semudah bisnis lain karena untuk mencari channel nya cukup susah. Namun apabila sudah mendapatkan channel pemasaran yang tepat, pesanan pasti akan terus menerus mengalir.

Di bawah ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan peluang budidaya bunga mawar:

1. Memilih Jenis Mawar yang Tepat

peluang budidaya bunga mawar masih terbuka lebar

Seperti yang sudah diinformasikan di atas, bahwa mawar memiliki lebih dari 100 spesies, dan masing-masing spesies juga memiliki puluhan bahkan ratusan varietas yang berbeda-beda. Menanam banyak jenis sekaligus tentu akan merepotkan serta menyulitkan perawatan. Ini dikarenakan tiap spesies memiliki karakter dan daya tahan terhadap hama penyakit yang berbeda-beda.

Pemilihan jenis mawar dapat ditentukan dari tujuan penjualan mawar kita nantinya. Bila ingin menanam untuk tujuan kosmetik tentu akan menanam jenis yang memiliki tingkat aroma yang tinggi seperti jenis english roses. Bila ingin menanam untuk bunga potong dapat menggunakan varietas seperti camelot.

2. Tentukan Channel Pemasaran Produk

Apakah mawar yang kita tanam akan di fungsikan sebagai bunga potong, sebagai bahan karangan bunga, tanaman hias, campuran bahan kosmetik, atau bahkan dimanfaatkan sebagai bahan makanan, maka kita harus tahu itu semua terlebih dahulu dari awal. Sehingga persiapan sarana prasarana budidaya, pemilihan jenis tanaman, perawatan dan pemeliharaan, serta pemanenan yang dilakukan lebih di fokuskan pada satu tujuan saja.

Bila belum menemukan channel pemasaran memang susah. Untuk itu, langkah awal yang kita gunakan adalah melakukan branding serta promosi yang gencar namun efektif. Berbagai media elektronik, sosial media, ataupun banner dapat dimanfaatkan dalam menunjang kebutuhan promosi usaha kita. Jika sudah menemukan pelanggan yang tepat, terus jaga hubungan baik agar tetap terjalin terus kerjasamanya.

3. Sentra Produksi Mawar di Indonesia

Di Indonesia beberapa daerah yang dikenal sebagai sentra pembudidayaan mawar meliputi jawa timur, sumatera utara, jakarta, jawa tengah dan jawa barat. Kebanyakan tempat di daerah tersebut menghasilkan bunga mawar untuk tujuan bunga potong serta tanaman hias dalam pot. Tujuan pemasaran produknya pun tidak hanya lokal di Indonesia saja, namun juga memenuhi pasar ekspor ke beberapa negara tetangga.

Manfaatkan beberapa sentra penghasil mawar tersebut sebagai jalur distribusi produk kita nantinya. Sebelumnya kita perlu melakukan riset pasar dengan mengamati tingkat persaingan usaha. Apabila persaingan belum terlalu padat, maka kita dapat masuk ke bidang yang berbeda. Misal peluang di bagian tanaman hias sudah penuh, kita bisa beralih ke kosmetik atau bunga potong.

4. Lengkapi Kualifikasi Produk

Memasarkan produk tidak bisa sembarangan. Kita perlu melengkapi produk dengan kualifikasi pasar. Cari tahu standar produk yang ada, karena tidak semua chanel market akan menerima setiap produk yang kita jual. Kita sendirilah yang harus mengikuti kemauan mereka. Beberapa kriteria kualifikasi bunga mawar yang bagus meliputi:

  • Bunga dalam kondisi fresh dan tidak ada yang layu
  • Warna cerah dan tidak kusam
  • Tidak ada cacat dan bagian yang terkena hama / penyakit
  • Pengemasan di buat seaman dan sebagus mungkin
  • Harus dilakukan seleksi kualitas dan grade sebelum dilepas ke pasar

Itulah beberapa informasi seputar peluang budidaya bunga mawar masih terbuka lebar. Temukan informasi lebih lengkap seputar pertanian dan peternakan di duasimpul situs agrobisnis dan budidaya.

Pos Terkait

APA PENDAPAT ANDA

Silahkan masukan komentar
Masukan nama Anda disini

Berita Terbaru

Pemerintah Akan Salurkan Bantuan Karyawan Rp 600.000 Perbulan, Penerima Harus Terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan

Warnabiru.com - Lewat Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Tohir, menyatakan pemerintah akan memberi bantuan...

Dituduh Pelakor dan Hampir Ditelanjangi, Seorang Wanita Lapor Polisi

Warnabiru.com - Beberapa waktu lalu viral video seorang oknum anggota DPRD Morowali Utara, Sulawesi Tengah digerebek istri sahnya saat berduaan dengan wanita lain dalam...

Perkembangan Kasus Fetish Jarik, Pelaku Dijerat Pasal Berlapis

Warnabiru.com - Kasus fetish kain jarik kini memasuki babak baru. Sebelumnya pelaku yang berinisial GAN (22) viral setelah korbannya memviralkan di Twitter. Kemudian GAN...

Dosen di Bima Bunuh Kekasih Setelah Lamarannya Ditolak

Warnabiru.com - Arif Satriadin (31) yang bekerja sebagai dosen di Bima, Nusa Tenggara Barat, dengan sadis menikam kekasihnya sendiri bernama Intan (25). Dia merasa...

Penabrak Terduga Klitih Divonis 10 Bulan Penjara  di Yogyakarta

Warnabiru.com - Seorang sopir pickup bernama Nur Irawan (33) terbukti menabrak terduga klitih di Yogyakarta pada tanggal 7 Desember 2018. Klitih adalah gerombolan pemotor...

Pilihan Editor