Menikah Dapat Memberikan Dampak Positif Bagi Kesehatan

0

Pasti semua pasangan yang telah lama menjalin kasih pasti menginginkan hubungan mereka berujung ke jenjang pernikahan. Menikah tidak hanya menyatukan dua keluarga menjadi keluarga besar, ternyata menikah dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh dan mental. Berikut ulasannya :

1. Terhindar dari stress

Saat kamu telah menikah dengan seseorang yang menjadi pilihan pasangan hidup kamu. Kamu bisa saling berbagi suka dan duka, kamu bisa berbagi informasi dan perasaan yang kamu miliki satu sama lain, sehingga jika kamu terlibat masalah, kamu bisa mendapatkan solusi dengan cepat sehingga kamu tidak pusing dan sakit kepala akibat masalah yang tengah membelut kamu yang bisa memicu kamu mengalami stress. Menikah bisa melatih kamu untuk mengotrol stress yang tengah kamu alami karena menikah akan mempengaruhi penurunan produksi hormon kortisol yang berperan sebagai pemicu terjadinya tekanan psikis sehingga hormon pemicu stress akan di rubah dan yang akan timbul hanya perasaan bahagia terhadap kehidupan rumah tangga yang tengah dijalani. Stres yang berkepanjangan bisa berujung kepada depresi dan bisa memicu kamu mendapatkan penyakit kronis jika kamu tidak mampu mengesampingkan stress yang kamu rasakan dan membuat pikiran kamu selalu merasa terbebani, seperti penyakit jantung, stroke, diabetes, dll.

2. Menjaga kesehatan jantung

Menikah bisa membantu kamu terhindar dari masalah kesehatan yang berhubungan dengan jantung daripada orang yang belum menikah. Pasangan yang telah menikah akan membuat tekanan darah stabil sehingga akan berdampak baik bagi kesehatan jantung kamu. Menikah juga dipercaya membuat kamu dan pasangan berumur panjang dibandingkan dengan orang yang masih berstatus single karena menikah kebutuhan fisik dan mental telah terpenuhi, tentu saja itu akan membuat kamu menjadi selalu merasa bahagi sebab kunci dari umur panjang yaitu selalu merasa bahagia dalam menjalani kehidupan termasuk hubungan pernikahan.

3. Kesehatan tubuh menikah

Menikah dipercaya akan memberikan kesehatan tubuh karena merasa bahagia didalam pernikahan tersebut. Menikah juga akan mempercepat proses kesembuhan jika ada pasangan yang tengah sakit dan dipercaya lebih lama hidup dibandingkan kamu yang masih berstatus lajang karena setiap hari kita dalam melakukan aktifitas tidak sendirian, jika ada masalah ada teman yang bisa diajak berbicara dan bisa meminta pendapat serta yang paling penting ada orang yang memberikan perhtian lebih kepada kamu. Tentu saja, saat sakit kamu akan cepat pulih karena kamu akan selalu didampingi pasangan dalam keseharian,

4. Tidur berkualitas

Kamu yang sudah menikah akan mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas, bagimana tidak biasanya dulu hanya sendirian tidur sekarang sudah ada yang menemani. Tidak hanya itu saja, pasangan yang sudah menikah dan tengah berbahagia akan terjadi pelepasan hormon oksitosin, hormone inilah yang berperan dalam meningkatkan kualitas tidur kamu.

5. Bagus untuk kesehatan paru-paru

Paru-paru salah satu organ manusia yang sangat penting untuk dijaga kesehatannya. Menikah bisa menjaga kesehatan paru-paru dalam keadaan sehat, apalagi pernikahan memang dilandaskan oleh perasaan dan saling mencintai antara kedua pasangan. Tentu saja kebahagiaan pernikahan akan berdampak kepada kesehatan tubuh termasuk paru-paru, apalagi hubungan pernikahan kamu bertahan dan awet hingga tua tentu akan sangat baik untuk fungsi dan kesehatan paru-paru.

6. Menjaga Tekanan darah lebih stabil

Menjaga kestabilan tekanan darah sangat penting agar tubuh selalu dalam keadaan sehat. Tekanan darah tidak boleh terlalu tinggi dan juga tidak terlalu rendah. Tekanan darah yang tinggi dapat bisa memicu berbagai macam penyakit berujung kepada kematian jika tidak diberi perhatian khusus. Oleh sebab itu kita harus selalu rajin melakukan cek Tekanan darah.

Sejauh ini, belum diketahui apa penyebap seseorang mengalami hypertensi, Namun hal itu seringkali dikaitkan dengan masalah keturunan, pola makan dan pola pikir manusia. Dalam hal ini, menikah dipercaya mampu membuat seseorang hidup lebih berkualitas dan bahagia daripada orang yang memilih untuk hidup sendiri. Dan rasa bahagia dapat membantu agar tekanan darah tetap stabil.