Melirik Keunggulan dan Spesifikasi Realme C3

0
Melirik Keunggulan dan Spesifikasi Realme C3
Bagian depan realme C3

Warnabiru.com – Realme kembali meluncurkan smartphone dengan harga 1 jutaan pada bulan februari 2020 kemarin. Hadir dengan seri nama Realme C3, mengusung banyak sekali keunggulan dibandingkan dengan pendahulunya.

Realme C3 di Pasar India mendapatkan 2 kamera belakang saja. Di Indonesia memiliki 3 kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 12MP, 2MP sebagai kamera portrait, dan 2MP kamera makro.

Felix Cristian selaku Produk Marketing Manager Realme Indonesia mengatakan bahwa “perbedaan spesifikasi antara negera lain merupakan penyesuaian kebutuhan pasar”. Ini berarti jika Indonesia mendapatkan spesifikasi yang lebih disebabkan karena sudah banyak produk yang setara dengan Realme C3.

Ulasan dibawah ini akan memberikan gambaran seberapa maksimal Realme C3. Apakah harus dibeli atau tidak?

Desain dan Tampilan

Hadir dengan desain layar 6.5 inci Realme C3 yang mengusung bezel cukup tipis juga sudah disertai anti gores bawaan menggunakan Corning Gorilla Glass 3. Bagian depan ponsel cukup mendominasi karena sudah tersedia juga kekuatan layar mencapai 480 nits yang mampu mengatasi pencahayaan dengan baik dibawah paparan sinar matahari secara langsung. Jadi ketika berada di luar yang cahayanya tinggi sekalipun layar akan tetap terlihat bagus.

Melirik Keunggulan dan Spesifikasi Realme C3
Bagian depan realme C3

Dibagian depan kamu akan mendapatkan satu buah kamera dengan mengusung desain tetesan air. Dari segi tampilan sangat bagus, secara bisa dikatakan ini adalah ponsel yang harus kamu beli.

Tombol power ada dibagian kanan yang sedikit keatas, untuk volume dan sim card ataupun memori tambahan ada dibagian kiri. Dibagian atas sendiri dibuat kosong, dan dibagian bawah terlihat port USB, Jack Audio, Speaker, dan Grill Speaker Mono.

Bagian belakang body dibuat warna bias sehingga akan nampak seperti ada paparan cahaya yang ditimbulkan dari bagian kamera. Tepat dibagian sebelah kiri kamu bisa melihat ada AI Triple Camera yang dibuat sejajar lurus vertikal.

Melirik Keunggulan dan Spesifikasi Realme C3
Gambar Bagian belakang realme C3

Secara keseluruhan dalam genggaman tangan Realme C3 sangat nyaman tidak terlalu besar.

Kekuatan Chipset dan Software

Dengan mengusung Chipset Mediatek Helio G70 yang berjalan pada fabrikasi 12nm (nanometer), Realme C3 patut mendapat sebutan ponsel gaming. Helio G70 dirancang khusus untuk peforma game HyperEngine, multi-kamera AI, dan konektivitas pada bermain game dengan minim latensi.

Dirancang untuk memenuhi kebutuhan konsumen dalam bermain game, Helio G70 mampu memainkan fitur dengan rasio pengaturan tingggi, tidak heran jika Realme C3 dijual dengan harga terjangkau karena memang chipsetnya diperuntukkan bagi kelas menengah dengan peforma tinggi.

Menggunakan unit pemrosesan Octa-core yang dibagi menjadi 2 Cortex-A75 yang mampu bekerja pada kecepatan 2.0 GHz dan 6 Cortex-A55 yang berjalan pada 1.7 GHz untuk meningkatkan kinerja multicore.

Dalam mengatasi kinerja bermain game, Helio G70 mengusung GPU Mali-G52 2EEMC2 yang mampu bekerja pada 820MH. Secara keseluruhan memang dirancang tingkat premium untuk mengatasi pengelaman visual (gaming).

Urusan software kamu akan menikmati peforma Realme UI 1.0 yang dirancang berdasarkan Android 10.0 yang diberi kode Q. Tentu saja seri terbaru dari android akan meningkatkan kerja smartphone Realme C3.

KameraMelirik Keunggulan dan Spesifikasi Realme C3

Bagian belakang Realme C3 disematkan 3 jenis kamera, 12 MP kamera utama, 2MP jenis makro, dan 2MP sensor kedalaman.

Uji coba yang didapatkan pada kamera Realme C3 sangat bagus, hasil dari tangkapan kamera utama memberikan gambar yang jelas dan natural. Sebagaimana dilansir dari DailySocial TV bahwa hasilnya sangat memuaskan. Kamu akan merasa puas meski kamera yang digunakan hanya 12MP.

Meskipun begitu hasilnya tidak kalah dengan kamera monster yang dimiliki smartphone lain yang mencapai hingga 64MP.

Kemera depan dari Realme C3 menawarkan lensa 5MP. Kamera tersebut sudah bisa menangkap gambar dengan memakai aperture f/2.4, maka wajah akan terlihat lebih fokus.

Konektivitas dan Penyimpanan

Dibekali dengan varian RAM 2GB dan 3 GB dengan penyimpanan internal 32GB serta 4GB dengan 64GB. Realme C3 menawarkan kepada publik bahwa varian tesebut dikhususkan agar memiliki manfaat dalam kebutuhan. Misalnya 4GB RAM dikhususkan untuk berkerja pada peforma bermain game dan sisanya untuk multitasking.

Menggukan dual stand-by kartu sim dengan kinerja sim pertama mampu mencapai kecepatan akses internet hingga 75Mbps dijaringan LTE. Untuk sim kedua hanya mampu hanya mampu di jaringan 2G.

Masih belum ada NFC pada smartphone ini, namun untuk memberikan kualitas apik agar lebih unggul dengan pesaingnya dibekali dengan fitur On-The-Go (OTG).

Baterai

Untuk bagian baterai kamu akan menikmati pengalaman bermain smartphone dengan kapasitas mencapai 5000 mAh yang tertanam pada ponsel. Ponsel dengan harga 1 jutaan in masih belum mendapatkan fasilitas fast charging. Meskipun begitu, keunggulan dari Realme C3 dapat dilirik pada besarnya kapasitas yang mencapai 500 mAh.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan

Realme C3 memang dikususkan untuk kelas menengah-kebawah. Dengan peforma mesin menggunakan Helio G70 patut diacungi jempol. Sudah mendukung OS terbaru android adalah salah satu peforma terbaik dilini smartphone 1 jutaan. Realme C3 memberikan hasil yang maksimal pada bagian kamera, desain, dan kinerja antarmuka.

Tampilan yang sangat elegan dengan desain arsitektur body belakang dibuat seperti memancarkan cahaya.

Kekurangan

Masih menggunakan layar IPS LCD, padahal akan lebih bagus dengan harga 1 jutaan jika menawarkan sedikit keunggulan dengan membekali Layar AMOLED. Selain itu akan lebih bagus pula jika terdapat fitur fastcharging karena 5000 mAh akan membutuhkan waktu yang cukup lama dalam pengisian daya.

Kesimpulan

Secara keseluruhan Realme C3 masih bisa dikatakan ponsel yang bagus. Kamu bisa memiliki ponsel ini dengan harga 1 jutaan dengan RAM 2GB. Jika menginginkan RAM yang lebih besar sudah pasti mahar akan lebih besar.

 

APA PENDAPAT ANDA

Silahkan masukan komentar
Masukan nama Anda disini