Masalah Kesehatan Yang Timbul Akibat Mengenakan Sepatu Yang Tidak Sesuai

0

Dalam dunia fashion banyak jenis sepatu yang bisa menunjang penampilan wanita menjadi lebih oke dan anggun. Tapi tidak semua sepatu mesti wanita miliki dan kenakan. Sebab, Kamu juga mesti menyesuaikan ukuran dengan bentuk kaki dan juga kenyamanan kamu saat berjalan, jangan terlalu memaksakan diri untuk mengenakan sepatu tetapi nantinya akan menyiksa kaki sendiri. Oleh karena itu, kamu mesti berhati-hati dengan sepatu yang akan kamu kenakan sebab bisa saja sepatu tersebut akan menyebabkan kamu mengalami beberapa masalah kesehatan, berikut masalah kesehatan yang timbul akibat mengenakan sepatu yang tidak sesuai ukuran :

Kulit kaki lecet

Kulit kaki akan sering mengalami lecet jika kamu terlalu sering mengenakan sepatu yang sempit. Iritasi kulit pun juga tidak bisa kamu hindari akibat penggunaan sepatu yang salah. Kulit kaki juga akan sering mengalami luka dan lecet akibat gesekan dengan sepatu dan bisa memicu timbulnya infeksi. Jika hal ini terjadi pada orang yang memiliki riwayat penyakit diabetes tentu saja berbahaya sebab bagi mereka luka kecil saja bisa menjadi seriusa dan parah. Oleh karena itu, bagi kamu penderita diabetes mesti selalu waspada terhadap perubahan pada kulit kamu seperti luka, tergores, melepuh dan terluka. Jangan anggap remeh luka kecil sebab dari luka kecil bisa berkembang menjadi luka besar dan mengalami infeksi jika tidak langsung di periksa ke dokter.

Pertumbuhan kuku terganggu

Mengenakan sepatu yang sempit juga akan mempengaruhi pertumbuhan kuku kaki. Kuku kaki yang seharusnya tumbuh keluar menjadi tumbuh kedalam. Tidak hanya itu saja, sepatu yang sempit juga akan membuat cedera bagi wanita yang memiliki kuku kaki yang panjang seperti kuku kaki patah. Akibat saat berjalan jari kaki akan lebih ditekan lagi saat mengenakan sepatu yang sempit. Seringlah merendam kaki dengan air hangat dan jangan terlalu sering membiarkan kuku kaki panjang tidak hanya beresiko patah, kuku kai yang panjang terkadang bisa menjadi sumber penyakit.

Jari kaki tidak lurus

Terbiasa mengenakan sepatu yang kecil dan sempit juga menyebabkan jari kaki kamu menjadi tidak lurus dan sedikit tertekuk. Jika hal tersebut tersebut terjadi saat berjalan jari kaki menjadi sakit dan otot ujung jari kaki kamu lama kelamaan akan melemah. Cobalah mengenakan sepatu yang pas di kaki dan bagian jarinya sedikit lebar agar saat berjalan jari kaki tidak akan menekuk kemudian selalu pijat-pijat kaki sehabis berjalan jauh dan kompreslah kaki dengan es batu.

Susunan jari tidak teratur

Mengenakan ujung sepatu yang kecil dan runcing juga menyebabkan susunan jari menjadi tidak beraturan atau bersilangan sehingga kamu akan sulit jalan dan saat berjalan menjadi tidak nyaman. Usahakan jangan tertalu sering mengenakan sepatu dengan ujung yang rucing, gunakan sepatu yang ujung jarinya lebih luas, pijat-pijat jari kaki agar jari kaki merasa lebih baik dan selalu kompres jari kaki dengan es batu.

Kulit kaki mengeras

Saat kamu mengenakan sepatu yang buruk akan membuat kaki menjadi tidak nyaman saat berjalan dan bisa menyebabkan kulit kami kamu menjadi keras karena selalu diberikan tekanan. Terkadang kamu merasa kaki terasa mati rasa dan kesemutan. Biasanya hal tersebut terjadi jika kamu mengenakan sepatu yang sempit dan kekecilan tetapi masih sering memaksakan diri untuk mengenakannya.

Kesehatan punggung terganggu

Saat kamu mengenakan sepatu hak tinggi tidak hanya menyakiti telapak kaki dan betis akibat menahan beban dari berat tubuh, tetapi juga mempengaruhi kesehatan punggung kamu. Punggung akan sering terasa nyeri, sakit dan sering membungkuk saat berjalan mengenakan sepatu hak tinggi.