8 Manfaat Mengejutkan Mengonsumsi Jantung Pisang Bagi Kesehatan

0

 

Pernah tidak kalian mendengar orang mengonsumsi jantung pisang? Mengonsumsi jantung pisang memang tidak sepopuler memakan buah pisang. Selain buah pisang, mengonsumsi jantung pisang memberikan manfaat positif bagi kesehatan. Jantung pisang mengandung kalori, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, zat besi, tembaga, kalium, magnesium dan vitamin K. Nutrisi itulah yang membuat jantung pisang sehat untuk di konsumsi. Kamu juga bisa mengolah jantung pisang menjadi urap, sayur lodeh bahkan dendeng jantung pisang. Simak 8 Manfaat Mengonsumsi Jantung Pisang Bagi Kesehatan:

1. Melawan radikal bebas

Tubuh sering kali terpapar radikal bebas yang dapat membuat kesehatan menjadi menurun dan dalam kasus serius bisa mengakibatkan tumbuhnya sel kanker, dengan mengonsumsi jantung pisang yang mengandung methanol untuk memproduksi antioksidan yang berperan untuk melawan radikal bebas dan masalah kesehatan lain seperti penuaan dini yang mana jantung pisang mengandung nutrisi berupa flavonoid.

2. Mengatasi masalah menstruasi

Mengonsumsi semangkuk jantung pisang akan membantu tubuh untuk mengurangi rasa sakit saat mengalami menstruasi. Saat menambahkan dadih atau yogurt ke semangkuk jantung pisang akan membuat tubuh meningkatkan produksi progesterone yang berguna untuk mengurangi darah yang dikeluarkan dan membantu meningkatkan kebugaran tubuh pesca kehilangan banyak darah saat menstruasi.

3. Membantu mengobati infeksi

Kandungan etanol didalam jantung pisang bermanfaat untuk mengobati infeksi, menghambat pertumbuhan bakteri pathogen yaitu bakteri bacillus subtalis, bacillus cereus dan escherichia coli. Selain itu, mengonsumsi jantung pisang membantu mempercepat proses penyembuhan luka dan mencegah terjadinya pertumbuhan malaria di dalam tubuh.

4. Menambah volume air susu ibu

Bagi ibu hamil dan menyusui makanan ini sangat bermanfaat sekali. Ibu hamil disarankan mengonsumsi jantung pisang bersamaan dan daun katuk agar bisa meningkatkan volume produksi air susu ibu. Mengonsumsi jantung pisang yang ditambahkan rempah-rempah baik untuk menjaga kesehatan rahim, dan hal itu dapat mengatasi terjadinya sembelit yang biasanya sering terjadi pasca melahirkan.

5. Mencegah penyakit kronis

Penyakit kronis sudah banyak diderita oleh semua kalangan, tidak hanya orang tua tetapi juga anak-anak seperti penyakit stroke dan diabetes dengan cukup mengonsumsi jantung pisang ataupun air rebusan jantung pisang setiap harinya. Kandungan glikemik yang rendah didalam jantung pisang akan membuat kandungan gula darah ikut menurun.

6. Mencegah anemia

Mengonsumsi jantung pisang juga bermanfaat untuk mengatasi terjadinya anemia, karena jantung pisang bisa meningkatkan kadar hemoglobin didalam darah sehingga tubuh tidak mudah merasa lemas dan capek. Anda dapat mengosumsi makanan ini bersamaan dengan suplemen penambah darah.

7. Meningkatkan mood dan mencegah rasa cemas

Daripada mengonsumsi obat anti depresi lebih baik mengonsumsi jantung pisang, sebab kandungan magnesium yang terdapat didalam jantung pisang sangat bermanfaat untuk mengurangi rasa kecemasan, dan mampu memperbaiki suasana hati atau mood seseorang.

8. Terhindar dari sembelit

Saat kamu kesulitan buang air besar, cobalah mengonsumsi jantung pisang sebab mengandung serat yang tinggi. Mengonsumsi jantung pisang juga membantu melancarkan sistem pencernaan, karena memiliki kandungan fiber yang tinggi.

Jantung pisang juga bisa dimanfaat sebagai pengobatan tradisional untuk mengobati penyakit seperti malaria dan diare sebagai pengobatan awal saat anggota keluarga terserang salah satu penyakit ini. Pada penyakit malaria kamu cukup mengambil air perasan jantung pisang ditambah sedikit asam dan asam jawa kemudian diminum setiap pagi hari. Sedangkan untuk penyakit diare, kamu dapat mengosumsinya bersamaan dengan obat pemadat yang tersedia dipasaran. Kosumsi jantung pisang untuk penyembuhan diare adalah dengan mengambil bagian jantung pisang yang tidak hangus saat dibakar kemudian diolah menjadi urap dan komsumsi hingga diare sembuh.

Tinggalkan Balasan