Mana yang Lebih Baik Antara Iklan dan Afiliasi?

0

Dari berbagai cara menghasilkan uang dari menulis blog, program affiliasi dan memasang iklan menjadi dua yang paling sering digunakan. Tapi, mana yang lebih baik antara iklan dan affiliasi?

Sekarang ini, semakin banyak orang mulai memanfaatkan blog sebagai lahan untuk menambah penghasilan. Bagaimana tidak, jika dikelola dengan baik, memang ada banyak cara yang bisa dilakukan agar blog bisa menghasilkan pundi-pundi yang cukup menjanjikan. Beberapa metode yang biasa dibicarakan untuk menghasilkan uang melalui blog adalah dengan memasang iklan adsense, serta afiliasi.

Pengertian Program Afiliasi dan Iklan Adsense

Sebelum membahas lebih jauh, kali ini WarnaBiru akan menjelaskan apa itu afiliasi maupun iklan adsense untuk blog.

Program Afiliasi

Dalam program afiliasi, Anda hanya perlu menjual produk atau jasa pihak lain melalui blog Anda untuk mendapatkan komisi. Caranya cukup sederhana, biasanya perusahaan yang menyediakan pemasaran afiliasi akan memberikan materi iklan pada Anda bisa dalam bentuk banner atau tautan yang bisa Anda sematkan pada artikel di blog Anda.

Meski demikian, hanya memasang materi ini pada blog tidak akan langsung membuat Anda mendapatkan uang begitu saja. Pengunjung harus mengeklik tautan atau banner tersebut dan melakukan pembelian dari sana, barulah Anda mendapatkan komisi. Jika dijalankan dengan baik, tentu program afiliasi ini bisa sangat menguntungkan. Apalagi sekarang sudah ada banyak sekali situs yang menyediakan program pemasaran afiliasi seperti Amazon Associates, Clickbank, serta Bhinneka.

Iklan Adsense

Cara lain untuk menghasilkan uang dari blog adalah dengan memasang iklan adsense. Ketika Anda lolos mendaftar untuk adsense, maka di laman blog Anda akan muncul iklan. Umumnya, iklan ini tidak terlalu mengganggu karena berukuran kecil. Hanya saja, Anda kurang bisa mengontrol iklan ini karena Adsense dikelola oleh Google sendiri.

Keuntungan dan Kerugian Program Afiliasi maupun Iklan Adsense

Nah, setelah mengetahui keduanya, lalu mana ya yang lebih baik di antara kedua pilihan tersebut? Jawabannya tentu tergantung seefektif apa Anda mengelola laman blog Anda. Pasalnya, baik adsense maupun afiliasi masing-masing punya keuntungan dan kekurangannya sendiri.

Cara pendaftaran

Dari segi pendaftaran, program afiliasi cenderung lebih mudah dibandingkan adsense. Biasanya blog yang lolos pendaftaran adsense adalah blog yang memiliki tampilan yang rapi, menarik, punya nama yang unik tapi menarik, serta punya tema yang spesifik. Sedangkan untuk mendaftar afiliasi tidak akan serumit itu. Sepanjang Anda memiliki blog yang aktif, maka Anda bisa mendaftar.

Pendapatan

Dari segi penghasilan, program afiliasi dan adsense menawarkan angka yang cukup jauh berbeda. Progam afiliasi akan menawarkan angka yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan adsense. Hal ini yang membuat banyak orang tergiur dengan program afiliasi. Meski demikian, Anda baru bisa mendapatkan uang dari afiliasi hanya jika pengunjung blog anda mengeklik tautan iklan tersebut. Jika tidak, maka Anda juga tidak akan mendapatkan apa-apa.

Sebaliknya, adsense akan memberikan hasil secara terus menerus asalkan laman blog Anda terus dikunjungi orang. Dengan demikian, program adsense sebenarnya juga bisa memberikan hasil yang cukup besar jika pengunjung blog Anda cukup banyak dan rutin setiap harinya.

Penyedia Program

Penyedia program adsense sejauh ini hanyalah Google dan dikelola sendiri oleh perusahaan tersebut. Sedangkan program afiliasi kini lebih mudah dan banyak ditemukan. Pasalnya, sekarang sudah ada banyak perusahaan besar maupun kecil yang menyediakan program ini. Hal ini tidak lain karena program afiliasi dinilai cukup menguntungkan baik bagi perusahaan maupun pemilik blog.

Tampilan

Dalam hal tampilan, iklan afiliasi biasanya akan terlihat lebih menarik dan estetik. Penempatannya bisa diatur sendiri oleh pemilik blog sehingga terkesan alami dan enak dibaca maupun dilihat. Dengan demikian, pembaca juga merasa nyaman saat membacanya dan lebih mungkin untuk mengeklik tautan afiliasi tersebut.

Meski Anda memiliki kontrol penempatan tautan program afiliasi tersebut, bukan berarti bisa sembarangan menempatkanya. Pastikan tulisan tempat tautan tersebut disematkan masih saling berhubungan atau relevan. Selain itu juga jangan menempatkan terlalu banyak tautan dalam satu artikel blog.

Sebaliknya, pemiik blog cenderung memiliki kontrol terhadap adsense yang jauh lebih sedikit. Namun jangan khawatir, iklan yang tampil biasanya tidak akan melenceng jauh dari tema tulisan di blog Anda. Sehingga, blog akan tetap terlihat relevan dan nyaman dilihat.

Itulah tadi beberapa perbedaan yang patut diperhatikan sebelum Anda memutuskan untuk bergabung dengan program afilliasi ataupun memasang iklan adsense. Jika dilihat sekilas, program afiliasi terlihat lebih menjanjikan karena menghasilkan uang yang lebih besar. Namun itu juga hanya mungkin terjadi jika Anda memiliki laman dan tulisan yang menarik sehingga pembaca tertarik untuk mengeklik tautan yang Anda sematkan.

Untuk laman yang terlihat tidak cocok untuk program afiliasi, iklan adsense bisa menjadi jawaban. Pasalnya, iklan ini akan tetap menghasilkan meskipun Anda tidak mengotak-atik laman tempat iklan tersebut berada.

Apapun pilihan Anda, perhatikan dengan saksama setiap keuntungan dan kerugian dari masing-masing program. Jika bingung, Anda bahkan bisa menggunakan keduanya untuk mendapatkan uang dari blog Anda. Namun, pastikan Anda tidak memasang terlalu banyak tautan program afiliasi dalam satu laman agar Google tetap mau menampilkan blog Anda dan meloloskan adsense yang Anda daftarkan.

 

Tinggalkan Balasan