Makanan Yang Memicu Sembelit Saat Berpuasa

0

Selain tubuh merasa cepat lelah dan lemas di saat berpuasa. Tubuh tidak jarang mengalami masalah kesehatan salah satunya sembelit. Banyak faktor yang bisa menyebabkan kamu bisa mengalami sembelit saat berpuasa, diantaranya adalah karena mengonsumsi beberapa makanan yang memicu sembelit yang kamu konsumsi disaat berbuka puasa maupun disaat sahur. Apa saja makanan yang memicu sembelit saat berpuasa? Berikut penjelasannya :

1. Junkfood

Saat kamu berpuasa, usahakan untuk menghindari konsumsi makanan cepat saji. Karena pada umumnya makanan cepat saji ini mengandung serat yang rendah tetapi tinggi kandungan lemak, garam dan gulanya. Contonya pizza, kentang goreng dan burger. Hal ini akan memicu kamu mengalami masalah pencernaan seperti sembelit. Sebab setelah seharian perut kosong kemudian langsung disi dengan menu makanan tersebut.

Selain itu, makanan olahan seperti sosis, nugget, daging asap dan kornet daging juga memberikan efek samping terhadap kesehatan seperti sembelit sebab makanan ini mengandung lemak dan garam yang tinggi yang memicu masalah kesehatan tersebut karena kandungan lemak, garam dan gula yang tinggi pada makanan ini akan membuat kerja pencernaan menjadi lebih berat daripada kamu mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

2. Goreng-gorengan

Tidak jarang orang memilih goreng-gorengan sebagai makanan pembuka saat berbuka. Justru mengonsumsi goreng-gorengan ini di tengah kamu berpuasa akan menyebabkan kamu mengalami masalah sembelit, sebab goreng-gorengan mengandung lemak jenuh yang tinggi sehingga akan memicu terjadinya masalah tersebut dan melambatkan proses metabolism tubuh.

Walaupun dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang manis saat berbuka puasa, namun lebih baik kamu menggantinya dengan menu makanan yang lain seperti sup buah, atau jus buah tanpa tambahan susu dan gula pasir agar tidak terjadi peningkatan berat badan.

3. Telur

Walaupun makanan ini mengadandung nutrisi yang baik untuk kesehatan tetapi mengonsumsi telur di bulan ini akan memicu kamu mengalami sembelit sebab telur tidak mengandung nutrisi berupa serat yang berperan penting dalam melancarkan proses penceranaan.

Jika kamu tetap ingin mengonsumsi telur di bulan puasa ini sebaiknya tambahkan sayuran kedalam nya atau dibarengi mengonsumsi telur dengan sayuran agar tidak terjadi masalah kesehatan karena sayuran mengandung serat yang tinggi sehingga sistem penceranaan tetap lancar dalam melakukan tugasnya.

4. Makanan terlalu manis

Walaupun kamu dianjurkan mengonsumsi makanan yang manis saat berbuka puasa tetapi usahakan mengonsumsi makanan yang tidak terlalu manis sebab makanan yang terlalu manis pasti tinggi akan kandungan gulanya sehingga bisa memicu kamu mengalami sembelit. Lebih disarankan mengonsumsi makanan yang mengandung gula alami seperti buah-buahan yaitu kurma yang sebagimana menjadi andalan banyak orang saat dikonsumsi sewaktu berbuka puasa.

Selain itu, mengonsumsi kurma di saat sahur pun juga dianjurkan sebab kurma mengandung tinggi serat yang bisa membuat perut merasa kenyang lebih lama.

5. Olahan susu

Susu sangat baik dan disarankan untuk kamu konsumsi sehari-hari, sebab susu mengandung protein tinggi yang mampu menunjang pertumbuhan tulang dan gigi terutama bagi anak-anak. Selama kamu berpuasa, disarankan untuk tidak mengonsumsi susu dan olahannya seperti keju, yoghurt dan es krim. Sebab makanan tersebut bisa memicu kamu mengalami sembelit. Susu dan olahannya mengandung laktosa dan juga rendah serat yang akan memicu terjadinya masalah pencernaan tersebut.

6. Gandum dan oalahannya

Mengonsumsi bahan makanan yang terbuat dari bahan dasar gandum tidak baik untuk kamu konsumsi disaat bulan puasa, sebab makanan tersebut juga bisa memicu kamu mengalami sembelit. Hal itu bisa terjadi karena gandum dan olahannya memiliki kandungan gluten, dimana bahan makanan yang mengandung gluten sulit untuk dicerna oleh sistem pencernaan, sehingga tidak heran jika kamu mengalami masalah pencernaan setelah mengkosumsinya.

Tinggalkan Balasan