Makanan Yang Disarankan Untuk Pasien Yang Sedang Menjalani Kemoterapi

0

Kemoterapi merupakan salah satu proses pengobatan bagi pasien yang sedang menderita kanker. Seperti yang kita tau pasien yang menderita kanker membutuhkan pengobatan, seperti obat-obatan dan nutrisi yang lebih agar tubuh mereka mampu bertahan dan berjuang melawan penyakit yang sedang mereka derita. Pada umumnya seorang pasien yang sedang menderita kanker yang menjalani proses kemoterapi akan mengalami beberapa efek samping, salah satunya adalah kehilangan nafsu makan. Oleh larena itu tidak jarang pasien tersebut akan mengalami penurunan berat badan. Namun apa boleh buat, dengan kemoterapi inilah nantinya kanker yang diderita pasien bisa diperlambat pertumbuhannya atau bahkan disingkirkan. Oleh sebab itu proses tersebut harus di tunjang dengan kosumsi makanan yang tinggi nutrisi. Berikut makanan yang disarankan untuk Pasien yang sedang menjalani Kemoterapi.

1. Kentang

Kentang adalah salah satu makanan penghasil karbohidrat terbaik selain nasi. Kentang sangat disarankan bagi pasien yang sedang menjalani kemoterapi. Metode pengolahan yang dianjurkan adalah dengan cara direbus, agar pasien lebih mudah untuk mengunyah dan menelan makanan tersebut.

Kentang memiliki tekstur yang lembut sehingga tidak memberatkan kinerja sistem pencernaan. Dengan demikian pasien bisa menghindari terjadinya mual atau bahkan muntah akibat kemoterapi. Jika pasien bosan hanya mengomsumsi kentang rebus saja, cobalah untuk menambahkan keju atau susu sebagai variasi rasa lain.

Namun sebelum itu, Anda perlu mempertimbangkan bahan apa saja yang bagus untuk meningkatkan nutrisi pasien. Jika Anda tidak yakin dengan itu, silahkan konsultasikan dengan Ahli gizi Anda.

2. Telur

Telur juga merupakan makanan sangat baik untuk dikonsumsi oleh pasien yang sedang menjalani kemoterapi. Telur mengandung nutrisi berupa protein yang tinggi untuk melengkapi kebutuhan Gizi dan nutrisi pasien yang sedang menjalani kemoterapi. Selain itu, harga telur pun juga termasuk murah dan sangat mudah di dapatkan. Untuk menghidangkan telur disarankan agar keluarga pasien menggunakan pengolahan yang berbeda agar pasien tidak merasa bosan memakannya.

Penting juga mempertimbangkan untuk menggunakan olahan yang lebih mudah ditelan oleh pasien, sebab tidak jarang pasien kemoterapi yang mengalami kesulitan dalam menelan. Olahan seperti omelet telur yang ditambahkan keju dan mayonis untuk meningkatkan kalori. Hal itu sesuai karena seorang pasien kemoterapi memang disarankan untuk mendapatkan nutrisi dan kalori yang ekstra.

3. Susu

Susu adalah penghasil protein terbaik yang sangat dibutuhkan untuk tubuh. Hal itu juga berlaku bagi pasien yang tengah menjalani kemoterapi. Pastinya seorang pasien membutuhkan nutrisi yang lebih banyak dibandingkan orang sehat. Apalagi kemoterapi sering membuat pasien mengalami kesulitan dalam menelan makanan sehingga meminum susu akan membuat pasien lebih mudah mencukupi kebutuhan nutrisinya. Disarankan mengonsumsi susu rendah lemak agar pasien tidak mengalami diare.

4. Wortel

Salah satu sayuran yang disarankan untuk pasien yang tengah menjalankan kemoterapi yaitu wortel. Sayuran ini mengandung senyawa yang mampu membuat tubuh tetap bertahan dan stabil dari efek samping menjalani kemoterapi bagi pasien penderita kanker. Wortel bisa diolah menjadi jus agar lebih mudah di telan pasien dan ditambahkan dalam menu makanan seperti sup agar nafsu makan pasien lebih meningkat.

5. Kacang-kacangan

Penghasil protein terbaik lainnya yaitu kacang-kacangan. Protein termasuk salah satu zat gizi makro yang kebutuhannya sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh, apalagi pasien yang tengah menderita kanker pasti sangat membutuhkan nutrisi ini. Selain itu kacang termasuk makanan tinggi serat yang baik bagi pasien yang mengalami konstipasi yang diakibatkan oleh dampak menjalani kemoterapi.

6. Keju rendah lemak

Mengonsumsi makanan yang rendah lemak sangat disarankan untuk pasien kemoterapi, termasuk keju. Keju rendah lemak memiliki tekstur yang lebih lembut dibandingkan dengan keju lain, sehingga makanan ini cocok dengan kondisi pasien kemoterapi yang sedang mengalami masalah susah menelan.

7. Permen

Pasien yang menjalani kemoterapi sangat disarankan untuk mengonsumsi permen yang mengandung rasa mint dan jahe agar mampu menetralisir rasa mual yang sering dirasakan pasien sehabis menjalani kemoterapi.

Tinggalkan Balasan