8 Keuntungan Investasi Emas yang Bisa Menaikkan Kekayaan

0

Kini, masyarakat semakin melek investasi. Banyak instrumen investasi yang ditawarkan. Namun manakah yang terbaik? Anda bisa melirik keuntungan investasi emas untuk membantu Anda mengambil keputusan.

Banyak orang yang tertarik untuk menyimpan hartanya dalam bentuk emas, khususnya emas batangan atau logam mulia. Harga logam mulia cenderung naik dan cocok untuk dijadikan investasi dengan tujuan jangka panjang. Selain potential gain, masih banyak keuntungan dari investasi ini, lho. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Terdapat berbagai pilihan ukuran logam mulia

Logam mulia tersedia dari ukuran 1 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram. Perlu diketahui bahwa harga logam mulia ukuran kecil lebih mahal dibandingkan yang lebih besar. Hal ini dipengaruhi oleh harga cetak sertifikat.

Biasanya investor yang berpengalaman di dunia investasi emas memilih untuk membeli ukuran besar. Namun, Anda tidak perlu memaksakan jika belum bisa membeli ukuran besar. Logam mulia ukuran kecil memiliki keuntungan lebih mudah dijual kembali daripada ukuran besar.

Mudah dicairkan

Emas bisa jadi dana darurat atau digunakan untuk kebutuhan mendesak karena mudah dicairkan ke dalam bentuk uang tunai. Anda tinggal menjual emas ke toko emas, kantor pegadaian, atau teman. Keuntungan menjual ke end user seperti teman adalah bisa mendapatkan harga yang lebih tinggi daripada jual ke toko emas.

Keuntungan ini bisa jadi pertimbangan yang menarik karena instrumen investasi lainnya sulit dicairkan atau hanya dapat diklaim pada saat tertentu saja. Misalnya properti harus menunggu hingga laku terjual dan reksa dana memiliki waktu tunggu 5-7 hari kerja untuk redeem.

Lebih aman

Harga emas bergerak naik dan turun, dipengaruhi oleh nilai tukar dolar terhadap rupiah. Hal ini dikarenakan harga emas dinyatakan dalam satuan dolar, bersumber pada harga pasaran emas dunia yang berpusat di London Metal Exchange.

Jika mata uang dolar menguat terhadap rupiah, maka harga emas akan meningkat. Selain itu, harga emas dipengaruhi oleh penawaran dan permintaan di seluruh dunia.

Meski harganya naik dan turun, harga emas lebih aman jika dibandingkan instrumen investasi lain karena mampu terhindar suku bunga tinggi dan inflasi. Selain itu, fluktuasi emas tidak setajam fluktuasi saham.

Meski aman, sebaiknya Anda tidak menaruh seluruh harta pada emas. Lakukan diversifikasi portofolio investasi yang sesuai dengan profil risiko Anda. Misalnya, Anda berinvestasi di reksa dana, properti, deposito, dan lainnya.

Memiliki perawatan yang mudah

Logam mulia mudah dirawat yaitu dengan menyimpannya di tempat yang kering agar kertas sertifikat tidak rusak. Jika Anda memiliki beberapa logam emas, Anda bisa menyimpannya di tempat yang aman di rumah.

Jika Anda memiliki logam mulia dalam jumlah banyak, maka Anda dapat menyimpannya di brankas atau menggunakan fasilitas Safe Deposit Box (SDB) di bank. Biasanya berat minimum yang bisa disimpan di SDB adalah 10 gram dan kelipatannya.

Tips WarnaBiru adalah memilih lokasi bank yang menyewakan SDB yang berdekatan dengan tempat Anda membeli emas. Anda bisa segera menyimpan di SDB dan mengurangi risiko kecurian atau kehilangan di jalan.

Menjadi penyelamat saat krisis ekonomi terjadi

Emas bisa memberikan Anda keuntungan jika terjadi krisis ekonomi. Prospek emas sangat menjanjikan meski kenaikan harganya tergolong pelan. Misalnya, saat Amerika Serikat mengalami krisis ekonomi pada 1976, harga emas tidak terlalu terpengaruh oleh kondisi ekonomi makro dan mikro.

Bisa dijadikan jaminan

Keuntungan investasi emas adalah bisa menyelamatkan Anda saat sedang membutuhkan uang. Anda tidak perlu mencairkan investasi atau menjual aset. Emas bisa dijadikan sebagai jaminan kredit saat Anda mengajukan pinjaman ke bank.

Bisa dicicil

Pegadaian memiliki program tabungan emas dan mencicil emas. Ini memudahkan Anda yang belum memiliki modal besar untuk membeli emas. Datang ke kantor cabang Pegadaian di kota Anda untuk mengikuti kedua program tersebut.

Tempat membeli emas yang mudah ditemukan

Terdapat beragam tempat untuk membeli emas, seperti toko emas konvensional, Butik Logam Mulia PT Aneka Tambang (Antam) Tbk, Pegadaian, perbankan syariah, kantorpos, hingga marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak.

Saat akan membeli emas, pastikan Anda mendapatkan sertifikat yang menunjukkan keasliannya. Misalnya, sertifikat logam mulia milik Antam memiliki informasi alamat resmi unit pemurnian logam mulia, tingkat kemurnian yaitu 99,99%, berat emas, dimensi ukuran dalam satuan millimeter, dan kode seri yang juga diukir di atas logam mulia. Perlu diketahui bahwa ukiran ini hanya ada pada logam mulia dengan berat 10 gram ke atas.

Untuk mendapatkan keuntungan investasi emas, WarnaBiru ingatkan Anda untuk tidak membeli perhiasan emas. Pasalnya, perhiasan tidak bisa dijadikan sebagai instrumen investasi. Campuran bahan yang ada di perhiasan akan membuat harga menjadi turun ketika dijual. Ongkos pembuatannya membuat harga semakin tinggi dan membuat Anda merugi. Perhiasan emas lebih tepat digunakan sebagai dana darurat daripada investasi.

 

Tinggalkan Balasan