Hindari Beberapa Kesalahan Saat Sahur Untuk Mencegah Peningkatan Berat Badan

0

Memiliki tubuh yang langsing dan ideal merupakan impian kebanyakan wanita. Banyak cara yang akan mereka lakukan agar impian tersebut bisa terwujud salah satunya dengan menjalani program diet. Program diet juga bisa kamu lakukan di tengah bulan puasa tapi jika kamu melakukan kesalahan saat sahur, justru kamu mengalami peningkatan berat badan bukannya menurunkan berat badan. Padahal berpuasa merupakan kesempatan kamu untuk membentuk berat tubuh menjadi ideal bukannya menjadi meningkat. Berikut kesalahan yang dilakukan di saat sahur yang membuat berat badan mengalami peningkatan :

1. Banyak mengonsumsi gula

Salah satu makanan yang menjadi sumber terjadinya peningkatan berat badan dengan cepat yaitu terlalu banyak mengonsumsi gula. Makanan manis biasanya akan menggugah selera kamu saat makan terutama di saat sahur. Gula merupakan salah satu penghasil karbohidrat, jika kamu sudah cukup banyak mengonsumsi karbohidrat disaat sahur dan ditambah lahi karbohidrat yang berasal dari gula akan menyebabkan kamu menerima karbohidrat secara double, maka tidak heran kamu mengalami peningkatan berat badan jika setiap hari kamu melakukan ini. Belum lagi kamu mengalami masalah peningkatan gula darah yang bisa memicu kamu mengalami penyakit diabetes walaupun kamu awalnya tidak beresiko mengidap penyakit ini. Disarankan kamu lebih banyak mengonsumsi air putih atau pun jus buah yang rendah kalori tapi tidak ditambahkan susu dan gula pasir saat mengolahnya.

2. Mengonsumsi lemak tinggi

Mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung lemak tinggi sama bahayanya dengan mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat. Selain membuat kadar kolesterol meningkat dan menjadi pemicu penyakit kronis seperti penyakit jantung dan dislipedemia. Sering mengonsumsi makanan tinggi lemak juga mempengaruhi berat badan seseorang menjadi meningkat. Walaupun kamu mengonsumsi makanan tinggi lemak tersebut di saat sahur maupun disaat berbuka puasa. Walaupun tidak semua lemak tergolong kedalam kategori jahat tetapi sebaiknya hindari saja untuk mengonsumsinya agar tubuh tidak menjadi gemuk. Lebih baik disaat sahur kamu mengonsumsi makanan yang direbus atau dikukus, usahakan jangan di goreng sebab minyak goreng merupakan penyumbang lemak yang bisa membuat kamu gemuk.

3. Banyak mengonsumsi karbohidrat

Berpuasa berarti jatah makan dan waktu negmil kamu menjadi berkurang sebab kamu hanya bisa mengonsumsi makanan dan minuman disaat sahur hingga sahur. Selebihnya kamu kamu harus menahan lapar dan haus selama seharian. Jadi tidak heran disaat kamu berbuka puasa menjadi keblablasan dan disaat sahur kamu akan berusaha makan sebanyak mungkin agar tidak terlalu merasa lapar disiang harinya. Apalagi yang banyak kamu konsumsi tersebut yang merupakan sumber karbohidrat seperti nasi, roti, kue dan coklat manis. Jika kamu sekaligus menyantap makanan atau minuman yang mengandung karbohidrat secara bersamaan tentu saja akan membuat berat badan kamu mengalami peningkatan.

4. Jarang mengonsumsi makanan dan minuman probiotik

Mengonsumsi makanan dan minuman probiotik memang penting sehari-harinya terutama di bulan Ramadhan. Contoh makanan dan minuman probiotik yang bisa kamu temukan di pasaran seperti yoghurt, kefir, keju, cuka apel dan keju. Probiotik ini sendiri sangat berguna untuk memberantas seluruh bakteri yang terdapat di dalam organ penceraan terutama usus, jika tidak dilakukan akan membuat sistem metabolism tubuh mengalami masalah, tidak lancar beroperasi dan menjadi pemibu kamu mengalami peningkatan berat badan. Kamu cukup mengonsumsi makanan atau minuman probiotik ini sekali sehari dengan porsi yang disesuaikan.

Tinggalkan Balasan