Investasi Bodong Adalah, Yuk Kenali Cirinya Disini!

0

Bagi Anda yang mudah tergiur, Anda harus berhati-hati karena besar kemungkinan pada akhirnya Anda akan terjebak ke dalam lembah investasi bodong. Ada banyak investasi bodong yang sekarang ini beredar luas di Indonesia.

Mereka menawarkan iming – iming keuntungan yang tidak sedikit terhadap calon korbannya. Investasi bodong sendiri sebenarnya dapat dikenali dengan mudah. Namun sebelum kita membahas ciri – cirinya, Anda harus tahu investasi bodong itu yang seperti apa.

Jadi investasi bodong adalah investasi tidak resmi yang belum memiliki legalitas hukum dan tidak bernaung dibawah Otoritas Jasa Keuangan. Investasi bodong memiliki beberapa ciri. Apa sajakah ciri – ciri investasi bodong?

Ciri-Ciri Investasi BodongCiri-Ciri Investasi BodongBaca juga:

Menawarkan janji return yang terlalu besar

Return yang besar dari apa yang diinvestasikan memang menjadi harapan para investor. Akan tetapi jika terlalu besar bahkan berada diatas angka plafon yang sewajarnya, maka Anda harus berhati – hati. Karena bisa jadi investasi tersebut adalah investasi bodong.

Jadi ciri pertama investasi bodong adalah janji return atau perjanjian pengembalian keuntungan yang diberikan. Anda harus mulai pahami bahwa setiap resiko akan berbanding lurus dengan jumlah investasinya.

Maka itu artinya semakin tinggi jumlah investasi maka akan semakin tinggi juga resikonya. Namun jika Anda mendapat iming – iming keuntungan bahkan $1000 perhari dan resikonya kecil? Maka investasi yang seperti itu patut dipertanyakan.

Lantas bagaimana dengan investasi Binomo? Apakah investasi ini legal atau memiliki indikasi penipuan? Kenali dulu Binomo dari struktur cara kerjanya.

Beca: Cara Kerja Investasi Binomo, Cari Tahu Sebelum Bergabung!

Tidak memiliki legalitas hukum

Pada kasus investasi bodong, ciri diatas akan semakin diperparah dengan tidak dimilikinya suatu jenis investasi terhadap legalitas hukum.

Padahal legalitas hukum ini menjadi payung hukum yang sangat penting demi client karena dengan adanya legalitas hukum, ketika ada hal yang bermasalah maka client masih akan mendapat perlindungan hukum. Namun hal tersebut tidak akan terjadi jika perusahaan tersebut bukan perusahaan yang legal.

Rekam jejak fiktif

Setiap platform yang legal mereka memiliki rekam jejak yang baik. Namun sebuah investasi bodong tidak memiliki syarat tersebut.

Rekam jejak mereka tidak dapat dipertanggungjawabkan. Mereka bahkan cenderung mengklaim rekam jejak orang lain sebagai keberhasilan timnya. Padahal semua itu bukan hal yang benar dan tidak dapat dibuktikan.

Untuk membuktikan rekam jejak suatu investasi, Anda bisa cek jejaknya di sosial media. Anda tidak menemukan data – data seperti yang disebutkan sebagai klaim mereka.

Selalu mendesak agar orang bergabung

Dalam mempromosikan dirinya sebagai yang terbaik, para pelaku investasi bodong biasanya selalu menekan calon anggota untuk bergabung. Beberapa dari investor bahkan tidak merayu dengan halus, bahkan cenderung melakukan pemaksaan untuk bergabung.

Beberapa dari mereka selalu menekankan waktu terbatas, tempat terbatas, eksklusif atau berbagai hal lain agar orang bisa merasa terdesak dan kemudian bergabung.

Mereka yang menawarkan investasi namun merupakan suatu konsep investasi bodong, ketika calon client memberikan penjelasan tentang modal pengelolaan dana dan kemana suatu aset yang didapatkan dialokasikan, mereka akan menjawab secara berulang dan berputar – putar karena tujuan mereka menghilangkan suatu pertanyaan semacam itu.

Jadi investasi bodong adalah semua jenis instrumen investasi yang memenuhi ciri-ciri seperti diatas. Jadi Anda harus berhati-hati dalam memilih jenis investasi. Tau lebih seputar investasi bodong? Share yuk di komentar!

 

APA PENDAPAT ANDA

Silahkan masukan komentar
Masukan nama Anda disini