Investasi Binomo, Bagaimana Cara Kerjanya?

0

Opsi investasi baru dengan metode investment dan trading sedang diperkenalkan sebagai opsi fresh di jagad investasi digital. Ada banyak sebenarnya opsi – opsi investasi digital yang mulai diperkenalkan. Namun yang paling mencolok dan menarik perhatian dengan segudang iklannya adalah investasi Binomo.

Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan investasi Binomo ini. Iklannya pun memiliki jargon yang sangat menarik dan mudah dihafal. Didukung dengan model iklan poni lempar yang membawakan peran sebagai seorang trader saham sukses terlihat sangat meyakinkan.

Alhasil banyak orang yang bergabung dengan investasi ini. Lantas, apakah investasi Binomo dengan jargon “jutaan orang bahkan tidak menyadari bahwa mereka bisa menghasilkan 1000 US$ dan Anda adalah bagian dari mereka” merupakan investasi legal atau illegal? Nah, disini kita akan membahasnya untuk Anda!

Memuat...

Mengenal Investasi Binomo

mengenal investasibinomo

Bagi Anda yang masih belum mengenal Binomo, investasi Binomo merupakan suatu investasi dengan memanfaatkan platform trading yang sangat memungkinkan bagi pengguna untuk mendapat manfaat dari pergerakan naik turun aset yang mendasarinya.

Mereka bertujuan untuk menarik semua tingkat trader dengan memberikan izin untuk memanfaatkan alat trading tanpa hambatan. Berbagai macam platform trading menggunakan binary options atas produk binary, termasuk dengan Binomo itu sendiri.

Anda akan melihat bagaimana proses trading bisa dilakukan dengan sangat mudah bahkan dapat dilakukan oleh orang awam sekalipun. Tampilan situs web yang bersih pun turut menjadi penunjang betapa perusahaan berusaha menggaet investor atau trader dari berbagai macam lini.

Binomo mulai bekerja ketika Anda membuka beranda situs web mereka. Darisana Anda akan diarahkan untuk melakukan pendaftaran menjadi trader Binomo. Anda bisa melihat kotak dialog pendaftaran yang terdapat di bagian sudut kanan sebelah atas.

Darisana, mereka akan memberi suatu kemampuan menguji trade out Anda dan memberikan penjelasan mengenai apa saja opsi di situs web mereka yang bisa digunakan. Trading naik dan trading turun dijelaskan secara detail dalam platform trading tersebut.

Binomo seperti halnya platform perdagangan yang lain, dalam platform Binomo Anda harus meninjau berbagai jenis akun dan menemukan apa yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Dalam platform, Anda bisa temukan akun demo. Akun demo tersebut merupakan akun uji coba dimana Anda bisa memanfaatkannya tanpa menyertakan modal.

Anda bisa memanfaatkan akun demo secara gratis sebagai tahap awal Anda mencoba memulai trading melalui platform digital ini.

Namun secara detailnya tentang bagaimana cara investasi Binomo bekerja, Anda bisa baca : Cara Kerja Investasi Binomo, Cari Tahu Sebelum Bergabung!

Di situs webnya, Binomo memiliki apa yang disebut dengan ‘perjanjian client’. Perjanjian tersebut menjadi standar yang dipegang dalam penggunaan platform Binomo antara pihak penyedia situs dengan pihak client yang menggunakan situs Binomo.

Anda bisa membaca syarat dan ketentuan dengan teliti karena jika ada masalah atau pertanyaan yang muncul, kemungkinan bisa dibahas didalam dokumen perjanjian client tersebut. Pada perjanjian client, di baris pertama disebutkan bahwa perusahaan didirikan di bawah hukum Republik Seychelle. Hal ini menjadi peraturan dalam Undang – Undang yang dioperasikan sebagai legalitas dari Binomo.

Hal lain yang diatur juga termasuk tentang bagaimana perselisihan akan ditangani serta hal lain yang ada kaitannya dengan perdagangan serta faktor resiko dibalik tata laksana aturan dalam kegiatan trading.

Terlepas dari apakah Anda menggunakan Binomo atau platform lain dalam trader, ketika membuka situs web Binomo maka bisa dipastikan Anda harus membaca informasi hukum demi memastikan Anda benar – benar tahu segala hal dan aturan yang dikaitkan tanpa memihak terhadap sesuatu.

Legalitas Investasi Binomo di Indonesia

Berdasarkan penelusuran dari website Binomo dan dikaitkan dengan tata aturan perundang – undangan di bidang perdagangan berjangka, dapat disimpulkan bahwa validitas dari entitas usaha sampai transaksi opsi biner yang diselenggarakan oleh Binomo patut dicurigai.

Mengapa? Karena transaksi biner yang diselenggarakan oleh Binomo tidak legal dan tidak mencantumkan izin usaha pialang. Sementara suatu transaksi biner bisa dikatakan sebagai transaksi yang legal adalah jika tercantum izin usaha pialang dalam kegiatan transaksinya.

Jadi jika suatu usaha broker atau pialang perdagangan berjangka tidak memiliki suatu izin usaha, maka bisa dikatakan bahwa mereka tidak memiliki legalitas hukum. Tentunya karena semua peraturan perundang – undangan atas usaha dan transaksinya tidak menjadi payung hukum bagi client.

Karena itu Bappebti menyarankan terhadap calon trader untuk memilih transaksi yang mendapatkan izin usaha pialang dari Bappebti untuk memberikan perlindungan dan payung hukum atas segala macam transaksi yang terjadi.

Jika memang Anda sangat tertarik untuk melakukan investasi, pastikan Anda tidak menutup mata dari adanya resiko yang diberikan. Anda harus tahu bahwa semakin besar iming – iming yang ditawarkan, maka resiko yang berkemungkinan akan Anda alami juga sangat besar.

Karena itu Anda harus selektif, cerdas dan bisa membedakan mana investasi yang benar memberikan ‘keuntungan’ atau setidaknya potensi keuntungan di awal Anda tertarik dengan apa yang mereka tawarkan dan mana yang tidak memberikan potensi keuntungan.

Apalagi investasi bodong adalah jenis investasi yang sangat merugikan. Jadi Anda harus tahu cirinya dan bisa mengenalinya.

Baca : Investasi Bodong Adalah, Yuk Kenali Cirinya Disini!

Tips Agar Terhindar dari Investasi Bodonginvestasi-binomo-apa-dan-seperti-apa

Tentu Anda tidak ingin merasakan kerugian karena terjerat dalam investasi bodong yang sangat merugikan keuangan Anda bukan?

Karena itu dalam memilih jurnal atau instrumen investasi Anda harus benar – benar selektif. Berikut beberapa tips agar terhindar dari investasi bodong yang Anda harus pahami dan terapkan diantaranya :

Perhatikan status hukum investasi yang ditawarkan

Pada kasus investasi bodong biasanya mereka tidak memiliki legalitas atau pengakuan hukum dari pihak yang berwenang. Padahal sebenarnya pengakuan hukum tersebut menjadi salah satu aspek yang sangat penting.

Pada kasus investasi bodong, mereka yang tidak memiliki pengakuan hukum biasanya akan mengaku – ngaku memiliki pengakuan hukum, padahal sebenarnya mereka tidak memilikinya. Karena itu baiknya jangan Anda terlalu percaya. Selidiki dulu semuanya dan pastikan suatu legalitas perusahaan benar – benar dimiliki dengan bukti fisik yang bisa dipercaya.

Untuk perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa keuangan, legalitas hukum mereka berasal dari OJK. Sementara untuk usaha yang bergerak dalam bidang koperasi, izin mereka biasanya dikeluarkan oleh Kementerian Koperasi dan UKM.

Sementara jika perusahaan bergerak dalam bidang perdagangan, perusahaan yang memberikan payung hukum adalah Kementerian Perdagangan. Pada perusahaan Multi Level Marketing, perusahaan tersebut memiliki izin dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BPKM). Anda harus tahu hal tersebut sebelum bergabung dengan suatu perusahaan dan pastikan legalitas mereka memang asli.

Pastikan struktur organisasi mereka jelas

Suatu perusahaan tentunya wajib memiliki struktur organisasi yang jelas mulai dari jabatan yang tertinggi sampai dengan jabatan yang terendah sekalipun. Akan tetapi pada suatu kasus investasi bodong, hal yang semacam ini tidak akan pernah bisa kita temukan.

Hal tersebut karena suatu perusahaan pada dasarnya berdiri dan dibentuk secara asal sehingga struktur organisasi pun asal. Jika pun ada struktur organisasi kebanyakan dari mereka membentuknya bukan berasal dari standar organisasi perusahaan yang semestinya.

Karena itu cobalah Anda cermati struktur organisasi perusahaan dengan baik. Semakin tak jelas bagaimana struktur organisasi suatu perusahaan, maka semakin Anda harus ragu dengan kegiatan usaha yang akan berjalan didalamnya.

Lihat dulu kegiatan usaha yang dilakukan

Kegiatan usaha merupakan hal yang sangat penting diperhatikan karena berdampak secara langsung terhadap hasil yang berpotensi didapatkan dari kegiatan investasi.

Nah, pada kasus investasi bodong, mereka tidak akan memiliki kegiatan usaha yang terorganisir dan kegiatan yang dilakukan tidak jelas. Hal tersebut karena perusahaan seperti itu kebanyakan hanya terfokus atas pengumpulan dana dari nasabah saja.

Jadi baiknya Anda ketahui dengan baik seperti apa kegiatan usaha yang dijalankan perusahaan investasi, termasuk dengan melihat bukti kegiatan operasional secara langsung. Hal ini tentu akan sangat membantu dalam menghindari kerugian atas investasi yang dilakukan.

Waspadai tawaran hasil investasi yang tak wajar

Hampir sebagian besar kasus investasi bodong akan menawarkan imbal hasil yang sangat besar bahkan nyaris tidak masuk akal. Misalkan, mereka menawarkan 20 juta dalam satu hari atau menawarkan $500 bahkan $1000 dalam satu hari. Hal tersebut adalah suatu aspek yang tidak masuk akal.

Untuk ukuran pengembalian dana investasi, jumlah tersebut sangat besar dan bahkan terlalu besar. Sehingga bagi Anda yang mendapatkan suatu perusahaan investasi dengan menginformasikan hal yang serupa, jangan terlalu cepat percaya.

Pastikan Anda mengecek semuanya dulu. Pahami dan kenali dulu perusahaan investasi tersebut dan telaah resikonya. Hal tersebut akan sangat membantu Anda untuk menghindari berbagai macam tawaran yang tidak masuk akal seperti itu.

Cari tahu alamat usaha beserta kepengurusannya

Anda harus tahu bahwa biasanya perusahaan investasi bodong akan memiliki kantor yang sangat kecil dan bahkan tampak sangat tidak professional. Sejumlah staf atau karyawan mereka jumlahnya juga sangat sedikit.

Nah, jika Anda melihat kondisi perusahaan yang semacam ini, maka baiknya Anda harus waspada sedari awal karena bisa jadi perusahaan tersebut memang bukan perusahaan yang legal.

Kebanyakan investasi yang merupakan investasi bodong adalah investasi yang bergerak dalam bidang investasi atau trading saham. Namun bukan berarti semua trading atau investasi saham itu bodong ya! Pastikan Anda bergabung dengan investasi atau trading saham dengan sekuritas terpercaya untuk menghindari investasi yang merugikan.

Utamanya untuk pemula, tips memilih investasi saham bagi pemula beserta teknik – teknik analisisnya perlu Anda pahami.

Baca : Tips Memulai Investasi Saham Bagi Pemula, Jangan Sampai Salah Arah!

Jenis Konsep Investasi Bodong yang Banyak Beredar di Indonesiainvestasi-binomo-apa-dan-seperti-apa

Tak hanya investasi saham saja yang berpotensi menjadi investasi bodong, melainkan model investasi lainnya juga ada yang merupakan praktek dari investasi bodong. Berikut jenis konsep investasi bodong selain saham yang banyak beredar di Indonesia dan harus Anda waspadai, diantaranya :

Investasi pencarian harta karun

Investasi semacam ini tidak hanya ada di wilayah luar negeri semata. Di Indonesia pun investasi perburuan harta karun juga ada. Harta karun tersebut yang dimaksud diantaranya adalah pusaka, keris, perhiasan, harta berharga, emas didalam bumi dan sebagainya.

Dalam melakukan prakteknya, pelaku biasanya mengaku bahwa dirinya adalah orang pintar dan kemudian berusaha meyakinkan korbannya dengan harta karun semacam itu. Lokasinya juga biasanya berbeda – beda atau bahkan bisa jadi mereka mengatakan bahwa lokasinya berada di lahan milik korban.

Kemudian pelaku meminta dana atau uang kepada mereka yang diincar sebagai korban. Dana tersebut diminta dengan alasan menjadi dana persiapan. Akan tetapi dalam prakteknya, korban tidak mendapatkan apapun dari dana yang sudah dikeluarkan.

Investasi melipatgandakan uang

Kasus penggandaan uang juga paling santer terjadi. Banyak orang yang tertipu dengan investasi melipatgandakan uang yang ditawarkan. Mereka yang ingin cepat kaya biasanya yang paling mudah ditipu. Bahkan korbannya secara ikhlas menyerahkan harta atau uang yang dimiliki kepada pelaku.

Harapan orang – orang yang turut serta dalam rayuan mereka sangat besar. Mereka berharap agar pelaku memang memberikan apa yang menjadi tugas mereka yaitu memberikan hasil dari uang yang digandakan.

Biasanya pelaku akan menjalankan tugasnya dengan baik di awal, namun setelah setoran kedua, pelaku tidak akan memberikan hasil yang sama seperti di awal. Bahkan sebagian pelaku ada yang memberikan hasil uang palsu kepada korbannya.

Investasi agrobisnis

Praktek penipuan yang semacam ini marak terjadi. Pelaku meminta agar calon korbannya berkenan berinvestasi ke dalam konsep bisnis agro yang mereka sedang kelola.

Pada pelaku penipuan menyertakan proposal atau surat konsep beserta alat pendukung untuk meyakinkan client mereka. Hal tersebut dilakukan untuk meyakinkan calon korban agar tergoda dan berusaha menanamkan modal pada investasi bodong yang sebenarnya tak ada itu.

Banyak praktek investasi agrobisnis yang berkembang dimana dalam tata rencananya, lahan dikelola dengan ditanami tanaman yang berpotensi menghasilkan. Korban percaya dengan hal tersebut, namun dalam prakteknya semua lahan yang dijanjikan itu bukan hal yang nyata dan biasanya pelaku segera berusaha menghilang disertai uang korban yang diinvestasikan akan dibawa kabur oleh mereka.

Investasi pemindahan dana hasil warisan

Kegiatan penawaran pemindahan warisan biasanya dimulai dengan adanya suatu percakapan yang dilakukan melalui sosial media, di email atau bahkan penawaran langsung karena keluhan dari pelaku. Biasanya para pelaku mengaku bahwa mereka memiliki warisan yang jumlahnya banyak dan sedang tertahan. Warisan tersebut hanya bisa dicairkan ketika dialihkan atas nama calon korban ke Indonesia.

Calon korban harus membantu pelaku dan menyetorkan sejumlah dana untuk melakukan pengalihan warisan. Namun setelah calon korban menyetorkan sejumlah dana, pelaku malah kabur begitu saja.

Pelaku kegiatan investasi pengalihan warisan pun beragam dalam memberikan promosi untuk menarik perhatian calon client. Mereka ada yang menawarkan keuntungan mulai dari kapasitas 10 persen sampai dengan 50 persen dari warisan yang katanya akan segera dicairkan.

Nah, investasi model seperti itu yang jelas – jelas terlalu muluk – muluk dalam penawaran wajib untuk Anda hindari. Jika Anda merupakan seorang pemula yang belum punya banyak pengalaman dalam dunia investasi, baiknya Anda tahu apa saja investasi yang aman untuk pengelolaan dana Anda.

Baca : Aneka Ragam Jenis Investasi Yang Menjanjikan Untuk Jangka Panjang

Jadi, dalam memilih instrumen investasi jangan sampai Anda salah pilih. Pastikan Anda memilih investasi yang aman untuk kelangsungan masa depan dana Anda.

 

Memuat...

APA PENDAPAT ANDA

Silahkan masukan komentar
Masukan nama Anda disini