Gagal Transfer Ke Bank Lain Namun Saldo Terdebet, BRI ke BNI, Mandiri Ke BNI dan lain lain

2

Gagal transfer ke bank lain namun saldo terdebet adalah masalah yang terjadi akibat lalu lintas perbankan mengalami gagal system. Hal ini seringkali dialami pengguna kartu ATM atau internet banking saat melakukan transfer, baik ke sesama bank maupun transfer ke bank lain. Jika hal ini terjadi, uang yang Anda transfer tidak akan muncul di rekening tujuan namun tidak ada juga di rekening Anda. Uang tersebut akan tergantung di system BI sampai proses investigasi berhasil dilakukan oleh kedua belah pihak, baik bank pengirim maupun bank penerima.

Dan yang paling menjengkelkan adalah kasus ini membutuhkan waktu yang lama untuk diselesaikan pada kasus gagal transfer ke bank lain. Lalu bagaimana cara menanganinya? Sebelum kami jelaskan langkah untuk untuk menangani kasus tersebut, terlebih dulu akan kami jelaskan apa saja penyebabnya. Berikut informasinya:

Penyebab Gagal Transfer Ke Bank lain, namun Saldo Terdebet

Ada banyak hal yang berpotensi menjadi penyebab terjadinya gagal transfer ke bank lain saat melakukan transfer antar bank. Namun statusnya tidak selalu gagal, kadangkala status transfer berhasil tapi saldo tidak muncul di rekening penerima, dan setelah dicek saldo pengirim juga telah terdebet. Untuk penyebab dan cara penyelesaian kedua masalah diatas tidaklah jauh beda.

Perkara yang paling umum menjadi sebab gagal trasfer antar bank adalah situasi dan kondisi tertentu yang menyebabkan bank mengalami gagal system. Kejadian tersebut kerap terjadi saat nasabah sedang melakukan transaksi pada beberapa kondisi berikut ini:

  • Transfer saat bank sedang gangguan.
  • Transfer saat bank sedang dalam kondisi Offline.
  • Transfer pada jam sibuk. Biasanya terjadi antara pukul 9-10 pagi.
  • Transfer saat kondisi cuaca buruk.
  • Transfer dengan Internet banking pada jaringan yang lelet atau tidak stabil.

Cara mengatasi Gagal Transfer Ke Bank Lain Saldo Terdebet

Untuk menyelesaikan permasalahan gagal transfer antar bank biasanya membutuhkan waktu yang lebih lama dari kasus gagal transfer sesama bank. Pada 3 kasus yang pernah dijumpai oleh penulis, proses refund dana pada kasus gagal transfer dari bank mandiri ke BNI dan BNI ke mandiri baru sampai ke rekening 14 hari setelah laporan dibuat.

Namun tidak selalu berjalan sesuai rencana, pernah juga uang gagal transfer tergantung hingga 69 hari saat mengalami gagal transfer dari rekening BRI ke mandiri. Dari berbagai pengalaman kasus tersebut kami ingin memberikan arahan yang tepat jika Anda saat ini mengalami gagal transfer Antar bank. Berikut informasi lengkapnya:

1. Simpan bukti transaksi

Jika Anda mengalami hal yang tidak.wajar saat bertransaksi, simpan bukti transaksi Anda karena itu akan dibutuhkan saat membuat laporan di bank. Jika bukti terlanjur hilang, mintalah mutasi transaksi ke bank Anda.

2. Mintalah mutasi rekening bank lain yang gagal di transfer

Jika mungkin, mintalah mutasi rekening yang gagal di transfer uang kepada pemiliknya. Hal ini akan berguna untuk memudahkan bank melakukan proses investigasi terhadap kasus Anda.

Jika Anda mengirim dana kepada orang yang tidak dikenal, cobalah bicara baik-baik dengannya dan mintalah pengertian agar mau turut membantu agar kasus Anda segera selesai. Jika tidak mendapatkan mutasi rekening dari nomor tujuan transfer, mau tak mau Anda harus sabar menunggu hingga waktu yang tidak sebentar.

Pada kasus ini saya baru baru menerima refund ke rekening 69 hari sejak melaporkan kasus tersebut ke bank. Tentunya saya harus bolak balik untuk mengingatkan CS nya agar terus mengikuti perkembangan kasus yang saya alami.

2. Buat laporan gagal transfer ke bank

Segerakan untuk membuat laporan ke bank di cabang terdekat lokasi Anda. Saat membuat laporan Anda wajib membawa KTP dan buku tabungan, serta bukti transfer berupa struk atau SS m-bangking dan internet banking. Utarakan semua keluhan Anda terkait masalah tersebut kepada CS bank, dan berikan bukti yang dibutuhkan.

Selanjutnya pihak bank akan mbwri Anda nomor tanda pelaporan dan meminta Anda menunggu hasil investigasi. Proses ini normalnya 7-14 hari kerja, namun jika ada tingkat investigasi sulit bisa memakan waktu hingga berbulan-bulan lamanya.

3. Lakukan Cek mutasi secara berkala

Luangkan sedikit waktu untuk melakukan cek mutasi perubahan pada rekening Anda. Karena meski pihak bank telah meminta nomor Anda untuk konfirmasi jika dana sudah dikreditkan, namun kadang Anda tidak mendapat notifikasi dari bank saat dana masuk. Pada kasus yang pernah saya alami, bank baru mengkonfirmasi saya setelah lewat 3 hari sejak dana masuk. Oleh karena itu rajinlah untuk cek saldo Anda secara berkala.

4. Jangan bosan untuk menghubungi bank Anda

Jika Anda belum melihat dana masuk ke rekening setelah 14 hari, kunjungi kantor bank Anda dan mintala customer service untuk follow up kasus Anda kembali. Dalam hal ini, hindari sikap memojokan atau berkata kasar jika CS bank tampak kurang mengerti dengan masalah yang Anda alami. Karena urusan gagal transfer memang bukan permasalan yang mudah ditangani.

Penyelesaian masalah gagal transfer ke bank lain berbeda dengan gagal transfer sesama bank. Kasus ini membutuhkan investigasi gabungan dari pihak bank pengirim dan penerima. Jika uang Anda tidak tergantung di keduanya, barulah pihak bank pengirim akan menelusuri keberadaan dana Anda di BI.

Tips agar terhindar dari Transfer gagal

Agar Anda terhindar dari gagal transfer, sebaiknya hindari transaksi transfer uang pada beberapa kondisi dibawah Ini.

  • Saat Bank sedang mengalami gangguan / mintenance (peningkatan system).
  • Saat bank offline.
  • Saat cuaca sedang buruk.
  • Transfer pada jam sibuk di hari kerja. Biasanya antara jam 8-11 di hari senin.

Sekian penjelasan kami mengenai Gagal Transfer ke bank lain, saldo terdebet. Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kasus tersebut atau sekedar ingin berbagi pengalaman, jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar. Kami dengan senang hati akan menjawab semua pertanyaan Anda. Jika Anda menilai artikel ini bermanfaat, mohon kesediaannya untuk membagikannya. Terimakasih!!!

2 KOMENTAR

  1. Aku mengalami masalah ini transfer dari bri ke mandiri. Kejadiannya pas aku kirim uang ke saudaraku di sulawesi. Hari ini sudah masuk 2 minggu lebih tapi uangku gak muncul. Mohon info pak biasanya berapa lama dana tersebut akan kembali ke rekening asal? Dan apa bisa dipercepat?

    • Saya turut prihatin dengan kasus tersebut. Kasus gagal transfer ibu melibatkan 2 bank sehingga proses penyelesaiannya juga harus melibatkan hasil investigasi dari keduabelah pihak. Dalam hal ini ada 3 hal yang dapat membantu mempercepat proses tersebut.

      1. Jika mungkin mintalah mutasi rekening dari saudara ibu dan serahkan pada pihak bank untuk mempermudah proses investigasi lebih lanjut.

      2. Datangi bank secara berkala. Biasanya bank akan memberi kerangka waktu antara 48jam s/d 14 hari kerja. Jika masa terlewati silahkan kunjungi bank untuk follow up kembali kasus tersebut.

      3. Bangun hubungan yang baik dengan customer service. Kasus ini sama sekali bukan kesalahan CS bank sehingga tidak perlu menekan atau sampai berkata kasar kepada mereka. Yakinilah bahwa mereka pasti berusaha melakukan yang terbaik untuk membantu ibu mengatasi masalah tersebut.

      Semoga masalah ibu segera bisa teratasi.

Tinggalkan Balasan